4 Fakta Album BLACKPINK Mencetak Sejarah K-Pop


  • 4 Fakta Album BLACKPINK Mencetak Sejarah K-Pop
    Album BLACKPINK berjudul The Album berhasil tembus peringkat 2 di Bilboard Top 200 Album chart dan membuat banyak sejarah (Foto: Dok. Instagram/blackpinkofficial)

    Budaya K-Pop kembali mengguncang budaya pop Amerika atau yang sering disebut sebagai American pop culture. Girl band asal Korea Selatan BLACKPINK, mencetak sejarah dengan album terbarunya yang berjudul The Album karena menembus peringkat kedua Top 200 Billboard Album chart. Simak 4 fakta di bawah ini untuk mengetahui bagaimana album BLACKPINK mencetak sejarah K-Pop.

    (Baca Juga: BLACKPINK Rilis 'Lovesick Girls' Bertema Tentang Sakit Hati)

    1. Album terpopuler di Amerika Serikat

    Selama sepekan dari tanggal perilisan pada hari Jumat (2/10), The Album berhasil terjual sebanyak 110.000 unit dan mendapatkan 40.3 juta streaming audio on-demand. Karena pencapaian ini, BLACKPINK berhasil mendapatkan posisi kedua dalam Top 200 Billboard Album chart mengalahkan Dua Lipa yang berada di peringkat enam.



    2. BLACKPINK membawa kembali kejayaan girl band di Billboard 

    Chart Billboard untuk kategori album terbaik dari group band sudah lama didominasi oleh grup pria. Grup wanita sebelum BLACKPINK yang berhasil masuk dalam 5 besar chart tersebut adalah Danity Kaine. Dengan album Welcome to the Dollhouse-nya, girl band asal Amerika tersebut berhasil meraih peringkat dua di tahun 2006.


    3. Banyak kolaborasi dengan musisi Hollywood



    Dalam tahun ini, BLACKPINK banyak berkolaborasi dengan banyak musisi internasional seperti David Guetta, Selena Gomez, Ariana Grande, Cardi B, dan Lady Gaga. Kolaborasinya dengan Selena Gomez untuk lagu yang berjudul Ice Cream menjadi salah satu hal yang dinantikan pada bulan Agustus lalu.


    (Baca Juga: Netflix Rilis Dokumenter BLACKPINK Berjudul Light Up The Sky)


    4. Selain Billboard, The Album memecahkan Hanteo Chart 

    YG Entertainment, talent agency BLACKPINK, bilang bahwa The Album berhasil terjual sekitar 590.000 unit dalam satu hari sejak perilisannya secara fisik pada Selasa yang lalu (6/10). Hasil penjualan ini memecahkan rekor Hanteo Chart yang sebelumnya dipegang oleh girl band IZ*ONE dengan albumnya yang berjudul Oneiric Diary. Album tersebut pun hanya terjual 398.334 unit pada minggu pertama.


    Setelah melihat 4 fakta tentang pencapaian BLACKPINK di atas, fakta apa yang membuatmu semakin kagum dengan girl band asal Korea Selatan ini?


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below