Merencanakan Finansial Kreatif Bersama AIA Indonesia


  • Merencanakan Finansial Kreatif Bersama AIA Indonesia
    Acara seru bersama AIA Indonesia tentang perencanaan finansial bagi pekerja kreatif. (Foto: Dok/Gustama Pandu/MRAMedia)


    Sebagai pekerja kreatif, ada banyak tantangan finansial yang harus dihadapi. Contoh, kamu yang bekerja sebagai freelancer yang tidak menerima gaji bulanan pasti pernah mengalami kesulitan dalam finansial. Maka dari itu, rencana keuangan jadi poin penting dan krusial bagi kamu yang bekerja di industri kreatif.



    Melihat fenomena ini, AIA Indonesia berkolaborasi dengan herworld Indonesia mengadakan fun financial workshop bertema “How Creative Workers Plan Their Financial” di Ecology Bar, Kemang, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/12).

    (Baca juga: David Beckham Kembali Hadir di Jakarta)



    (Peserta mengisi kuisioner finansial. Foto: Gustama Pandu/MRAMedia)


    Pada awal acara, setiap peserta workshop yang merupakan para pekerja kreatif harus menjawab kuisioner yang ditujukan untuk merefleksikan kebiasaan keuangan mereka. Acara kemudian dibuka dengan speech dari Kathryn Monika Parapak, VP Brand and Communication AIA, dan Shantica Warman selaku Editor-in-Chief herworld Indonesia, yang menjelaskan betapa pentingnya investasi dilakukan saat usia produktif demi masa tua yang bahagia.


    (Kathryn Monika Parapak, VP Brand and Communication AIA. Foto: Gustama Pandu/MRAMedia)

    (Shantica Warman, Editor-in-Chief her world Indonesia. Foto: Gustama Pandu/MRAMedia)


    Workshop seru ini kemudian dilanjutkan dengan sharing session bersama Herold Chen, Financial Planner dari AIA yang menuturkan bahwa demi investasi yang sukses, diperlukan adanya disiplin diri dan konsistensi. Dengan begitu, tabungan yang dimulai sedikit tapi konsisten ini bisa berbuah banyak.


    (Herold Chen, Financial Planner AIA. Foto: Gustama Pandu/MRAMedia)


    Acara ditutup dengan Flash Financial simulation gameplay yang didukung oleh Flash Media HQ. Setiap peserta dibagi dalam kelompok berisikan 4 – 5 orang untuk bermain. Permainan yang sekilas mengingatkan pada monopoli ini ditujukan untuk membantu peserta memahami istilah finansial sehingga bisa mendorong pengambilan keputusan finansial yang baik.


    (Flash Financial simulation game play dari Flash Media HQ. Foto: Gustama Pandu/MRAMedia)

    Keseruan permainan membuat waktu 1,5 jam terasa begitu cepat! Pada akhir acara, setiap peserta pun sukses mendapat ilmu baru seputar keuangan.