Light Up Indonesia Bantu Masyarakat Dengan Donasi Listrik


  • Light Up Indonesia Bantu Masyarakat Dengan Donasi Listrik
    Sekitar 100.077 keluarga telah dibantu oleh YCAB bersama PLN dalam program Light Up Indonesia. (Foto: Dok. Instagram/ycabfoundation)

    Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) bekerja sama dengan PLN dalam menggerakan program Light Up Indonesia sejak April 2020. Program ini merupakan gerakan untuk meringankan beban sesama dalam menghadapi dampak pandemi dengan mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjadi terang di tengah kegelapan COVID-19. Selama program ini berlangsung, Light Up Indonesia telah membantu masyarakat yang tergabung dalam 100.077 keluarga di 34 provinsi dengan donasi listrik selama pandemi berlangsung.


    (Baca Juga: Veronica Tan Ajak Donasi Lewat Lagu & Operet Aku Anak Rusun)




    Menurut M. Arsjad Rasjid selaku Chairman Indika Foundation, krisis sosial yang dihadapi Indonesia saat ini dapat diatasi dengan gotong royong dari seluruh masyarakat untuk ikut membantu. Hal ini terbukti dari jumlah partisipasi masyarakat yang berdonasi, yakni sejumlah 507.130 donatur, yang berhasil mengumpulkan dana bantuan sebesar Rp9,4 miliar.


    Program ini digelar dengan memunculkan semangat Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang dengan target utama komunitas ibu-ibu pelaku usaha ultra mikro binaan YCAB Ventures yang terletak di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung.


    Founder dan CEO YCAB Foundation, Veronica Colondam dalam acara penutup bertajuk “Ngopi Sore Bersama Light Up Indonesia: Bersama Jadi Terang” yang dilaksanakan secara virtual pada Jumat (02/10/20) menuturkan bahwa Light Up Indonesia awalnya hanya lilin yang berpijar, namun kini telah menjadi cahaya yang bersinar menerangi Indonesia.


    “Gerakan ini tak hanya memberikan manfaat bagi penerima donasi, tetapi juga menimbulkan rasa bahagia bagi orang yang terlibat karena bersama-sama kita telah berhasil menumbuhkan harapan di tengah masa yang penuh cobaan ini,” tambahnya


    Ia juga menceritakan tantangan yang dihadapi saat menjalani program ini selama lima bulan terakhir, yakni para warga yang diberikan bantuan sempat mengalami kesulitan untuk mengikuti langkah-langkah dalam menukarkan token. 


    “Kami telah melakukan sosialisasi dengan baik melalui infografis hingga video, tetapi adanya keterbatasan kemampuan untuk memahami langkah-langkah membuat kami meminta data dari PLN dan menghubungi satu per satu,” tuturnya.


    (Baca Juga: Bantuan Michael Kors Dalam Memerangi Pandemi Covid-19)


    Bantuan yang diberikan masyarakat tersalurkan ke dalam dua jenis, yakni prabayar dan pascabayar. Untuk prabayar disalurkan melalui token yang diberikan melalui WhatsApp dan website PLN, sedangkan pascabayar melalui OVO.


    Dalam waktu ke depan, Light Up Indonesia dapat diharapkan terus mengampanyekan bantuan untuk Indonesia dalam keadaan gelap melalui program lainnya.



    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below