Tanda Kulit Wajah Tidak Sehat


  • Tanda Kulit Wajah Tidak Sehat
    Ketahui tanda-tanda kulit wajah tidak sehat untuk mengetahui kondisi kulitmu. (Foto: Dok. Unsplash)

    Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan tampak bercahaya? Tentunya banyak produk kecantikan yang ditawarkan untuk membantumu memiliki kondisi kulit tersebut. Namun, sebelum melakukan perawatan kulit lebih lanjut, ketahui tanda-tanda kulit wajah tidak sehat berikut ini agar kamu mengetahui kondisi kulitmu saat ini.


    (Baca Juga: 5 Vitamin Untuk Kulit Sehat Dan Bersinar)




    Warna kulit

    Kulit wajah yang sehat memiliki warna merata di seluruh permukaannya, sedangkan yang tidak sehat sangat mudah dikenali dengan adanya warna yang berbeda pada area wajah. Perbedaan tersebut bisa muncul dalam bercak kemerahan atau warna kulit yang lebih gelap, misalnya lingkaran hitam di sekitar mata.


    Lingkaran hitam disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk dan itu terjadi karena kulit di bawah mata yang sangat tipis sehingga sirkulasi darah di bawah mata lebih mudah terlihat. Untuk mengatasinya, kamu perlu meningkatkan kualitas tidurmu, menggunakan krim mata yang mengandung vitamin E, memastikan agar tubuhmu tetap terhidrasi, dan mengurangi asupan garam.


    Menggunakan under eye mask dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di area mata (Foto: Dok. Pexels)


    Kulit kering

    Kamu akan dengan mudah mengenali kulit yang kering pada area wajah, seperti di sekitar bibir atau mata. Menggunakan pelembab dapat menjadi solusinya, tetapi kamu juga perlu menutrisinya dari dalam dengan minum air putih dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.


    Perhatikan penggunaan krim wajah yang kemungkinan bisa menyumbat pori-porimu jika tidak terserap ke dalam kulit. Meskipun terlihat seperti hal mudah untuk diatasi, kulit yang kering dapat menjadi tanda masalah kulit mendasar. Jika berujung pada eksim atau dermatitis, segera lakukan konsultasi ke dokter kulit.


    Bibir pecah-pecah

    Jika jenis kulitmu kering, mungkin kamu sudah terbiasa dengan kondisi ini, tetapi jika hal ini baru saja terjadi tandanya kamu memerlukan asupan vitamin B. Vitamin B dapat ditemukan secara alami dalam produk susu, telur, daging tanpa lemak, sayuran hijau, serta buncis dan kacang-kacangan.


    Tekstur kulit

    Salah satu cara mengenali kulit yang tidak sehat adalah dengan mengetahui teksturnya. Jika kulitmu sehat, kamu dapat merasakan tekstur yang halus, sedangkan tidak merata atau seperti bergelombang untuk kulit yang tidak sehat. Permukaan yang bergelombang tersebut merupakan indikasi perkembangan jerawat maupun komedo sehingga perlu dibersihkan secara rutin agar pori-pori tidak tersumbat.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Pepaya Untuk Kulit Sehat Dan Cantik Alami)


    Sensasi pada kulit

    Hal ini dapat diketahui jika kamu merasakan sensasi gatal, perih, terasa seperti tertarik, atau terbakar. Sensasi tersebut bisa disebabkan oleh penggunaan produk baru yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit. 



    Itulah tanda-tanda kulit wajah tidak sehat yang perlu kamu ketahui. Selain menggunakan produk yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan olahraga untuk meningkatkan kualitas kulit wajah yang baik.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below