Cara Mengatasi Jerawat Di Dagu


  • Cara Mengatasi Jerawat Di Dagu
    Jerawat di dagu sering disebabkan oleh hormon androgen yang memicu produksi minyak berlebih. (Foto: Dok. Pixabay)

    Seperti jerawat pada umumnya, jerawat di area dagu adalah hal yang sangat menjengkelkan. Jerawat ini tidak hanya sering terjadi pada orang yang memiliki kecenderungan kulit berjerawat, melainkan dapat terjadi pada semua orang. Kenali penyebab utama jerawat di dagu agar dapat mengatasinya. 


    (Baca Juga: Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?)




    Berdasarkan penelitian, jerawat yang sering muncul pada area dagu memiliki penyebabnya tersendiri, yaitu berlebihnya hormon androgen terutama pada perempuan. Ketika perempuan akan mendekati masa siklus menstruasinya, saat itu juga hormon-hormon dalam tubuh mereka akan terjadi fluktuasi. 


    Berlebihnya hormon androgen dapat memicu produksi minyak pada wajah. Ketika kulit di area dagu memiliki sel kulit mati yang seharusnya naik ke permukaan kulit dan lepas, minyak akan menahan pelepasan tersebut. Gabungan minyak dan sel kulit mati pada permukaan wajah akan menyumbat pori-pori, dan inilah alasan terbentuknya jerawat. Jika kamu sedang menghadapi hal ini, jangan khawatir! Ini dia cara mengatasi jerawat di area dagu.


    1. Mencuci wajah dengan gentle cleanser

    Cuci wajahmu secara rutin (dua kali sehari) dengan gentle cleanser ketika sedang memiliki jerawat di area dagu. Kamu bisa memfokuskan pada area berjerawat ketika kamu membersihkan wajah. 


    2. Kompres dengan es

    Untuk mengurangi kemerahan dan rasa nyeri, kompres area berjerawat dengan es yang diselimuti dengan kain bersih. Jangan terlalu di tekan, cukup tempelkan saja kumpulan es tersebut pada area jerawat kurang lebih 5 menit. 


    3. Gunakan salep pembasmi jerawat

    Ketika kamu hanya memiliki satu atau dua jerawat yang tidak mengumpul, kamu bisa menggunakan salep yang mengandung 10% benzoyl peroxide pada jerawat tersebut. Namun, kamu harus hati-hati, walaupun salep ini bisa kamu beli tanpa resep dokter di farmasi, benzoyl peroxide adalah zat yang sangat kuat dan dapat membuat kulit kering. Pastikan kamu membaca instruksi pemakaian pada label sebelum mencobanya, ya!


    4. Jangan dipegang dan dikempeskan secara paksa

    Ini adalah hal terpenting dalam menghadapi berbagai jenis jerawat. Jika kamu sering menyentuh dan memecahkan jerawat secara paksa, kamu hanya menambahkan banyak bakteri pada area tersebut yang dapat membuat infeksi lebih parah. Akhirnya, kamu harus menghadapi bekas jerawat yang efeknya lebih parah karena infeksi tersebut. 


    5. Eksfoliasi 

    Eksfoliasi kulit 2 minggu sekali bisa membantu kamu mencegah jerawat di dagu. Ketika produksi minyak pada wajah kamu berlebih, hal tersebut tidak akan menyebabkan apapun jika tidak ada sel kulit mati di wajahmu. 


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!


    Itu dia penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya, selamat mencoba! 


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below