6 Film Netflix Originals Berdasarkan Kisah Nyata


  • 6 Film Netflix Originals Berdasarkan Kisah Nyata
    Hillbilly Elegy, salah satu film Netflix Originals berdasarkan kisah nyata (Foto: Dok. Netflix)

    Sebagai streaming platform yang memberikan layanan hiburan di lebih dari 190 negara, Netflix tak hanya menjadi wadah bagi berbagai film yang dirilis oleh berbagai rumah produksi, tetapi juga telah memproduksi 1.500 tayangan originalnya sejak 2013 dengan berbagai jenis tayangan, genre, dan cerita di baliknya. Berikut Her World rangkum 6 film Netflix Originals berdasarkan kisah nyata yang wajib untuk disaksikan.


    (Baca Juga: 7 Film Dokumenter Fashion Di Netflix Yang Wajib Ditonton)




    Hillbilly Elegy


    Film yang diangkat dari salah novel satu novel nomor satu versi New York Times, Hillbilly Elegy: A Memoir of a Family and Culture in Crisis karya J. D. Vance ini menceritakan tentang perjalanan sebuah keluarga Appalachia dalam bertahan hidup dan meraih kemenangan.


    Tayang pada 24 November mendatang, HillBilly Elegy dibintangi oleh beberapa bintang ternama, seperti Gabriel Basso sebagai J.D. Vance, Glenn Close, dan Amy Adams yang berperan sebagai nenek dan ibu dari J. D. Vance.


    Sebelum memproduksi, Netflix memenangkan hak atas film ini setelah menawar $45 juta untuk proyeknya. Disutradarai oleh pemenang Academy Award, Ron Howard, Hillbilly Elegy melakukan syuting selama 43 hari dimulai pada Juni 2019 di Atlanta, Georgia, dan berakhir pada Agustus 2019 di Middletown, Ohio.






    Poster film Hillbilly Elegy (Foto: Dok. Netflix)


    The Most Hated Woman in America


    Dibintangi oleh Melissa Leo sebagai Madalyn Murray O’Hair, film ini merupakan biographical drama yang mengisahkan tentang kehidupan Madalyn sebagai seorang atheis yang kontroversial, kasus penculikannya bersama anak dan cucunya, dan perjuangannya di pengadilan akibat perilakunya yang melarang kegiatan doa di sekolah.


    The Most Hated Woman in America pertama kali tayang di South by Southwest pada 14 Maret 2017 dan dapat disaksikan di Netflix mulai 24 Maret 2017.




    Operation Finale


    Operation Finale merupakan salah satu film yang kembali mengunjungi masa lalu terkait salah satu misi rahasia paling terkenal dalam sejarah. Film yang menjadi box office dengan keuntungan $17,6 juta ini menceritakan tentang sekelompok mata-mata Israel pada 1960 yang pergi ke Argentina dan menangkap Adolf Eichmann (Ben Kingsley), seorang tentara Nazi.


    Adolf Eichmann yang bertanggung jawab untuk mengatur beberapa aksi kriminal Holocaust diterbangkan ke Israel untuk diadili atas 15 tuduhan, termasuk aksinya yang bertentangan dengan kemanusiaan dan perang.




    Elisa & Marcela


    Drama romantis tentang sepasang wanita ini diambil dari kisah nyata terkait pernikahan mereka yang menjadi pernikahan sesama jenis pertama di Spanyol di masa Kekaisaran Romawi pada 1901.


    Elisa (Natalia de Molina) bertransformasi sebagai seorang pria bernama Mario agar dapat menikahi Marcela (Greta Fernandez) karena pada saat itu sebuah pernikahan harus dilakukan antara wanita dan pria. Permasalahan muncul saat keduanya terekspos oleh surat kabar yang menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan, dikucilkan, dan menerima surat penangkapan dari pemerintah.


    Disutradarai oleh Isabel Coixet, Elisa & Marcela terpilih sebagai salah satu nominee di Berlin International Film Festival dalam kategori Golden Bear. 




    (Baca Juga: 5 Kisah Menyedihkan Dalam Film The Haunting of Bly Manor)


    A Prayer Before Dawn


    Sebuah biopik yang dibintangi oleh Joe Cole ini mengangkat kisah Billy Moore, seorang petinju berkebangsaan Inggris yang memiliki kecanduan terhadap heroin, ditangkap di Thailand, dan dituduh atas pencurian senjata api.


    Billy Moore menjalani hidupnya di Klong Prem, sebuah penjara yang mengerikan di Thailand, hingga dipaksa untuk tidur di sebelah mayat dan menyaksikan pemerkosaan sesama narapidana.


    Pertama kali diputar pada Festival Film Cannes pada 2017, A Prayer Before Dawn menjadi salah satu film box office yang meraup keuntungan hingga lebih dari $310 juta dan dinominasikan dalam beberapa ajang penghargaan film, seperti British Independent Film Awards, Camerimage, dan Sakhalin International Film Festival.




    First They Killed My Father


    Berdasarkan kisah nyata dan diadaptasi dari buku non-fiksi dengan judul yang sama, First They Killed My Father menceritakan tentang Loung Ung, seorang anak berusia lima tahun yang dilatih sebagai tentara anak saat Khmer Rouge mengambil kekuasaan atas Kamboja pada 1975 dan memulai pemerintahan dengan teror dan genosida.


    Disutradarai oleh Angelina Jolie dan rilis dalam tiga bahasa; Inggris, Khmer, dan Prancis, film ini telah memenangkan beberapa penghargaan dalam berbagai kategori, seperti Bronze Frog dalam Camerimage, Hollywood Foreign Language Film Award dalam Hollywood Film Awards, dan Freedom of Expression Award dalam National Board of Review.




    Nah, dari keenam film Netflix Originals berdasarkan kisah nyata di atas, mana yang sudah pernah kamu saksikan?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below