Hair & beauty

6 Tips Mengatasi Rambut Bercabang

By : Her World Indonesia - 2020-11-10 18:00:02 6 Tips Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah hal yang sangat menjengkelkan. Selain membuat rambut terlihat kusam, rambut bercabang membuat penampilan rambut secara keseluruhan terlihat seperti sapu ijuk yang kasar, mengembang dan kering. Berikut 6 tips mengatasi rambut bercabang. 


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Hair Oil untuk Rambut Kering dan Mengembang)


1. Memotong ujung rambut secara rutin


Potong ujung rambutmu 1-2 bulan sekali secara rutin untuk mencegah percabangan yang merambat. Rambutmu akan semakin susah diselamatkan jika percabangannya merambat hingga mendekati kulit kepala. Dengan melakukan hal ini, kamu juga bisa menjaga gaya rambutmu untuk terus terlihat segar. 


2. Hindari sampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum 

Banyak sampo yang menawarkan ekstra kelembapan dengan menggunakan minyak mineral dan petrolatum. Sebenarnya, kedua zat ini dapat mencegah kelembapan menyerap ke lapisan rambut yang akhirnya membuat rambut kamu malah menjadi kering dan mengembang. 


3. Gunakan kondisioner atau minyak alami sebelum tidur 



Selain menggunakan conditioner setelah keramas, ada baiknya kamu rutin menggunakan conditioner anti bilas atau minyak rambut seperti minyak zaitun dan shea butter sebelum tidur. Sebanyak seminggu sekali, kamu harus oleskan conditioner atau minyak zaitun ke rambut, dan gunakan tutup rambut agar tidak mengotori bantalmu. Hal ini dapat memperbaiki rambut kering sehingga mencegah terjadinya percabangan. 


4. Hindari penggunaan alat panas untuk rambut 



Udara panas yang dihasilkan blow dryer, catokan, dan alat pengeriting rambut dapat membuat rambutmu kering dan pecah-pecah. Kamu bisa menghindari pemakaian blow dryer ini dengan mencuci rambut beberapa jam atau sehari sebelum kamu pergi. Pakai alat-alat ini jika memang dalam keadaan darurat saja, ya!


5. Gunakan serum atau spray pelindung panas

Jika kamu memang harus sekali menggunakan ketiga alat yang disebutkan di atas, pastikan kamu menggunakan serum atau spray pelindung rambut sebelumnya, ya!


6. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut 



Sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh, semua dapat dicegah dan diperbaiki dari dalam. Kamu dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan rambutmu dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin A, Omega-3, dan Zinc. Semua hal itu bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi bayam, wortel, ikan salmon, kerang, kacang mete, dan biji-bijian utuh.


(Baca Juga: Atasi Rambut Rontok Dengan Ginseng Dan Kolagen)


Itulah 6 tips mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya!


(Penulis: Regina Yohana)

Hair & beauty