Fashion

Anak Bangsa yang Menjadi Desainer untuk Puma

By : Yolanda Deayu - 2019-08-20 15:11:00 Anak Bangsa yang Menjadi Desainer untuk Puma


Label olahraga Puma telah menghadirkan banyak sepatu yang digemari oleh pencinta olahraga maupun fashionista dari berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah sepatu sneakers 'Puma Cell Alien OG' yang telah dirancang ulang belum lama ini. Ternyata rancangan ulang sepatu tersebut dikerjakan oleh anak bangsa. Ia adalah Raka Gemma Maulid yang mengawali kariernya di PUMA HQ Herzogenaurach, Jerman sejak tahun 2016 sebagai Sportstyle Footwear Designer.

Diperagakan oleh rapper dan penyanyi asal Amerika Serikat, YBN Cordae, 'Puma Cell Alien OG' dirancang untuk menempuh jarak tempuh yang tinggi dengan gelembung 'Cell' yang dikemas melalui tumit untuk bantalan tambahan. 

(Baca juga artikel: Ungkapan Bangga Enam Desainer Indonesia)

Untuk sepatu yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 ini, Raka berdedikasi untuk mendesain ulang sepatu ini untuk menjadikannya serupa dengan desain orisinil tanpa kehilangan nilai modernitas juga dengan penambahan teknologi terbaru yang dimiliki Puma.

“Bekerja di Puma mengubah hidup saya, dalam konteks yang baik. Saya mempelajari banyak hal, juga sangat meningkatkan diri saya. Puma memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan gila (dengan cara yang baik) yang tidak dimiliki oleh merek lain. Puma memiliki warisan yang sangat kuat juga sehingga kami juga ingin menciptakan karya terbaik,” ujar Raka.

Selain memang menyukai dunia olahraga sejak kecil, Raka juga memiliki hobi menggambar dan mendesain sepatu yang telah ditekuninya sejak SMP. Dengan latar belakang pendidikan dari Institut Teknologi Bandung dan short course dari Pensole Design Academy Portland, Oregon, Raka yang baru pertama kali berpergian keluar negeri pada saat harus pindah ke Jerman untuk menjadi bagian dari keluarga Puma, merasakan kebebasan dan tanggung jawab kreatif yang ditangani seorang desainer sangat besar saat bekerja di label tersebut. 

(Baca juga artikel: Semarak Merah Putih dalam Mode Indonesia)

Raka menitipkan pesan bagi para generasi muda di bulan kebangsaan ini yang ingin mengikuti jejaknya akan nilai ketekunan, bekerja cerdas, selalu berusaha meningkatkan kualitas diri, menantang dan mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman adalah kunci-kuncinya. 

“Anak bangsa yang berasal dari Indonesia mungkin memang tidak ada dalam peta dalam hal sumber daya sebagai desainer sepatu, kita hanya perlu bekerja sedikti lebih keras untuk mendapatkan perhatian. Last but not least, lebih sedikit bicara dan lebih fokuslah pada pekerjaan,” lanjut Raka dalam pesannya.

Tak hanya merancang koleksi sepatu saja, ia pun melakukan melakukan penelitian pasar untuk model yang sedang tren hingga membuat prototip sepatu. Puma juga akan meluncurkan beberapa karya baru lainnya dari Raka dalam waktu dekat seperti 'Lqd Cell Omega' dengan colorway Bridal Rose/Blue Turquoise dan 'Puma Trailfox Overland'. 

Fashion