Peran Perempuan Membantu Ekonomi Keluarga


  • Peran Perempuan Membantu Ekonomi Keluarga
    AIA Indonesia bersama Herworld Indonesia menggelar talkshow virtual tentang peran perempuan dalam ekonomi keluarga (Foto:Dok/Pexels)


    Di masa pandemi, peran perempuan dalam membantu perekonomian keluarga semakin nyata. Kreativitas dan potensi seperti terus tergali demi mengangkat kembali kondisi keuangan keluarga yang semakin berisiko. Banyak usaha kecil tumbuh, dari bisnis kuliner rumahan, pemanfaatan lahan untuk menanam sayuran organik hingga beramai-ramai memproduksi masker kain untuk dijual. Itu hanyalah sebagian kecil dari contohnya.

    Dalam webinar yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional Agustus lalu disebutkan bahwa 65% dari pelaku UMKM adalah perempuan namun hanya 20% pebisnis perempuan yang memiliki akses pembiayaan, seperti bank. Sebuah survey lain menunjukkan tingkat inklusi keuangan pada perempuan masih jauh lebih rendah dibanding pria. Padahal potensi perempuan membangun kekuatan pilar keuangan keluarga terbukti sangatlah besar.




    (Baca Juga: Merencanakan Finansial Kreatif Bersama AIA Indonesia)


    Melihat hal ini, peningkatan inklusi keuangan di kalangan perempuan jadi salah satu fokus pembangunan nasional. AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa terdepan dan terpercaya di Indonesia ikut mendukung program ini dengan memberikan kesempatan kerja bagi perempuan yang juga dilengkapi pelatihan dengan standard terbaik. Hal ini diungkap langsung oleh Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum, Kepatuhan dan Risiko AIA saat virtual talk show bersama Her World Indonesia.


    (Webinar AIA Indonesia bersama Herworld Indonesia.Foto:Dok/Her World Indonesia)


    Di tengah pandemi, dimana banyak kalangan kehilangan pekerjaan dan penghasilan, AIA membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya untuk berkarier sebagai Life Insurance Advisor. “Kami memberi kesempatan entrepreneurship untuk para perempuan yang saat ini menjalani peran sebagai ibu rumah tangga atau pun yang sudah memiliki bisnis rumahan,” demikian jelas Rista tentang program SA Pro.

    SA Pro merupakan profesi yang jika dijalankan dengan kesungguhan hati akan memberikan dampak besar bagi masyarakat, karena akan membantu jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik dengan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan proteksi serta perencanaan keuangan jangka panjang.


    (Baca Juga: Kolaborasi AIA dan Sebastian Gunawan lewat Amplop Imlek)



    (Bagaimana cara jika ingin bergabung? Foto:Dok.Pexels)

    Bagaimana jika ingin bergabung? AIA telah menyiapkan sebuah sistem rekrutmen sekaligus pelatihan yang keseluruhannya dilakukan dengan cara virtual. Tidak ada lagi hambatan karena segan bertemu langsung atau tinggal di area yang jauh. Dengan sistem ini, perempuan di mana pun mempunyai kesempatan yang sama untuk bergabung dan memilai karier sebagai Life Insurance Advisor terlatih.

    “Selama pandemi ini kami menerima lebih dari 2000 pendaftar setiap bulannya untuk mengikuti proses awal seleksi rekrutmen Life Insurance Advisor,” lanjut Rista. Sebuah kabar baik yang menjadi salah satu bukti meningkatnya kebutuhan lapangan pekerjaan yang dapat tersalurkan dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

    Dalam talk show ini, Cathy Sharon, selebritas dan pemilik SADA Beauty juga turut memberi ceritanya. Sebagai single mother bagi dua anaknya, Cathy menegaskan pentingnya perempuan untuk mempunyai perencanaan yang matang terkait masa depan keluarga. “Karena hidup memiliki risiko yang kadang datangnya di luar dugaan,” tegas Cathy. Oleh karenanya ia sangat mengapresiasi program yang telah dilakukan AIA demi memberi kesempatan pada para perempuan untuk bisa memiliki penghasilan sendiri dan menjadi tulang punggung keluarga. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below