5 Rekomendasi Film Romantis Indonesia Yang Patut Ditonton


  • 5 Rekomendasi Film Romantis Indonesia Yang Patut Ditonton
    Twivortiare, salah satu rekomendasi film romantis Indonesia yang patut ditonton. (Foto: Dok. Instagram/twivortiarefilm)

    Film romantis menjadi salah satu genre yang digemari oleh masyarakat. Sebuah penelitian dari Princeton University menemukan bahwa genre ini digemari karena kisah cinta dalam karakter film memiliki keselarasan dalam realitas yang terjadi sehingga memicu peningkatan hormon oksitosin dalam tubuh. Untuk mengisi waktu senggangmu, berikut 5 rekomendasi film romantis Indonesia yang patut ditonton versi Her World.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Yang Wajib Kamu Tonton Di Akhir Pekan)




    Twivortiare (2019)

    Film yang diadaptasi dari novel karya Ika Natassa ini menceritakan hubungan rumah tangga Alexandra (Raihaanun) dan Beno (Reza Rahadian) dengan konflik tak berujung. Keduanya memutuskan untuk bercerai, tetapi uniknya, mantan pasangan suami istri itu kembali bertemu di berbagai kesempatan. Beno pun meminta Alexandra untuk kembali menikahinya dan berjanji akan belajar untuk bersikap lebih dewasa dan saling mengerti satu sama lain.


    Uniknya dunia fiktif terkait kehidupan Alexandra dan Beno tak hanya diperlihatkan melalui novel dan film, tetapi juga akun Twitter milik Alexandra (@alexandrarheaw) di mana pembaca dapat melihat dinamika kehidupannya.




    Galih & Ratna (2017)

    Remake dari film Gita Cinta dari SMA yang ditayangkan pada 1979 ini dibintangi oleh Refal Hady dan Sheryl Sheinafia yang berperan sebagai Galih dan Ratna. Mengingatkan dengan kisah cinta semasa SMA, film ini mengisahkan tentang hubungan sepasang kekasih yang saling mendukung satu sama lain untuk mengejar impian mereka hingga akhirnya harus berpisah untuk mewujudkan mimpi tersebut.




    A Copy of My Mind (2015)

    A Copy of My Mind merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Joko Anwar. Menceritakan tentang Sari (Tara Basro), seorang pegawai salon dengan kondisi finansial yang pas-pasan, hanya bisa menemukan hiburan dengan menonton film melalui DVD bajakan. Ia bertemu dengan Alex (Chicco Jerikho) yang bekerja sebagai penerjemah dan pembuat subtitle film-film yang ditontonnya.


    Suatu hari, Sari harus melayani klien yang merupakan seorang tahanan di penjara. Secara diam-diam, ia mencuri salah satu koleksi DVD tahanan tersebut dan setelah disaksikan, DVD tersebut adalah rekaman percakapan si tahanan dengan para petinggi negara.


    Film ini diikutsertakan dalam Venice Film Festival 2015 dan Toronto Film Festival 2015 dan meraih tiga Piala Citra dalam kategori Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Penata Suara Terbaik.




    Rectoverso (2013)

    Jika biasanya diadaptasi dari buku, Rectoverso menjadi sebuah film yang diadaptasi dari album musik karya Dee Lestari yang dirilis pada 2008 dengan judul yang sama. Terdapat 5 sutradara yang menyutradarai 5 kisah dalam film ini, yakni Marcella Zalianty untuk cerita Malaikat Juga Tahu, Rachel Maryam dalam Firasat, Cathy Sharon sebagai sutradara dalam Cicak di Dinding, Olga Lydia dalam cerita Curhat Buat Sahabat, dan Happy Salma dalam Hanya Isyarat.


    Film antologi bernuansa cinta ini berhasil meraih penghargaan Best Editing di Festival Film Indonesia dan Special Jury Award pada ajang ASEAN International Film Festival and Awards.


    (Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Pendek Yang Bisa Ditonton Di Youtube)




    Heart (2006)

    Dibintangi oleh Irwansyah, Nirina Zubir, dan Acha Septriasa, Heart membawa penontonnya masuk ke dalam kisah cinta segitiga dari tiga orang remaja. Farel yang tidak tahu akan perasaan Rachel padanya, secara terus terang menunjukkan perasaannya kepada Luna. Hingga suatu hari Luna menderita sebuah penyakit, Rachel memutuskan untuk mendonorkan hatinya pada wanita tersebut dan Farel baru menyadari ketulusan Rachel padanya setelah sahabatnya itu meninggal.


    Diproduseri oleh Chand Parwez Servia, Heart memenangkan beberapa piala penghargaan pada MTV Indonesia Movie Awards 2006, seperti Most Favorite Movie, Best Song in the Movie, dan Most Favorite Actress.




    Itulah 5 rekomendasi film romantis Indonesia yang patut ditonton versi Her World. Selamat menonton!


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below