9 Rekomendasi Film Pendek Yang Bisa Ditonton Di Youtube


  • 9 Rekomendasi Film Pendek Yang Bisa Ditonton Di Youtube
    Tak kalah seru, ini dia 9 film pendek layak tonton yang bisa menghalau kebosanan. (Foto: Dok. Pexels.com)

    Jika kamu mulai bosan dengan film seri atau film berdurasi panjang yang ceritanya begitu-begitu saja, mungkin sudah waktunya menonton film jenis lain yang lebih pendek durasinya. Ya, film pendek atau short film, adalah sebuah tontonan yang kadang lebih menyenangkan untuk disaksikan karena ceritanya tak bertele-tele dan straight to the point. Apa sajakah yang bagus? Berikut Herworld rekomendasikan 9 di antaranya:


    1. The Neighbors Window




    Berkisah tentang sebuah keluarga yang bisa melihat kehidupan tetangganya lewat jendela apartemen mereka yang kebetulan berseberangan. Di sini, muncul perasaan iri karena tetangganya terlihat hidup lebih senang karena usianya juga tampak lebih muda. Tanpa anak dan sepertinya selalu diliputi kebahagiaan. Namun apa benar demikian? Tontonlah film berdurasi 20 menit 37 detik yang berhasil memenangkan piala Oscar ini.


    2. ReMoved


    Sukses mengantongi sederet penghargaan, film lama karya sutradara Nathanael Matanick ini banyak diapresiasi oleh penonton karena punya efek psikologis yang begitu besar. Siapa pun yang menonton film ini seakan diajak merasakan bagaimana rasanya menjadi anak yang tumbuh dari keluarga tidak harmonis di mana hari-harinya dipenuhi pertengkaran orangtua. Tak hanya itu, mereka yang pada akhirnya diambil oleh panti sosial untuk kemudian diberikan pada keluarga yang ingin mengadopsi pun kembali harus melewati proses adaptasi yang luar biasa. Baik dari pengadopsi dan juga anak yang diadopsi. Hidup terpisah dengan saudara kandung bahkan ibu yang melahirkannya tentu bukan hal yang mudah. Terlebih anak tersebut punya trauma psikis sendiri yang terlanjur tertanaman saat orangtuanya sering berkelahi.



    Sebuah film yang luar biasa menyentuh namun amat depresi di berbagai sisi. Meski demikian, banyak pelajaran yang bisa diambil dari sini. Dibuat sebanyak 3 seri, film pendek ini sangat layak untuk ditonton oleh siapa pun yang akan atau telah punya anak. Bahwa berkelahi dengan pasangan di depan anak akan membawa dampak mental yang berkepanjangan pada jiwa-jiwa kecil yang seringkali diremehkan.



    3. Hair Love


    Sebuah film animasi nan menggemaskan yang berkisah tentang rambut jenis 'Afro' seorang anak perempuan. Pada satu pagi ia ingin tampil cantik dan berusaha sekuat tenaga untuk menata rambutnya. Ternyata setelah melihat tutorial di internet yang tampak mudah, ia pun gagal! Ayahnya pun membantunya. Apakah akan berhasil dan untuk apakah gadis kecil ini bersolek? Tonton selengkapnya di sini. A super heartwarming movie.


    4. The Present


    Masih dari film animasi, film ini pun akan membuat hatimu terasa hangat. Pada awalnya mungkin kamu akan sebal. Tapi lama kelamaan, kamu akan mengerti betapa film ini menyenangkan untuk ditonton dan meninggalkan rasa tersendiri di dalam hati. Sebuah fim berdurasi sangat pendek yaitu hanya 4 menit 19 detik namun punya makna khusus yang membekas. Untuk penghargaan jangan ditanya. Berderet-deret!


    5. The Lift


    Apa jadinya jika sesuatu hanya kamu simpan di dalam hati tanpa diomongkan? Ada berapa banyak kesempatan yang mungkin mampir dalam hidupmu namun lewat begitu saja karena kamu tak make a move? Kamu pasti akan gemas sendiri menonton film ini karena memang ending nya membuat gregetan.


    6. Alternative Math


    Film ini terkesan amat serius padahal tidak sama sekali.  Tonton sampai habis maka kamu akan tersenyum di penghujung adegan.


    7. Snack Attack


    Kembali ke film animasi. Mungkin ini adalah salah satu film animasi favorit Herworld karena punya pesan moral tersendiri di penghujungnya. Sebagian dari kita bahkan mungkin akan sangat relate. Oleh karenanya, kamu harus tonton sampai selesai karena plot twist nya benar-benar bisa dirasakan oleh sebagian orang yang sering berlaku sama secara tak disengaja.


    8. Di Rumah Sendirian


    Dibuat oleh sutradara Hanung Bramantyo selama masa PSBB, film ini terbilang unik karena dibuat hanya dengan handphone, diedit sendiri, dan dimainkan oleh anak-anaknya sendiri. Menggemaskan dan dibumbui oleh narasi kepercayaan Jawa yang erat kaitannya dengan masyarakat setempat. Kebetulan, film ini juga dibuat di Jogja di mana budaya dan kepercayaan masyarakat masih sangat kuat. Sebuah film pendek yang patut diapresiasi karena dibuat dengan segala keterbatasan yang ada namun menghasilkan tontonan segar yang menyenangkan.


    9. Lemantun


    Terakhir, film besutan sutradara Wregas Bhanuteja ini sebenarnya adalah film lama yang  baru diunggah pada tahun 2020. Sebuah film yang dibuat untuk memenuhi tugas akhirnya, nyatanya film ini meraih banyak penghargaan karena berkisah tentang amanah atas warisan berupa lemari yang harus dijaga sebaik-baiknya sebagai sebuah titipan dari sang ibu. Apa yang terjadi kemudian saat lemari berhasil dibagikan? Film indah ini memang wajib ditonton bagi kamu yang jarang menonton film karya anak bangsa. Well, film pendek Indonesia banyak yang bagus, lho


    Sebenarnya masih sangat banyak film pendek yang layak kamu tonton selain 9 film di atas. Tunggu artikel kami selanjutnya, ya. Karena nanti akan kami bagikan kembali untukmu agar kamu tak kehabisan tontonan selama di rumah atau di mana saja.