Tanda Cemburu Buta


  • Tanda Cemburu Buta
    Inilah tanda-tanda cemburu buta. (Foto: Dok. vjapratama/Pexels)

    Dalam menjalani hubungan, wajar banget jika kamu atau pasangan merasa cemburu. Tapi umumnya pasti ada alasan di balik kecemburuan, misalnya seperti kurangnya kepercayaan terhadap pasangan, pengalaman buruk dari hubungan sebelumnya, atau justru rasa insecure dari dalam diri. Sayangnya, tak selamanya cemburu adalah hal baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Delaware, cemburu bisa membutakan seseorang. Ini disebabkan karena rasa cemburu tersebut tidak divalidasi sehingga mereka tidak bisa menemukan target yang tepat. Jadi, apa saja tanda cemburu buta yang harus diwaspadai?


    1. Selalu ingin menghabiskan waktu bersama

    Mungkin rasanya romantis saat kamu atau pasangan ingin menghabiskan semua waktunya bersama. Tapi setiap individu tetap memerlukan privasi masing-masing. Ada kalanya kamu atau si dia ingin menyendiri dan melakukan hal yang disukai. Selain itu, kalian juga perlu waktu untuk bersosialiasi dengan teman atau keluarga. Biasanya orang yang cemburu buta tidak peduli akan hal-hal ini. Ia akan memaksamu untuk meninggalkan semua aktivitas bahkan teman-temanmu demi mendapatkan perhatianmu sepenuhnya.


    (Baca Juga: Cara Memiliki Hubungan Yang Sehat Dengan Pasangan)


    2. Punya banyak aturan

    Kamu tak bisa berbicara pada sembarang orang. Pasangan punya aturan tentang siapa saja yang bisa kamu ajak bicara dan tidak. Bahkan, ia bisa cemburu saat kamu berbicara dengan sahabatmu. Ia juga selalu punya alasan atas "larangan-larangannya" itu. Kalau kamu melihat ini sebagai tanda cinta, kamu salah besar. Bagian terpenting dalam mencintai seseorang adalah rasa saling percaya. Kalau saat pacaran saja kalian tidak saling memercayai satu sama lain, hubungan itu bisa disebut toxic.


    3. Selalu berkomentar

    Dalam sebuah hubungan yang ideal, kamu dan pasangan bisa saling bertukar pikiran. Baik itu saran atau kritik membangun, semua dilakukan untuk meningkatkan kualitas kalian sebagai pribadi sekaligus pasangan. Tapi, tak begitu dengan pasanganmu. Ia seolah tak berhenti memberikan komentar negatif dan selalu menilai apa yang kamu lakukan sebagai kesalahan. Baginya, caranya adalah cara yang paling benar.


    4. Mudah marah

    Emosi pasanganmu tidak stabil. Ia mudah marah, tapi juga mudah melupakannya. Kadang, hal-hal kecil bisa memicu emosinya, seperti saat kamu bergaul dengan lawan jenis meski tanpa ada suasana romantis sekali pun. Misalnya, ia langsung marah saat kamu harus menyelesaikan proyek bersama rekan kerja atau sekadar menerima panggilan telepon soal pekerjaan. Ini patut ditandai sebagai tanda cemburu buta.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Alasan Pria Masih Menghubungi Mantan)


    5. Terlihat stres

    Setiap kali kamu kedapatan berbicara dengan teman-teman, apalagi lawan jenis, kamu bisa melihat pasangan mengepalkan tangannya dan wajahnya terlihat tegang. Ini bisa dibilang sebagai tanda cemburu buta karena ketegangan tersebut menunjukkan bahwa ia sedang stres. Jadi, setiap kamu berkomunikasi dengan orang lain, ia langsung merasa stres, meski hubungan kalian hanya sebatas teman atau bahkan pada orang yang tak dikenal. 


    Jika tanda cemburu buta di atas sudah jelas terjadi dalam hubunganmu, bisa dipastikan kamu sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat. Komunikasikan dengan pasangan soal keresahanmu. Yakinkan bahwa hatimu memang hanya untuknya, bukan yang lain. Jika ia tidak bisa mengubah perilakunya, mungkin hubungan kalian memang tak bisa dipertahankan. Bila kamu khawatir ia akan melakukan kekerasan, kamu juga bisa mengajak satu anggota keluarga yang paling dipercaya sebagai penengah.