Tips Merawat Wajah Berjerawat


  • Tips Merawat Wajah Berjerawat
    Hindari menyentuh wajah dengan tangan sebagai salah satu tips merawat wajah berjerawat. (Foto: Dok. Freepik)

    Jerawat adalah masalah kulit yang sering muncul dan dianggap mengganggu penampilan. Memiliki kulit bersih dan bebas jerawat pun menjadi keinginan banyak orang. Berikut tips merawat wajah berjerawat yang dapat kamu coba agar kulitmu menjadi lebih sehat.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)




    Bersihkan wajah dengan sabun yang lembut

    Membersihkan wajah penting untuk dilakukan sebanyak dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih pada permukaan kulit.


    Gunakan jenis sabun yang lembut dan hindari yang mengandung scrub karena dapat melukai kulit yang sudah meradang dan menyebabkan pertumbuhan jerawat. Usap wajah dengan tangan atau kain yang lembut, lalu bilas, dan keringkan dengan handuk bersih.


    Gunakan toner dan pelembab

    Penggunaan toner dapat membersihkan sisa kotoran yang masih menempel di wajah, membuat wajah lebih segar, mengembalikan keseimbangan pH, dan mengontrol kadar minyak. Sementara penggunaan pelembab atau moisturizer dapat meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit, terutama jika produk jerawat yang kamu gunakan mengandung bahan yang dapat mengeringkan kulit.


    Terdapat pelembab yang dibuat untuk kulit berminyak, kering, dan kombinasi. Oleh karena itu, carilah label noncomedogenic yang artinya tidak menyebabkan jerawat dan berbahan dasar air atau bertekstur gel agar lebih ringan dipakai oleh kulit berjerawat.


    Gunakan obat jerawat yang sesuai dengan wajah

    Perhatikan kandungan dalam obat jerawat yang digunakan agar memberikan hasil maksimal. Kamu dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, tea tree, sulfur, hingga retinol.


    Hindari paparan sinar matahari

    Sinar ultraviolet yang dipaparkan oleh matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan, serta menyebabkan hiperpigmentasi setelah inflamasi yang membuat kulit menjadi gelap. Kamu dapat membatasi aktivitas di bawah sinar matahari, terutama antara jam 10 pagi hingga 4 sore dan gunakan broad-spectrum sunscreen setidaknya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari. 


    Perhatikan produk yang digunakan di rambut

    Hindari penggunaan produk yang mengandung pewangi, minyak, pomade, atau gel pada rambut karena dapat menyumbat pori-pori kulit dan mengiritasi kulit jika terkena wajah.


    Berikan kulit wajahmu nutrisi

    Selain merawat kulit wajah dari luar, kamu juga perlu merawatnya dari dalam. Kurangi konsumsi makanan berminyak, junk food, produk olahan susu, dan yang mengandung gula dengan tinggi karena dapat memicu pertumbuhan jerawat. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dalam menu makananmu, juga air putih agar wajahmu lebih bersih dan cerah. 


    Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi putih, mi instan, dan makanan manis dapat merangsang peradangan kulit dan memperbesar kelenjar minyak sehingga membuatnya lebih aktif.


    (Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Papula?)


    Jauhkan tangan dari wajah

    Hindari menyentuh wajah dan menopang dagu atau pipi dengan tanganmu. Tidak hanya bakteri, kulit wajah yang telah meradang juga dapat teriritasi. Apalagi jika memecahkan jerawat dengan jari yang dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.


    Itulah tips merawat wajah berjerawat yang dapat kamu coba. Namun, jangan biarkan jerawat menurunkan kepercayaan dirimu ya karena memiliki wajah berjerawat adalah hal yang normal. Selamat mencoba!


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below