5 Kegiatan Rumah yang Bisa Membakar Kalori Dengan Mudah


  • 5 Kegiatan Rumah yang Bisa Membakar Kalori Dengan Mudah
    Berbagai kegiatan rumah bisa membakar kalori dengan mudah(Foto:Dok.thehonest/Unsplash)


    Selain berolahraga, banyak cara yang bisa dilakukan agar lemak dalam tubuh terbakar. Bahkan beberapanya pula berasal dari aktivitas saat membersihkan rumah dari debu dan kotoran yang menempel. 

    Tanpa disadari, ketika tubuh bergerak saat melakukan aktivitas rumah, keringat mulai bercucuran karena kalori yang ikut terbakar di dalam tubuh. Seperti mencuci piring, mengepel dan lainnya ketika dilakukan, bisa membakar puluhan hingga ratusan kalori. 



    Sehingga jika dilakukan dengan rutin, tak hanya membuat rumah menjadi bersih, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dari banyaknya kegiatan membersihkan rumah, berikut diantaranya yang bisa membakar lemak dan kalori:

    (Baca Juga: Ide Aktivitas Hari Minggu Siang Bersama Pasangan)


    1. Mencuci Piring


    (Mencuci piring bisa membakar kalori.Foto:Dok.Burst/Pexels)

    Saat tubuh bergerak mencuci piring, banyak kalori yang turut terbakar dan terbuang sebanyak 85 kalori. Bahkan, melansir laman TIME, menurut penelitian di Florida State University saat mencuci piring dengan fokus mencium aroma sabun dan merasakan suhu air, bisa menurunkan rasa gugup hingga 27 persen.


    2. Membersihkan Debu Dengan Vacum Cleaner


    Melansir laman Huffpost, ketika membersihkan ruangan dari debu dengan vacum cleaner, kalori bisa terbakar hingga 238 per jamnya. Bayangkan jika tubuhmu mengerjakannya selama berjam-jam lamanya, berapa kalori yang akan terbakar?

    (Baca Juga: Aktivitas Selain Olahraga yang Membakar Kalori)


    3. Mengepel Ruangan

    Selain membersihkan rumah dari kotoran, mengepel juga jadi aktivitas rumah yang bisa menurunkan berat badan. Selama setengah jam tubuh bergerak, maka 119 kalori akan terbakar. Manfaat lain bisa juga untuk memperkuat lengan dan melatih kaki Anda. 


    4. Berkebun

    Memiliki ragam tanaman bisa membuat suasana rumah menjadi asri dan indah. Saat tubuh bergerak ketika bercocok tanam, dari mulai menanam, menyiraminya dengan air, hingga memindahkan letak pot bunga bisa membakar kalori dalam tubuh hingga 272-306 per jamnya. Bahkan, melansir laman Psychology Today, berkebun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, mengembagkan pola pikir dan lainnya.

    (Baca Juga: Rasakan 6 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan)


    5. Mencuci Pakaian

    Menurunkan berat badan yang paling mudah dengan cara mencuci pakaianmu sendiri setiap hari. Dengan begitu, 68 kalori bisa terbakar dan keluar melalui keringat tubuh. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below