5 Cara Berteman Dengan Mantan Pacar Yang Patut Dicoba


  • 5 Cara Berteman Dengan Mantan Pacar Yang Patut Dicoba
    Dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, berteman dengan mantan pacar bukan menjadi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan (Foto: Dok. Pexels)

    Mengakhiri hubungan percintaan bukan berarti harus menghilangkan sosok tersebut dari hidupmu. Berbagai momen bahagia saat bersamanya dulu mungkin tak bisa dihindari di dalam pikiranmu hingga sulit dilupakan. Sehingga, tak bisa dipungkiri bahwa kamu ingin tetap menjalin hubungan pertemanan dengannya.

    Dilansir dari TIME, sebuah studi menunjukkan bahwa tetap berhubungan dengan mantan kekasih karena alasan yang jelas, cenderung berakhir dengan pertemanan yang sukses. Oleh sebabnya, berteman dengan mantan, sebetulnya bukanlah hal yang salah. Lalu bagaimana caranya? berikut HerWorld merangkum lima cara berteman dengan mantan pacar yang patut dicoba.


    (Baca Juga: Cara Berteman dengan Mantan Walau Sudah Punya Pacar)


    Ketahui alasan dirimu ingin berteman dengannya


    Terkadang seseorang ingin segera menjalin pertemanan dengan mantannya sebagai salah satu cara untuk menghindari kesedihannya. Ini merupakan hal yang wajar jika kamu memang senang menghabiskan waktu bersama dengannya karena memiliki banyak kesamaan hobi, minat, dan lingkungan pertemanan.

    Namun, pastikan kamu tidak mencoba untuk menggantikan hubunganmu dengannya dalam platonic friendship supaya dapat tetap memilikinya dalam hidupmu.


    Berikan waktu untuk menyembuhkan perasaan


    Setelah mengakhiri sebuah hubungan, sebaiknya kamu memberikan waktu sejenak, baik untuk dirimu dan mantan agar dapat menyembuhkan perasaan. Usahakan untuk tidak menghubunginya atau mencari tahu tentangnya melalui teman maupun media sosialnya. Kamu dapat melakukan aktivitas lain yang membuatmu lupa dengannya, seperti menekuni hobi, melakukan pekerjaan, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

    Dalam tahap ini, kamu juga dapat meyakinkan dirimu apakah sebenarnya perlu berteman baik dengannya atau tidak. Sebelum kembali menghubunginya, pastikan dirimu sudah siap secara emosional.


    Jelaskan tujuanmu


    Jika kamu sudah yakin dan sanggup untuk kembali berhubungan dengannya, kamu perlu menjelaskan tujuanmu dalam menjalin pertemanan, baik untuk dukungan emosional, ingin merasakan kehadirannya, atau masih memiliki ketertarikan.

    Namun, kamu juga perlu mengetahui perasaannya, apakah dirinya sudah siap untuk kembali berkomunikasi denganmu. Kesepakatan dari kedua pihak dapat mempengaruhi hubungan lainnya, misalnya jika kamu atau mantan sudah memiliki pasangan baru dan ia tidak setuju jika kalian berteman.


    Tunjukkan ketulusan dalam berteman


    Kamu perlu mempersiapkan diri jika ternyata mantanmu sudah menjalin hubungan dengan orang lain. Jika saat menjalin pertemanan kamu kembali merasa tertarik dengannya, coba untuk sedikit menjauhkan diri hingga perasaan tersebut dapat dikendalikan. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengannya dan tidak terus membandingkan dengan masa lalu.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Kecemburuan Saat Mantan Punya Pacar)


    Bangun batasan dalam berteman


    Membangun batasan dalam berteman dengan mantan sebaiknya dilakukan supaya kamu dan mantan tidak kembali pada kebiasaan lama yang dilakukan saat masih berpacaran. Hindari menghubunginya secara intens, membicarakan tentang masa lalu, mengunjungi tempat yang menyimpan kenangan, atau berkomunikasi saat berada di bawah pengaruh alkohol.

    Sebagai alternatif, kamu bisa bertemu dengannya saat sedang berkumpul dengan beberapa teman lainnya. Dengan demikian, kamu dapat menghindari terjadinya hal-hal yang membawamu ke masa lalu.


    Nah, itulah lima cara berteman dengan mantan pacar yang patut dicoba. Perlu diingat, rekonsiliasi tersebut sebaiknya dilakukan bukan karena adanya persoalan yang belum terselesaikan,hal tersebut justru bisa membuat pertemananmu dengan mantan tidak akan bertahan lama.


    (Penulis: Aurelia Gracia)