Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Cegah Kanker Tenggorokan


  • Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Cegah Kanker Tenggorokan
    Kenali gejala, penyebab, dan cara mencegah kaker tenggorokan supaya kamu bisa selalu dalam keadaan fit. (Foto: Dok. Pexels)

    Meninggalnya gitaris Eddie Van Halen pada Selasa (06/10/20) menambah rangkaian berita duka pada 2020. Di usianya yang mencapai 65 tahun, Eddie telah menderita kanker sebanyak dua kali, yakni kanker lidah pada 2000, dan kanker tenggorokan yang harus dialaminya hingga ia mengembuskan napas terakhir. Kanker tenggorokan mengacu pada tumor kanker yang berkembang di tenggorokan, laring, atau amandel. Berikut Her World rangkum gejala, penyebab, dan cara cegah kanker tenggorokan yang perlu kamu kenali.


    (Baca Juga: 6 Gejala Umum Kanker Usus Yang Perlu Diwaspadai)




    Gejala


    1. Tenggorokan terasa sakit
    2. Perubahan suara dan kesulitan menelan
    3. Penurunan berat badan
    4. Batuk terus-menerus (memungkinkan juga batuk darah)
    5. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
    6. Sakit telinga
    7. Suara serak


    Penyebab


    Kanker tenggorokan terjadi ketika sel-sel di tenggorokan mengalami mutasi genetik. Mutasi tersebut menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkendali dan tetap hidup setelah sel sehatnya mati. Sel tersebut akan menumpuk dan dapat membentuk tumor di tenggorokan.


    Dilansir dari Healthline, pria memiliki risiko terkena kanker tenggorokan lebih tinggi daripada wanita. Namun, kanker tenggorokan dapat dipicu dari kebiasaan gaya hidup tertentu, di antaranya:

    1. Merokok
    2. Konsumsi alkohol yang berlebihan
    3. Human papillomavirus
    4. Kurangnya konsumsi buah dan sayur
    5. Kebersihan gigi yang buruk
    6. Penyakit gastroesophageal reflux (GERD)


    (Baca Juga: Kenali 13 Jenis Kanker dengan Tes Darah Sejak Dini)


    Cara mencegah


    Berhenti merokok

    Gunakan produk yang bebas nikotin sebagai pengganti rokok atau bicarakan dengan doktermu untuk mendapatkan resep yang dapat membantumu berhenti merokok.


    Kurangi konsumsi alkohol

    Pria sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua minuman beralkohol dan wanita tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu minuman beralkohol per hari.


    Terapkan gaya hidup sehat

    Konsumsi buah, sayuran, dan daging tanpa lemak. Untuk mengurangi berat badan berlebih, kamu bisa mengurangi asupan lemak dan natrium. Kamu juga dapat melakukan aktivitas fisik setidaknya 2,5 jam seminggu.


    Lindungi diri dari HPV

    HPV merupakan virus yang telah dikaitkan dengan kanker tenggorokan. Untuk melindungi dirimu, praktikkan seks dengan aman dan bicarakan dengan doktermu terkait manfaat vaksin HPV.



    Semoga artikel ini dapat membantumu mengenali gejala, penyebab, dan cara cegah kanker tenggorokan ya! Stay healthy!


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below