Indonesia Fashion Week 2020: Fashion Sebagai Wujud Diplomasi


  • Indonesia Fashion Week 2020: Fashion Sebagai Wujud Diplomasi
    Beberapa koleksi Indonesia Fashion Week di tahun 2019 yang juga mengangkat budaya Kalimantan sebagai tema besar (Foto: dok. Instagram/indonesiafashionweekofficial)

    Mengangkat lagi tema Tales of the Equator – Treasure of the Magnificent Borneo, pagelaran busana Indonesia Fashion Week 2020 sukses digelar secara daring pada Sabtu (14/11/2020) dan Minggu (15/11/2020). Selain bertujuan untuk mengenalkan budaya khas Kalimantan, pagelaran busana ini juga merupakan bentuk dari diplomasi antara Indonesia dengan beberapa negara lain.





    (baca juga: Indonesia Fashion Week 2020 Promosikan Sustainable Fashion)


    Selama dua hari berturut-turut IFW 2020 menghadirkan serangkaian wawancara bersama para diplomat dari berbagai negara yang bertujuan untuk menghadirkan pandangan mereka mengenai budaya Indonesia. Bertajuk Fashion Diplomacy, sesi wawancara tersebut menampilkan duta besar Lyudmila Vorobieva dari Rusia, Abdallah abu Romman dari Yordania, Juan Camilo Valencia dari Kolombia, istri dari dubes Peru - Susan Santo de Cardenas, mantan dubes Indonesia di Ekuador - Diennaryati Tjokrosuprihatono dan Direktur dari Italian Cultural Institute - Maria Battaglia.  


    Ketua dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode (APPMI) Poppy Dharsono menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan sesuatu yang signifikan dalam diplomasi. Sang ketua sekaligus perancang aktif tersebut mengambil contoh pengalaman Diennaryati yang berhasil mempromosikan batik dan kain ikat di Ekuador dengan cara mengenakannya sehari-hari saat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di sana.  




    "Saya dengar jumlah turis dari Ekuador ke Indonesia meningkat karena hal itu, itu artisnya dia [Diennaryati] berhasil membuat budaya mode sebagai bentuk dari diplomasi untuk meningkatkan bisnis dan perdagangan di Indonesia," ujarnya.


    Sebagai wujud kecintaannya kepada budaya Indonesia, Poppy juga menghandirkan mini fashion showcase bertajuk Poppy Dharsono & Friends yang menampilkan beberapa tokoh diplomat mengenakan busana hasil rancangannya. Acara ini juga mendapatkan dukungan oleh Kedutaan Besar Peru, Kolombia, Rusia, Kazakhstan, dan Yordania.


    (baca juga: Bersama Marcus Rashford, Burberry Dukung Generasi Muda)


    Bagi yang melewatkan rangkaian acara di Indonesia Fashion Week 2020, bisa mengunjungi Youtube channel Indonesia Fashion Week Official untuk menontonnya. 




    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below