Berikut Manfaat Gaya Hidup Vegetarian Yang Patut Diketahui


  • Berikut Manfaat Gaya Hidup Vegetarian Yang Patut Diketahui
    Ada banyak manfaat menjadi vegetarian (Foto:Dok.Kaboompics/Pexels)


    Vegetarian kini jadi cara diet yang digemari saat ini. Tak hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga cara ini bisa jadi pilihan untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

    Dengan memilihnya, kamu berarti harus siap untuk berhenti mengonsumsi makanan dari olahan daging dan berfokus menyantap menu yang terbuat dari bahan nabati. Oleh sebabnya, vegetarian tak hanya sekadar diet, tapi juga pola hidup yang banyak manfaat. Dirangkum dari berbagai sumber berikut manfaat gaya hidup vegetarian yang patut diketahui.




    (Baca Juga: Rekomendasi Restoran Vegetarian Di Jakarta Yang Wajib Dicoba)


    1. Mengontrol berat badan

    Saat tubuh mengonsumsi sedikit asupan kalori, berat badan jadi salah satu yang akan terlihat perbedaannya. Melansir laman Everyday Health, sebuah penelitian telah menemukan bahwa vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah secara rata-rata dibandingkan dengan nonvegetarian.

    Kata Julieanna Hever, RD, ahli diet yang berbasis di Los Angeles dan penulis Plant-Based Nutrition (Idiot's Guides) mengatakan bahwa, “Dengan semua junk food yang bebas hewani baru yang ada di pasaran, makan makanan [vegetarian] yang sangat enak jadi semakin mudah hingga berat badannya naik,” katanya.


    2. Menjaga jantung

    Tanpa daging, diet akan lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol, yang pada akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung. Vegetarian cenderung memiliki kadar kolesterol "jahat" LDL yang lebih rendah.


    (Baca Juga: Resep Soto Ayam untuk Vegetarian)


    3. Menurunkan tekanan darah

    Vegetarian menuntut kamu untuk mengonsumsi banyak sayuran seperti bayam, jagung, kankung dan lainnya. Dan secara tidak langsung, kamu pun dipaksa untuk tidak mengonsumsi hingga kamu selesai untuk jadi vegetarian. 

    Cara ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi. Mengonsumsi tumbuh-tumbuhan selama diet ini, bisa jadi cara untuk menetralisirnya.


    4. Menstabilkan gula darah

    Meski kecil kemungkinanya menyembuhkan diabetes tipe 2, tapi dengan menjadi vegetarian, gula darah di dalam tubuh akan stabil secara bertahap. Bahkan, membuat tubuh lebih responsif pada insulin. Sehingga bisa menurunkan risiko komplikai lain yang berkaitan dengan diabetes tipe 2.


    (Baca Juga: Cara Membuat Lasagna Vegetarian)


    5. Mencegah kanker

    Manfaat lain menjagi seorang vegerarian adalah terhindar dari kanker yang lebih rendah dari nonvegetarian. Hal ini tentunya mengacu pada jenis kanker tertentu.


    6. Rendah akan terkena Sindrom Metabolik 

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengisi piringnya dengan sayuran juga cenderung memiliki tingkat sindrom metabolik yang lebih rendah, sekelompok faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kondisi kronis, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

    Itulah sejumlah manfaat gaya hidup vegetarian yang patut diketahui. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below