Cara Agar Tidak Insecure


  • Cara Agar Tidak Insecure
    Cara mudah mengatasi insecurity dalam diri. (Foto: Dok. Maddog/Pexels)

    Selama ini kamu punya keraguan terhadap banyak hal di sekitarmu. Rasanya kamu hanyalah sebutir debu dibanding orang-orang di lingkunganmu. Merasa tidak aman atau insecure sebenarnya adalah hal wajar yang dirasakan manusia. Tapi, ketika rasa insecure tersebut mulai berlebihan dan dibiarkan, ini bisa menghambat potensi yang sebenarnya ada dalam dirimu. Jadi, sebelum terlambat untuk menyelamatkan rasa percaya dirimu, simak cara agar tidak insecure berikut ini.


    1. Tak perlu membohongi diri

    Mungkin kamu dianjurkan untuk terus mengucapkan "Aku pasti jadi yang terbaik" atau "Aku bisa melakukannya" pada diri sendiri. Realitanya, ungkapan-ungkapan ini hanya akan bikin kamu semakin terpuruk. Alasannya, kata-kata tersebut hanya kebohongan yang terpaksa kamu ucapkan. Padahal, dirimu tidak meyakini itu. Faktanya, tidak semua hal bisa kamu atau manusia mana pun dapatkan. Daripada memaksakan dengan ungkapan kosong, gunakan metode yang realis saja. Dengan begitu, kamu enggak akan kehilangan motivasi atau menyerah.




    (Baca Juga: Atur Energi Untuk Hidup Lebih Bahagia)


    2. Berhenti membandingkan dengan orang lain

    Media sosial kerap membuat kita membandingkan diri dengan orang lain hingga akhirnya kamu sendiri yang merasa terpuruk. Kamu jadi mudah iri akan apa yang dimiliki orang lain. Padahal, tahukaha bahwa di media sosial, orang-orang hanya menampilkan sisi terbaik mereka saja. Kamu tidak tahu apa yang terjadi di belakangnya. Jadi, tak perlu repot membandingkan apa yang kamu punya dengan mereka. Ingat, biasakan diri untuk melihat ke kaca dan ke bawah. Bisa jadi, rumputmu-lah yang terlihat lebih hijau bagi orang lain.


    3. Fokus jadi diri sendiri

    Meski terdengar klise, pada kenyataannya sulit bagi sebagian besar orang untuk menjadi diri mereka sendiri. Kebanyakan dari kita terbiasa untuk meniru orang lain. Mungkin karena kamu berusaha untuk memenuhi standar orang lain, bukan standar terbaik dari dirimu. Sebaiknya, fokuslah pada dirimu sendiri. Kmau enggak perlu jadi pusat perhatian, tapi dengan rasa percaya diri yang timbul setelah menjadi dirimu sepenuhnya, tentu akan menarik perhatian orang banyak.


    4. Menemukan kelebihan diri

    Semua orang punya kelebihan dalam dirinya yang tidak disadari. Ingatkan lagi pada dirimu, hal-hal apa saja yang penting dalam hidupmu dan hal unik apa yang kamu miliki. Pemikiran ini akan membuatmu lebih banyak bersyukur. Mungkin bagi orang lain adalah uang, tapi bagimu adalah keluarga. Dengan menegaskan hal-hal tersebut, rasa insecure yang sempat kamu rasakan pasti akan hilang dengan sendirinya. Karena kamu akan berhenti membandingkan diri dengan orang lain.


    (Baca Juga: 5 Makanan Pemicu Jerawat Yang Sebaiknya Dihindari)


    5. Mengingat hal yang baik yang kamu lakukan

    Cara lain agar tidak insecure adalah dengan mengingat hal-hal baik yang sudah kamu lakukan. Bisa jadi saat seorang teman membutuhkan pertolonganmu, nyatanya kamu ada di sampingnya. Kamu melakukan banyak hal baik, tanpa imbalan.


    Itulah beberapa cara agar tidak insecure yang bisa kamu coba. Mungkin saat rasa insecure muncul, kamu merasa seolah dunia bergerak melawanmu. Berusahalah untuk mengubah mindset tersebut sehingga kamu bisa melihat dunia secara lebih indah. Jika rasa insecure yang kamu derita terasa semakin berat, kamu juga bisa mencari bantuan orang terdekat dan ceritakan perasaanmu pada mereka.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below