4 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami


  •  4 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami
    Selain lipbalm, terdapat empat cara mengatasi bibir kering secara alami. (Foto: Dok. Pexels)

    Kulit bibir yang kering dan mengelupas sangat mengganggu kenyamanan dan cara yang tepat untuk mencegahnya adalah dengan menutrisi sekaligus melembapkannya. Selain menggunakan petroleum jelly, terdapat bahan-bahan lainnya yang dapat digunakan. Berikut 4 cara mengatasi bibir kering secara alami.


    (Baca Juga: Ini Dia 5 Kebiasaan yang Justru Buat Bibir Jadi Kering)




    Oleskan madu

    Madu mengandung humektan yang dapat menjaga kelembapan bibir dan meredakan luka yang disebabkan oleh bibir yang pecah-pecah. Selain itu, sifat antibakteri pada madu dapat mencegah terjadinya infeksi akibat luka di bibir.


    Oleskan madu pada bibir dan diamkan selama 20-30 menit sebelum dibersihkan. Hindari membersihkannya dengan menjilat bibir karena akan memperburuk kondisi kulit. Untuk mencegahnya, oleskan malam hari sebelum tidur.


    (Madu mengandung humektan yang dapat melembapkan bibir. Foto: Dok. Pexels)


    Eksfoliasi dengan gula pasir

    Butiran gula yang kasar memiliki efek yang bagus untuk mengelupas bibir yang pecah-pecah dengan menghilangkan lapisan kulit kering sehingga bibir menjadi lebih lembut dan kenyal. Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada bibir dan gosok perlahan dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat.


    (Eksfoliasi bibir dengan campuran gula pasir dan minyak zaitun untuk menghilangkan sel kulit mati. Foto: Dok. Unsplash)


    Usap bibir dengan mentimun

    Mentimun dapat menghidrasi, menenangkan, dan mencerahkan kulit bibir. Kamu cukup memotong timun menjadi beberapa bagian, usap secara perlahan pada bibir, dan diamkan selama 10 menit untuk menyerap air dari mentimun sebelum bilas bibir dengan air bersih.


    Selain itu, kamu juga bisa menghaluskan dua potong mentimun dan aplikasikan ke bibir sebagai masker.


    (Mentimun memiliki manfaat untuk menutrisi bibir. Foto: Dok. Unsplash)


    (Baca Juga: 8 Lip Oil Untuk Merawat Bibir Kering Di Balik Masker)


    Kompres bibir dengan kantong teh hijau

    Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, dan fotoprotektif. Hingga saat ini, belum terdapat bukti ilmiah yang menyatakan bahwa teh hijau dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah, tetapi dapat mengurangi sensasi terbakar pada bibir pecah-pecah akibat kekeringan.


    Untuk menggunakannya, kamu dapat mencelupkan kantong teh hijau di air panas beberapa saat sebelum dikompres ke bibir selama beberapa menit. Lakukan ini satu kali sehari.



    (Mengompres bibir dengan kantong teh hijau dapat mengurangi sensasi terbakar pada bibir pecah-pecah. Foto: Dok. Unsplash)


    Itulah 4 cara mengatasi bibir kering secara alami. Kamu dapat menyesuaikannya dengan bahan-bahan yang dimiliki di rumah.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below