Hari Ayah Nasional 2020: 6 Film Indonesia Bertema Ayah


  • Hari Ayah Nasional 2020: 6 Film Indonesia Bertema Ayah
    Film bertema Ayah untuk merayakan Hari Ayah Nasional 2020 (Foto:Dok.IMDb)


    12 November turut diperingati sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia. Perayaan itu pun dirayakan untuk mengingat peran ayah dalam melindungi keluarga. 

    Dirayakan sejak tahun 2006 peringatan Hari Ayah pertama kali dicetuskan oleh Prakarsa Paguyuban Satu Hati, Lintas Agama dan Budaya yang bertajuk Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Lewat proses deklarasi, Hari Ayah kemudian ditetapkan setiap tanggal 12 di bulan November.



    Saat pertama kali dirayakan, hari itu hanya dihadiri beberapa kelompok dan juga komunitas. Namun, seiring berkembangnya zaman, peringatan ini kemudian bisa dirayakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton tayangan bertema ayah. Sudah tahu apa saja? Berikut Her World rekomendasikan 6 film Indonesia bertema ayah untuk merayakan Hari Ayah Nasional 2020.


    (Baca Juga: Michael Kors Persiapkan Kado Spesial untuk Hari Ayah)


    1. Lovely Man


    Film Lovely Man adalah salah satu diantaranya banyaknya film bertema tentang perjuangan ayah yang wajib ditonton untuk merayakan Hari Ayah Nasional 2020.

    Disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja, film ini menggandeng Donny Damara sebagai ayah (Saiful) dan Raihaanun (Cahaya) sebagai anak yang terpisah bertahun-tahun lamanya. Untuk melepas kerinduannya, Cahaya pun memutuskan untuk mencari ayahnya di kota.

    Setelah menemukannya, ia justru terkejut melihat sang ayah yang bekerja sebagai seorang waria demi menghidupi dirinya dan sang ibu di kampung. Melihat hal itu, ia pun berniat untuk menghabiskan waktu bersama sang ayah semalaman. 

    Tayang pada 10 September 2020, Lovely Man dapat disaksikan di Netflix.


    2. Sabtu Bersama Bapak


    Diperankan oleh Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Arifin Putra, Deva Mahenra, Ira Wibowo dan Sheila Dara Aisha, film Sabtu Bersama Bapak merupakan film bertema ayah yang mengharukan. 

    Dirilis pada 5 Juli 2016, film ini penuhi pesan dari seorang ayah bernama Gunawan kepada anak-anaknya sebelum dirinya menutup usia. Lewat sebuah video dirinya pun menunjukkan bahwa dirinya ada meski telah tiada. 


    (Baca Juga: 5 Film Bertema Keluarga Untuk Hiburan Lebaran Di Rumah)


    3. Ayah Mengapa Aku Berbeda?


    Berbeda dari sebelumnya, film Ayah Mengapa Aku Berbeda menunjukkan perjuangan seorang ayah dalam memberikan semangat kepada seorang anak yang terlahir berbeda. Dibintangi oleh Dinda Hauw sebagai Angel, Surya Saputra sebagai ayahnya, Indra Perdana Sinaga sebagai Ferly dan lainnya film ini jadi salah satu yang wajib ditonton di Hari Ayah Nasional 2020.

    Angel yang terlahir dengan keterbatasan membuatnya sulit untuk mendapatkan sekolah yang nyaman untuknya belajar. Berkat kegigihan sang ayah, akhirnya Angel bisa bersekolah bahkan menjadi salah satu murid yang berprestasi. 

    Sebagai seorang ayah, tugasnya pun tak usai sampai di situ. Ia pun tetap berusaha menjaga anaknya dari banyaknya orang yang berniat menyakitinya.


    4. 27 Steps of May


    Mengalami kekerasan seksual, membuat May yang diperankan oleh Raihaanun memiliki trauma yang mendalam. Tak mau bicara, tak keluar rumah dan lainnya buat Lukman Sardi, sang ayah harus bersabar menghadapinya.

    Kesabarannya dalam menghadapi sikap sang anak patut diacungi jempol bahkan cukup menggambarkan peran ayah sesungguhnya. Bahkan, dirinya pun rela mengorbankan segalanya asalkan sang anak merasa nyaman di dekatnya.


    5. Tampan Tailor


    Diperankan oleh Vino G. Bastian sebagai ayah bernama Topan dan Jefan Nathanio sebagai Bintang, sang anak, Tampan Tailor menjadi film yang menunjukkan perjuangan seorang ayah untuk menghidupi anaknya sendirian. Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, film ini tak hanya sarat akan pesan, tapi juga mengharukan.

    Sebagai single parents, Topan pun berusaha untuk banting tulang asalkan sang anak dapat melanjuti sekolah dan hidup sejahtera. Perjuangannya dalam mencari nafkah kerap buat film ini wajib ditonton saat Hari Ayah Nasional 2020.


    6. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir


    Lika-liku kehidupan seorang ayah kerap digambarkan dalam film Ayah Menyayangi Tanpa Akhir yang disutradarai oleh Hanny Saputra. Dengan menggandeng, Fedi Nuril (ayah), Naufal Azhar (Mada), Kelly Tandiono (Keisa) dan lainnya, film ini penuh haru yang buat derai air mata.

    Berbagai permasalahan pun silih berganti, mulai dari tak direstui, ditinggal istri hingga merawat sang anak, Mada yang tengah mengidap penyakit mematikan. Dalam film inilah peran ayah ditunjukkan dengan mendalam dalam merawat keluarganya.

    Itulah sejumlah film bertema ayah yang wajib untuk disaksikan di Hari Ayah Nasional 2020.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below