Trauma Masa Lalu Jadi Pemicu Dan Tanda Gangguan Mental


  • Trauma Masa Lalu Jadi Pemicu Dan Tanda Gangguan Mental
    Mulai banyak jadi perbincangan tapi masih sedikit yang benar-benar mengenal gangguan mental. (Foto: Dok. Pexels.com/Austin)


    Rasanya hampir semua dari kita pernah mendengar istilah gangguan mental atau mental disorder, apalagi karena hal ini semakin sering diperbincangkan dan menarik perhatian orang banyak. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan gangguan mental?

    Dikutip dalam jurnal American Psychiatric Association, mental disorder atau gangguan psikologis merupakan kondisi kesehatan di mana terdapat perubahan emosi, pikiran, perilaku, atau kombinasi dari dua atau tiga hal tersebut.



    Perubahan ini mulai menjadi gangguan jika sudah mengganggu fungsi hidup sehari-hari, misalnya seseorang jadi kurang produktif di kantor atau mengalami masalah di rumah, setelah tentunya menunjukkan gejala dalam rentang waktu tertentu.

    (Baca juga: 9 Jenis Gangguan Mental Yang Wajib Kamu Tahu)


    Penyebab Gangguan Mental

    Menurut Marcelina Melisa, S.Psi, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi, ada beberapa faktor yang dapat memicu munculnya gangguan psikologis, yaitu:

    Faktor internal: pencetus yang berasal dari dalam diri, seperti kurangnya kemampuan dalam mengelola emosi negatif, overthinking terhadap hal-hal yang terjadi sehari-hari, kecemasan atau ketakutan yang menghambat seseorang dalam beraktivitas.

    Faktor eksternal: pencetus berasal dari luar atau lingkungan, seperti kekerasan yang diterima di kantor atau rumah, bekerja dengan orang yang berkarakter berbeda, bencana alam atau kehilangan sesuatu/seseorang.



    (Perubahan emosi berlebih jadi mengganggu setelah berdampak pada kegiatan harian. Foto: Dok. Pexels.com/rawpixel.com)


    Ciri-Ciri Pengidap Gangguan Mental

    1. Mengalami kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari (anak yang rajin sekolah mendadak menolak sekolah).

    2. Orang sekitar mulai menyadari perubahan sikap yang kurang baik (performa kerja menurun, kehilangan minat, terlihat lebih lesu).

    3. Individu merasa dirinya mengalami emosi negatif yang sulit diatasi (marah atau murung berlebih).


    (Baca juga: 9 Tanda Fisik Dari Gangguan Kesehatan Mental)



    Itulah penyebab atau faktor yang bisa memicu munculnya gangguan mental. Jika kamu atau kerabat sedang mengalami gangguan ini, segera konsultasikan ke ahli. Beberapa gangguan memang tak bisa diobati tapi lewat terapi yang tepat, kamu bisa mengurangi tekanan yang ada dan beraktivitas seperti biasanya.

    Tak perlu khawatir dengan stigma 'gila' atau opini orang lain karena tubuh dan jiwa yang sehat adalah hal terpenting. Hubungi mental hotline di bawah ini:

        Indopsycare ([email protected])
        International Wellbeing Center (0812 9052 9034/WhatsApp)
        Yayasan Pulih ([email protected])
        Save Yourselves ([email protected])



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below