Rangkaian Skincare Wajib Untuk Pemula


  • Rangkaian Skincare Wajib Untuk Pemula
    Penggunaan skincare dapat membuat wajah tampak lebih cerah (Foto: Dok. Unsplash)

    Merawat kulit wajah merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar membuat wajah tampak lebih sehat dan berseri. Jika kamu belum mengenali jenis-jenis skincare dan manfaatnya, berikut HerWorld berikan rangkaian skincare wajib untuk pemula yang dapat dicoba.


    (Baca Juga: 4 Aplikasi Panduan Perawatan Kulit Yang Cocok Untuk Pemula)




    Facial wash


    Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam rangkaian skincare adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Namun, yang perlu diingat adalah kamu hanya boleh melakukannya sebanyak dua kali sehari, di pagi dan malam hari setelah beraktivitas karena jika terlalu sering justru akan mengurangi kadar minyak alami pada wajah sehingga kulit wajahmu kering dan dapat memicu dehidrasi kulit.


    Kamu juga perlu memperhatikan jenis facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu .


    Toner


    Fungsi dari toner ialah mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka dan mengangkat sisa kotoran yang masih menempel. Penggunaannya dapat dioleskan secara merata di seluruh permukaan kulit.


    Toner yang mengandung asam amino, mineral oil, dan hyaluronic acid juga dapat melembapkan kulitmu. Jika ingin mengatasi jerawat, kamu dapat menggunakan jenis toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.


    Moisturizer


    Selain menggunakan toner, kelembapan kulit juga perlu dijaga melalui penggunaan moisturizer yang ternyata memiliki manfaat lain, seperti membantu regenerasi kulit agar terlihat awet muda.


    Moisturizer yang mengandung antioksidan serta vitamin C dan E akan menutrisi kulit dan melindungi dari kerusakan. Kemudian, manfaat lainnya yang akan kamu peroleh adalah kulit wajahmu akan terlindungi dari paparan polusi, bahan kimia, dan faktor lingkungan lainnya.


    (Baca Juga: 13 Rekomendasi Produk Pelembap 'Moisturizer' Untuk Wajah)


    Sunscreen


    Rangkaian skincare wajib lainnya yang perlu kamu gunakan adalah sunscreen untuk melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebaiknya, kamu tetap menggunakannya meskipun sedang tidak berada di luar ruangan untuk menghindari kerusakan kulit akibat sinar UV, apalagi selama bekerja di rumah, kulitmu selalu terpapar blue light.


    Terdapat beberapa jenis sunscreen yang dapat digunakan. Sunscreen dengan SPF 18-30 dapat menangkal 97% sinar UVB sehingga cocok digunakan untuk beraktivitas di rumah dan SPF 50 yang dapat menangkal 98% sinar UV baik digunakan untuk di luar ruangan. Kemudian, untuk melindungi kulit wajah dari blue light, kenakan sunscreen yang bertuliskan broad spectrum.



    Itulah rangkaian skincare wajib untuk pemula untuk kamu yang sedang belajar menjaga kesehatan kulit wajah. Selain beberapa skincare di atas, kamu juga dapat menggunakan face mask sebelum penggunaan toner untuk membantu melembapkan, menutrisi, dan mengencangkan kulit. Selamat mencoba!


    (Penulis: Aurelia Gracia)