Fashion

Ungkapan Bangga Enam Desainer Indonesia

By : Yolanda Deayu - 2019-08-18 13:01:00 Ungkapan Bangga Enam Desainer Indonesia


Mengharumkan nama bangsa tidak hanya dilakukan oleh atlet atau peserta olimpiade yang berhasil meraih medali emas di perlombaan tingkat internasional saja. Dunia mode juga menjadi salah satu industri yang sering membawa Indonesia lebih terdengar di dunia. Ada banyak desainer Indonesia yang telah menampilkan koleksi mereka pada pekan mode di berbagai belahan dunia, termasuk kota-kota besar seperti New York dan Paris.

(Baca juga artikel: Semarak Merah Putih dalam Mode Indonesia)

Tidak hanya para perancang busana senior saja, mereka yang masih muda pun juga membuktikan prestasi mereka dengan membawa koleksinya ke kancah internasional. Enam desainer Indonesia pun mengungkapkan kebanggaannya menjadi desainer Tanah Air.


Wilsen Willim

“Kebanggaan kita adalah saat bisa menghadirkan sebuah produk yang bagus ke pasar internasional, karena dengan demikian kita ikut berkontribusi pada persepsi Indonesia bisa menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang menarik.”


Kimberly Tandra

“Saya sangat bangga membawa identitas saya sebagai orang Indonesia, negara besar yang lekat dengan keragaman kultur dan kekayaan budayanya ke kancah internasional, memperkenalkan bangsa saya ke panggung dunia melalui hal yang saya cintai, yakni dunia fashion.”

View this post on Instagram

NUCLEUS #SUEDESON #NYFW #SS19

A post shared by SUEDESON (@suedesonofficial) on


Heaven Tanudiredja

“Saya selalu bangga dengan semangat bangsa Indonesia. Semangat kita untuk selalu berjuang untuk membuat yang terbaik dan lebih baik dari yang terbaik dalam keadaan apapun juga. Semangat ini ada dalam setiap orang Indonesia dari sejak nenek moyang kita berperang untuk Indonesia. Walaupun kami hanya sekedar desainer, tanpa sadar semangat ini muncul selalu untuk bisa membuat karya yang lebih baik dari negara lain.”


Nonita Respati

“Indonesia memiliki estetika dan keahlian yang luar biasa dalam membuat barang seni, kerajinan maupun wearable art. Ketika menampilkan brand saya, Purana, yang mengedepankan bahan buatan tangan dalam ajang peragaan busana di luar negeri, sangat membanggakan bahwa hasil karya tangan anak bangsa tidak hanya dipamerkan tapi juga diminati, dibeli dan diserap pasar internasional.”


Patrick Owen

“Saya selalu kagum dengan tim saya yang merefleksikan bangsa Indonesia. Kerja keras, waktu serta dedikasi mereka pada suatu pekerjaan yang luar biasa sehingga tercipta rasa kemanusiaan dan kepercayaan yang saling kami miliki antara satu dengan yang lainnya.” 

View this post on Instagram

S/S19 Grey Utility Dress

A post shared by Patrick Owen (@patrickowenofficial) on

(Baca juga artikel: 10 Sepatu Sneakers Merah & Putih untuk 17 Agustus)


Andandika Suraetja

“Sebagai desainer Indonesia, kami bangga bahwa karya brand kami, Moral, yang secara konsep mengangkat cerita dan nilai lokal dalam presentasi kontemporer, mendapatkan validasi dan apresiasi internasional.”


Peggy Hartanto

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan suku dan budaya terbanyak di dunia, di mana perbedaan inilah yang membuat kita berwarna seperti pelangi. Dengan kekayaan dan potensi yang dimiliki membuat saya bangga sebagai anak bangsa dan menjadi tugas kita untuk menjadikan Indonesia hebat di mata dunia.” 

Fashion