Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga


  • Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
    Kenali cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bagi kamu yang sibuk (Photo: dok. Pixabay)

    Kenaikan berat badan yang disebabkan oleh pandemi adalah hal yang sedang dihadapi oleh banyak orang. Dengan mulainya normalisasi kegiatan sehari-hari, pasti banyak dari kamu yang tidak sempat untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga. Tahukah kamu, bahwa kunci dalam menurunkan berat badan adalah 80 persen makan sehat dan 20 persen olahraga? 

    Jadi, bagi kamu yang tidak sempat berolahraga setiap hari, jangan khawatir! Ikuti beberapa tip di bawah ini untuk menurunkan berat badan hanya dengan mengubah pola makan. 

    (baca juga: Mengenal Diet Intermittent Untuk Menurunkan Berat Badan)



    1. Kurangi karbohidrat dan tinggikan konsumsi protein

    Ketika diet, ada baiknya jika kamu mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, mie, dan pasta. Sebagai orang Indonesia yang terbiasa makan nasi, pastinya kamu akan susah sekali meninggalkan hal ini. Pasti kata-kata yang dikeluarkan selalu "kalau tidak makan nasi, tidak kenyang." 

    Nah, agar kamu tidak merasa lapar saat tidak mengkonsumi karbohidrat, kamu harus memakan makanan sehat yang mengandung protein tinggi seperti telur rebus, dada ayam panggang, daging sapi tanpa lemak, tempe, tahu, dan ikan. Jika memang tidak kuat, kamu bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang kaya akan serat seperti nasi merah, ubi jalar dan kentang rebus untuk mengganti nasi putih kesayanganmu.

    2. Perbanyak makan sayur

    Mungkin informasi tentang mengkonsumsi banyak sayur saat diet adalah hal yang basi, tapi hal ini patut untuk terus diingatkan bagi kamu pejuang diet. Sayur memang jenis makanan yang tidak semua orang suka, tetapi khasiatnya sangat penting untuk kesehatan tubuhmu dan untuk menurunkan berat badan. Perlu kamu tahu, bahwa kunci dari perut yang rata bukanlah dengan sit up, melainkan dengan mengkonsumsi banyak sayuran berserat. 

    3. Tidur yang cukup 

    Kalau banyak yang bilang bahwa tidur dapat menimbun lemak, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu justru sangat butuh tidur yang cukup untuk menjaga keseimbangan hormon dan metabolisme. Tidur juga dapat mengurangi rasa stress yang dapat memicu kecenderunganmu untuk melakukan stress eating. Pastikan kamu tidur delapan jam setiap hari, ya!

    4. Minum air putih yang banyak 

    Minum air putih minimal dua liter per hari adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Selain menjaga agar tubuh tidak dehidrasi, hal tersebut juga menjaga keseimbangan sistem pencernaan, penyerapan, dan sirkulasi dalam tubuhmu. 

    5. Jangan makan terburu-buru 

    Kunci agar kamu merasa kenyang setelah makan adalah dengan tidak makan secara terburu-buru. Ketika kamu makan cepat, kamu tidak memberikan waktu untuk lambung memberikan sinyal ke otak bahwa ia sudah penuh. Akhirnya, kamu merasa masih lapar setelah makan dan memutuskan untuk nambah. 

    6. Makan makanan yang mengandung probiotik

    Makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi, miso, tempe dan kombucha adalah sahabatmu saat diet. Selain lezat, makanan dan minuman ini bisa menjaga keseimbangan bakteri dalam ususmu yang memperlancar buang air besar, dan membuat penyerapan zat bergizi makanan menjadi lebih maksimal.

    7. Kurangi minuman yang mengandung gula putih 

    Saat diet, ada baiknya jika kamu hanya minum minuman sehat seperti air putih, teh, kopi, dan jus buah yang tidak mengandung gula putih. Gula putih merupakan bentuk dari karbohidrat tidak kompleks yang sangat tidak baik untuk tubuhmu. Selain dapat menambah berat badan, hal tersebut dapat menyebabkan jerawat dan ketidakseimbangan hormon insulin.

    (baca juga: Berikut Manfaat Gaya Hidup Vegetarian Yang Patut Diketahui)

    Jika kamu pecinta manis dan tidak bisa meninggalkan makanan atau minuman manis, kamu dapat mensubstitusi gula putih dengan madu, gula jawa, gula kelapa, agave, dan sirup maple yang natural. Kurangi minum minuman manis seperti soda, kopi susu, atau bubble tea, ya!

    Itu dia cara menurunkan berat badan tanpa olah raga, semoga berhasil, ya!

    (penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below