Life & health

Ketahui 5 Manfaat Skipping Untuk Tubuhmu

By : Her World Indonesia - 2020-11-16 15:00:02 Ketahui 5 Manfaat Skipping Untuk Tubuhmu

Skipping atau lompat tali jadi salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan. Hanya dengan tali yang panjang, olahraga ini dapat dilakukan dimana saja, baik indoor maupun outdoor.

Selain mudah, skipping juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu apa lagi? Berikut HerWorld telah merangkum lima manfaat skipping untuk tubuhmu yang sebaiknya diketahui supaya semakin yakin untuk mencoba.


(Baca Juga: 5 Olahraga yang Mudah Dilakukan saat Liburan)


Mengencangkan otot tubuh dan kekuatan tulang

Ternyata, olahraga ini mampu meningkatkan semua tendon dan ligamen pada otot sebagai efek dari lompatan, seperti pada otot kaki dan bagian bawah tubuh. Namun, skipping juga mampu mengencangkan otot lengan dan bahu karena tangan yang berfungsi sebagai poros dengan gerakan memutar untuk menggerakan tali skipping. Selain itu, tulangmu akan semakin padat sehingga dapat mengurangi risiko osteoporosis.


Membakar hingga 1.600 kalori

Skipping merupakan salah satu olahraga yang dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh ketegangan yang bermanfaat pada setiap otot tubuh saat berada di udara ketika melakukan lompatan.

Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata setiap orang ialah sekitar 2.000 kalori dan untuk menurunkan berat badan, kamu dapat melakukan olahraga ini dalam satu jam untuk membakar 1.600 kalori yang diseimbangkan dengan melakukan diet sehat.


Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan jantung karena membantu sirkulasi peredaran darah dalam menyaluran oksigen dan nutrisi yang dialirkan. Denyut jantung akan meingkat dan ototnya terlatih untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah.


Skipping dapat membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh (Foto: Dok. Pexels)


(Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit)

Meningkatkan stamina dan fokus

Saat menggunakan skipping, harus terdapat kesamaan antara waktu melompat dan menyentuh tanah. Hal ini membutuhkan tingkat fokus dalam diri secara berlebih. Oleh karena itu, otakmu akan terlatih untuk bekerja lebih cepat yang juga dibantu dari usaha mengkoordinasikan keseimbangan tubuh dengan baik.


Memperbaiki kesehatan mental

Tak hanya bermanfaat untuk fisik, skipping juga dapat memperbaiki kesehatan mental dengan melepaskan hormon endorfin, yakni hormon yang dapat membantu meredakan suasana hati yang buruk dan memicu perasaan positif. Oleh karena itu, perasaanmu akan terasa lebih lega setelah melakukan aktivitas ini.


Itulah lima manfaat skipping untuk tubuhmu. Jadi, tunggu apa lagi untuk mencobanya?


(Penulis: Aurelia Gracia)

Life & health