Ciri-Ciri Fake Friends atau Teman Palsu Yang Harus Dihindari


  • Ciri-Ciri Fake Friends atau Teman Palsu Yang Harus Dihindari
    Setiap orang pasti memiliki fake friends atau teman palsu. Simak ciri-ciri teman palsu di bawah ini agar kamu dapat menghindarinya (Foto: dok. Pixabay)

    Memiliki banyak teman tentu buat perasaan jadi menyenangkan. Adalah teman untuk bercerita, bersenda gurau hingga teman shopping dan berjelajah. Tak akan merasa kesepian bukan?

    Namun sayangnya, belum tentu semua orang yang berteman denganmu memiliki perasaan yang tulus. Beberapanya bahkan menyimpan rasa tak suka, kesal dan berpura-pura menyukaimu di depan atau dikenal juga dengan sebutan fake friends. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? inilah ciri-ciri fake friends atau teman palsu yang harus dihindari.


    (baca juga: 7 Ciri Pasangan Yang Menjalani LDR Dengan Serius)


    1. Menghubungi jika ada perlu 

    Salah satu tujuan fake friends mendekati kamu yaitu untuk memanfaatkan. Dia hanya mengajakmu bertemu ketika ada perlu saja, jika kamu mengajak dia untuk bertemu tanpa ada alasan, pasti dia akan selalu menolak. Coba kamu perhatikan lagi hubunganmu dengan orang-orang yang ada di lingkungan pertemananmu. Apakah dia hanya menghubungimu ketika ada keperluan? Seberapa sering dia menanyakan kabar dan pendapatmu tanpa ada keperluan yang disampaikan setelahnya?


    2. Banyak menuntut 

    Jika kamu merasa dituntut oleh temanmu untuk mengubah sesuatu dalam dirimu, hati-hati, itu artinya dia memberikanmu batasan dan aturan untuk berteman dengannya. Teman seperti ini tidak akan sungkan untuk mendiamkanmu atau menyingkirkankmu ketika kamu tidak mematuhi aturan dan batasannya.



    3. Hanya bercerita tentang dirinya

    Salah satu ciri-ciri fake friends yang paling terlihat adalah keegoisannya. Dia tidak ingin tahu tentang kehidupanmu, yang ia pikirkan hanyalah dirinya. Dia akan membuatmu mendengarkan curhatan-curhatannya hingga berjam-jam, ketika kamu meminta giliranmu untuk bercerita, dia akan mengembalikan pembicaraan kembali ke dia. 




    4. Dia bersikap berbeda di depan orang lain 

    Fake friends akan bersikap berbeda terhadap dirimu di depan orang lain. Ia hanya baik ketika kamu sedang berdua saja, ketika kamu dan dia sedang berkumpul bersama dengan yang lain, ia akan mendiamkanmu seolah malu berteman dekat denganmu. 


    5. Tidak mendukungmu dalam meraih impian 

    Bagi fake friends, kamu hanyalah saingan, sesorang yang harus dikalahkan. Dia tidak akan memberikanmu semangat ketika kamu bercerita tentang aspirasi atau cita-citamu. Perhatikan tanggapan teman-temanmu ketika kamu menceritakan tentang impian dan cita-citamu, apakah mereka memberikan semangat atau justru meruntuhkan semangat? 


    6. Tidak senang kamu bahagia 


    Teman palsu dapat terlihat dari ekspresinya ketika kamu memberitakan kabar bahagia tentang dirimu. Coba kamu perhatikan raut wajah teman-temanmu ketika kamu bercerita tentang pacar barumu atau ketika kamu mendapatkan kenaikan jabatan di kantor. Jika ada yang terlihat tidak senang, itu artinya dia adalah fake friends. Selain itu, orang tersebut juga akan berusaha untuk menjatuhkan kebahagiaanmu dengan cara apapun, seperti membuatmu khawatir dan sedih. 


    (baca juga: Cara Menghadapi Pacar Cuek)


    Itu dia ciri-ciri fake friends atau teman palsu yang harus dihindari. Hati-hati dalam berteman, ya!


    (Penulis: Regina Yohana)