Hari Guru Sedunia 2020: Film Indonesia Bertema Tentang Guru


  • Hari Guru Sedunia 2020: Film Indonesia Bertema Tentang Guru
    rekomendasi film Indonesia bertema tentang guru (Foto:Dok/Netflix)


    Diperingati setiap tanggal 5 Oktober, Hari Guru Sedunia merupakan ajakan untuk memberikan dukungan kepada seluruh guru di dunia. Hari ini pula sebagai sentilan bagi seluruh masyarakat bahwa betapa pentingnya peran seorang guru di dalam kehidupan saat ini.

    Berbeda dengan Hari Guru Nasional, hari ini ditetapkan oleh UNESCO dan Education International (EI) sejak tahun 1994 yang kemudian dirayakan oleh seluruh dunia. Bukan tanpa alasan hal ini adalah bentuk apresiasi jasa para guru yang telah mengenalkan generasi penerus tentang pendidikan dengan gigih dan kesabaran. Bahkan, perjuangannya pun menjadi inspirasi sejumlah sineas Indonesia menciptakan karya film bertema guru. 



    Agar kamu semakin memahami peran guru dan seberapa besar perjuangan mereka, berikut Her World rekomendasikan film Indonesia bertema perjuangan guru yang bisa disaksikan pada peringatan Hari Guru Sedunia 2020.


    (Baca Juga: Hardiknas: Pesta Pendidikan 2019 Semua Murid Semua Guru)


    1. Guru-Guru Gokil


    Dibintangi oleh sejumlah bintang ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Gading Marten, Asri Welas, Ibnu Jamil dan lainnya, film Guru-Guru Gokil menggambarkan kisah perjuangan seorang pengajar di suatu sekolah terpencil. Tak hanya itu, film ini juga kerap memberikan kehidupan di balik perannya sebagai guru.

    Berbagai polemik, mulai dari masalah sekolah hingga keluarga diceritakan lewat Guru-Guru Gokil. Tayang di Netflix, film ini salah satu wajib tonton di Hari Guru Sedunia ini.


    2. Laskar Pelangi


    Masih ingat dengan karakter Ibu Muslimah yang mengajar di sekolah Muhammadiyah Belitung? Ya, sosok itu ada di film Laskar Pelangi yang juga jadi salah satu film Indonesia bertema guru.

    Diperankan oleh Cut Mini, Ibu Muslimah kerap jadi guru yang berjiwa bijaksana saat memberikan pendidikan pada anak-anak muridnya seperti Lintang, Ikal, Borek, Kucai dan lainnya. Kegigihan seorang guru juga berhasil digambarkan dalam film ini agar anak-anak bangsa bisa terus belajar meskipun di dalam sekolah yang ala kadarnya. 

    Meskipun tidak menceritakan sosok guru secara spesifik, namun film Laskar Pelangi patut disaksikan agar mengetahui bagaimana perjuangan seorang guru dan murid dalam memajukan pendidikan Indonesia. 


    (Baca Juga: Film Guru-Guru Gokil Perkenalkan Karakter Lewat Audio Series)


    3. Sokola Rimba


    Stigma yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anak di sebuah desa bahwa bekerja jauh lebih baik dibandingkan sekolah, memanggil jiwa Butet Manurung sebagai seorang guru untuk menghentikannya. Diperankan oleh Prisa Nasution film ini menggambarkan sosok guru yang sabar dalam memberikan pendidikan pada anak-anak suku Rimba.

    Dengan pendekatan secara perlahan Butet berhasil meningkatkan semangat anak-anak di sana untuk mau belajar. Meski sulit, tapi dengan kegigihan yang dia miliki anak-anak suku Rimba mulai mengenal pentingnya pendidikan.


    4. Guru Bangsa Tjokroaminoto


    Melihat kemiskinan rakyat dan minimnya pendidikan di berbagai wilayahnya, buat Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahadian berjuang untuk mendirikan sekolah rakyat. Jatuh bangun pun ia alami demi memajukan anak-anak bangsa.

    Dengan cinta dan kemanusiaan dia mengajak seluruh masyarakat untuk terus belajar walaupun ditimpa berbagai tragedi. Semangat yang dimilikinya buat film ini patut ditonton untuk melihat jiwa seorang guru.


    (Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup Dari Film 'Guru-Guru Gokil')


    5. Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara


    Berada di tengah penduduk yang mayoritas non-muslim buat Aisyah harus berusaha keras untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan stigma para penduduk yang memandang muslim bukanlah guru yang baik sebagai pendidik.

    Dibintangi oleh Laudya Cynthia Bella, dirinya berhasil memerankan sosok guru yang menginspirasi. Dengan kesabaran, keteguhan dan kepercayaannya, anak-anak di sekolahnya pun mengubah pandangan terhadapnya. Sehingga di Hari Guru Sedunia 2020. 


    6. Negeri 5 Menara


    Kata-kata motivasi seorang guru tenyata berhasil melekat di jiwa seorang murid. Dan hal ini diceritakan dalam film Negeri 5 Menara yang diperankan oleh Ikang Fawzi, Lulu Tobing, David Chalik, Donny Alamsyah, Ariyo Wahab, Gazza Zubizareta dan sejumlah selebriti lainnya.

    "Man Jadda Wa Jadda (siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil" ucap Ustad Salman (Donny Alamsyah) di pondok pesantren itu, berhasil meneguhkannya hati Alif (Gazza Zubizareta) agar terus belajar sesulit apapun situasinya. 

    Film Negeri 5 Menara kerap jadi bukti bahwa sosok guru bisa menginspirasi para muridnya agar terus belajar sampai kapanpun.


    Itulah sejumlah film Indonesia bertema perjuangan guru yang bisa disaksikan pada peringatan Hari Guru Sedunia 2020. Selamat menyaksikan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below