Ibu Ibukota Awards 2020 Angkat Cerita Inspiratif Para Ibu


  • Ibu Ibukota Awards 2020 Angkat Cerita Inspiratif Para Ibu
    Press conference Ibu Ibukota Awards 2020 diselenggarakan pada Jumat lalu. (Foto: Dok. Ibu Ibukota)

    Dalam penyelenggaraan keduanya, Ibu Ibukota Awards (IIAW) 2020 mengangkat cerita inspiratif dan eksklusif dari 20 sosok ibu yang terus bergerak selama pandemi COVID-19. Acara ini diselenggarakan sebagai ajang apresiasi sosok ibu yang menginspirasi masyarakat.


    (Baca Juga: Melihat Sisi Lain Jakarta Lewat 'Ibu Ibukota Awards')




    Penggagas Ibu Ibukota Awards, Fery Farhati, menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya acara ini ialah meningkatkan jumlah teman #AksiHidupBaik dan masyarakat untuk mendengar cerita dari para ibu yang menjadi sosok penggerak.


    “Kami ingin melibatkan begitu banyak orang agar cerita-cerita ini dapat menyentuh kehidupan mereka dan membuat suasana Jakarta menjadi lebih tenang dan penuh harapan,” ujarnya dalam press conference Menuju Ibu Ibukota Awards 2020 yang diselenggarakan pada Jumat (09/10/20).


    Acara ini digelar dengan upaya untuk menimbulkan interaksi dengan berbagai pihak yang dapat memperluas usaha yang selama ini telah dilakukan para ibu.


    Perwakilan tim seleksi dan Editor in Chief Her World, Shantica Warman, menuturkan bahwa perempuan adalah kunci keseimbangan dalam keluarga dan memiliki pengaruh besar.


    “Kalau seorang ibu berkarya, maka anggota keluarga lainnya juga akan mengikutinya. Perempuan itu mudah terinspirasi, apalagi dengan sesama perempuan. Dengan adanya Ibu Ibukota Awards ini, kami ingin Jakarta menjadi kota yang lebih kuat dan humanis,” tuturnya.


    Terdapat lebih dari 140 cerita para ibu yang diusulkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Cerita-cerita tersebut akan diseleksi oleh organisasi TP PKK DKI Jakarta, Dekranasda DKI Jakarta, YKI DKI Jakarta, DWP DKI Jakarta, istri Walikota / Bupati DKI Jakarta, hingga praktisi dan profesional.


    (Beberapa ibu yang ceritanya diangkat dalam IIAW 2020. Foto: Dok. Her World)


    Nantinya, cerita-cerita tersebut akan dibagi ke dalam lima kategori, yakni pemberdayaan yang diseleksi oleh Shantica Warman dan Tuty Kusumawati, kesehatan oleh dr. Nadia Ayu Mulansari dan drg. Yudhita Endah, kewirausahaan oleh Wignyo Rahadi dan Hesti Indah Kresnarini, lingkungan oleh Wilma Chrysanti dan Hanifah Husein, dan pendidikan oleh Nahdiana dan Sukiman.


    (Baca Juga: 10 Penulis Perempuan yang Buku-bukunya Menginspirasi)


    Proses penjurian ini akan dilakukan secara virtual melakukan dengan wawancara intensif supaya pengalaman para ibu yang menginspirasi itu dapat tersampaikan dengan baik. Sosok-sosok ini tidak menominasikan diri, melainkan berdasarkan pengajuan dari masyarakat sekitar.


    Cerita dari 20 ibu ini akan diangkat dalam Gelar Wicara Ibu Ibukota yang tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00 WIB, mulai 10 Oktober 2020 di channel Youtube dan podcast Cerita Ibu Kota.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below