Fakta Khatia Buniatishvili, Ambasador Terbaru Maison Cartier


  • Fakta Khatia Buniatishvili, Ambasador Terbaru Maison Cartier
    Maison Cartier pilih Khatia Buniatishvili, pemain piano asal Georgia, untuk menjadi brand ambassador mereka. (Foto: Dok. Instagram/khatiabuniatishvili)

    Brand perhiasan mewah asal Prancis, Maison Cartier, baru saja menunjuk Khatia Buniatishvili sebagai ambasador terbaru mereka pada hari Selasa lalu (6/10). Khatia adalah seorang pianis internasional yang karirnya sedang melesat tahun ini.


    Selain talenta bermain musiknya yang luar biasa, ternyata Khatia memiliki karakter dan perjalanan karier yang sangat inspiratif. Karena hal itu, Cartier akhirnya menunjuk pianis cantik ini sebagai perwakilan brand mereka. 





    "Khatia dapat mengekspresikan identitas Cartier melalui pesonanya yang terlihat sederhana namun romantis," kata Cyrille Vigneron, Direktur dan CEO Cartier Internasional. 

    Meskipun sudah bermain di kancah internasional, mungkin, banyak dari kamu yang belum tahu tentang seorang Khatia Buniatishvilli. Her World telah meringkas fakta tentang sang pianis yang perlu kamu ketahui.


    1. Berasal dari Georgia

    Walaupun sering disebut sebagai "French-Georgian pianist," sebenarnya, Khatia adalah orang Georgia yang berkewarganegaraan Prancis. Ia lahir di Batumi, Georgia, pada tanggal 21 Juni 1987. Namun, karena kariernya yang terus berkembang, akhirnya ia harus meninggalkan negara asalnya yang terletak di bagian Eropa Timur itu dan pindah ke Prancis bersama ibunya. 


    2. Mulai belajar piano sejak umur 3 tahun


    Jika kamu pernah menonton video konser Khatia, jangan heran kenapa ia dapat memainkan piano dengan begitu anggun dan indah. Ketertarikan sang artis untuk bermain piano sudah mulai sejak dirinya berumur 3 tahun. Pada umur 6 tahun, di saat anak lain sedang belajar membaca, sang pianis kecil itu sudah tampil sebagai pemain piano solo di Tbilisi Chamber Orchestra.


    Pencapaiannya saat kecil tidak berhenti sampai di situ, Khatia berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam ujian masuk ke Tbilisi Conservatory pada umur 16 tahun, dan di umur 19 tahun ia berhasil masuk ke Vienna University of Music and Performing Arts, yang merupakan universitas musik terbesar di dunia. 


    (Baca Juga: 4 Fakta Album BLACKPINK Mencetak Sejarah K-Pop)


    3. Aktif mendukung gerakan sosial

    Selain sukses dan bertalenta, Khatia adalah seseorang yang menjunjung tinggi hak kemanusiaan dan aktif dalam mendukung gerakan sosial. Ia sering mengangkat isu-isu sosial seperti pertolongan refugee dan climate justice. 


    Khatia pernah tampil konser di Berlin bertajuk "To Russia with Love," yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaraan dunia mengenai kekerasan hak asasi manusia di Rusia.


    Tidak hanya itu, ia juga pernah tampil di United Nation' 70th Anniversary Humanitarian Concert di Geneva untuk membantu refugee dari Syria, dan Global Citizen Festival pada pembukaan The G20 Summit di Hamburg pada 2017. 


    4. Pencapain karier yang mengagumkan bagi seorang pianis klasik

    Setelah melakukan debut profesionalnya di Carnegie Hall, New York pada tahun 2008, Khatia dipuji oleh banyak orang di seluruh dunia karena interpretasi dan teknik musiknya yang tidak hanya mengagumkan, tapi juga dapat menonjolkan karisma dan intelektualnya. 


    Meskipun debut tersebut merupakan momen yang signifikan dalam karir Khatia, ia belum bisa mendapatkan popularitas yang besar karena musik klasik memang sangat jarang untuk bisa masuk ke dalam pasar mainstream. Namun, hal ini tidak membuat Khatia berhenti untuk mencoba menembus pasar tersebut. Akhirnya, sang pianis itu berhasil di tahun 2015, ketika Coldplay, rock band asal Inggirs, mengajak Khatia untuk berkolaborasi dalam album mereka yang berjudul Head Full of Dreams.


    (Baca Juga: Deretan Musisi Ini Akan Mencetak Sejarah Di BBMAs 2020)


    5. Baru saja merilis album



    Khatia baru saja merilis albumnya yang berjudul The Labyrinth yang dirilis pada hari Jumat (9/10). Dalam album ini, ia memilih karya piano indah dari komposer seperti Bach, Vivaldi, Scarlatti, Chopins, Brahms, Satie to Glass, Legiti, dan Gainsbourg. 


    Dari berbagai macam fakta tentang Khatia Buniatishvili di atas, apa yang membuatmu paling kagum? 


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below