Kenali Norovirus, Virus Usus yang Sudah Masuk ke Indonesia


  • Kenali Norovirus, Virus Usus yang Sudah Masuk ke Indonesia
    Norovirus baru saja masuk ke Indonesia, kenali fakta-faktanya di bawah ini (Foto: dok. Pixabay)

    Di saat pandemi Covid-19 belum selesai, virus bernama Norovirus sudah mulai bermunculan di Indonesia. Wabah virus ini berawal di China pada 7 Oktober kemarin, dan telah menulari 70 mahasiswa Universitas Shanxi di Taiyuan. Dilansir dari Jurnal of Medical Virology, ternyata Norovirus ini sudah ada sejak lama dan merupakan virus yang menjadi penyebab utama infeksi usus akut di seluruh dunia. Yuk, kenali gejala dan penyebab virus ini agar kamu dapat melindungi diri dari bahayanya!


    (Baca juga: Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona)




    Gejala

    Gejala klinis yang disebabkan oleh Norovirus ini kurang lebih sama ketika kamu sedang keracunan makanan. Kamu akan merasakan sakit perut dan mual, yang akhirnya akan membuatmu diare dan muntah-muntah. Gejala ini biasanya terjadi dalam 24 jam setelah kamu mengonsumsi makanan yang tercemar virus. Jika ini terjadi, sebelum kamu pergi ke dokter, pastikan kamu tidak dehidrasi dengan mengonsumsi air yang banyak, dan gunakan obat diare atau muntah untuk menghilangkan gejala.


    Penularan

    Penularan virus ini kurang lebih hampir sama seperti virus Corona. Kamu dapat tertular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, berdekatan atau bersentuhan langsung oleh orang yang sedang terjangkit, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, dan menyentuh mulut atau mata dengan tangan kotor. Jika kamu terjangkit virus ini, hindari memasak makanan untuk orang lain, dan berikan waktu 2 hari setelah gejala selesai untuk memulai aktivitas lagi. 


    Cara mencegah

    Kunci dari pencegahan virus ini sebenarnya hanya satu, yaitu selalu menjaga kebersihan dimanapun kamu berada. Cuci tanganmu secara rutin, dan jangan lupa untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dimasak. Selain itu, dilansir dari CDC, ternyata Norovirus juga dapat ditemukan pada shellfish atau kerang-kerangan yang tidak matang. Jadi, jika kamu memasak kerang, pastikan dulu kematangannya sebelum dimakan, ya!


    (Baca juga: 8 Cara Alami Cegah Kanker Usus Tanpa Obat)


    Itu dia fakta-fakta mengenai Norovirus, virus penyerang usus yang sudah masuk di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan stay safe, ya! 


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below