Purana Hadirkan Busana 'Hybrid' yang Modis


  • Purana Hadirkan Busana 'Hybrid' yang Modis
    Koleksi fall winter 2019 'Fluid' Purana. (Foto: Dok. Purana Indonesia)

    'Fluid' menjadi tema yang dipilih oleh Purana untuk koleksi fall winter 2019. Perjalanan ke salah satu kota kecil di Jepang, Arimatsu, merupakan inspirasi sang Direktur Kreatif Nonita Respati untuk koleksi ini. 

    Gaya edgy khas Purana kembali terasa dengan kuat dalam perpaduan warna hitam dan putih, serta sedikit sentuhan merah dan biru yang sering ditemui di ornamen tradisional Jepang. 

    (Baca juga artikel: Unjuk Kreasi Desainer Muda di 'Fashion Art Vibes #03')



    Ditampilkan pada Agustus lalu di acara 'UOB Trunk Show with Purana', koleksi ini menghadirkan berbagai pakaian hybrid, sehingga memungkinkan setiap produknya mampu diubah menjadi bentuk lain serta fungsinya. 

    Misalnya outer sutra organza yang bisa menjadi dress hitam elegan beraksen organza melayang tiga dimensi, outer tie dye pleats yang bisa berubah bentuk menjadi tampilan two-pieces dress, juga sederet sarong pants, dan kulot yang bisa dikenakan sebagai jumpsuit. Ada juga slip dress yang ukurannya bisa disesuaikan dengan mengatur panjang tali menurut ukuran tubuh. 



    (Foto: Dok. Purana Indonesia)


    Tren terkini berupa aksen lipit turut diadopsi di beberapa produknya, seperti hooded outer bervolume dan dress tanpa lengan dengan aksen kancing. Aksen lipit ini semakin dipercantik dengan perpaduan color-blocking dan shibori, teknik pewarnaan tie-dye dari Jepang, yang dipelajarinya langsung dari seorang ahli shibori dari Arimatsu.

    “Pengalaman membuat dan melihat shibori langsung dari kota asalnya, membuka mata saya bahwa teknik pengolahan kain yang sudah ribuan tahun menjadi tradisi Jepang dan juga Indonesia ini bisa dibawa ke dimensi yang lain sehingga tidak hanya bisa terlihat dua tapi bisa tiga dimensi, karenanya diolah lagi dengan detail lipit agar lebih terekspos keindahannya,” ungkap Nonita.



    (Foto: Dok. Purana Indonesia)


    Jika pada musim lalu Purana berkolaborasi bersama seniman lokal, kali ini ia bekerjasama seniman asal Australia, Geoff Todd. Melalui kolaborasi ini, sejumlah busana dan sepatu hadir dengan desain lukisan Z Dress karya seniman tersebut. 

    Beberapa di antaranya adalah kemeja panjang dengan ritsleting dan aksen kancing di bagian samping, jumpsuit dengan ritsleting di bagian depan dan ikat pinggang, dan dress dengan aksen drape di bagian leher.

    (Baca juga artikel: Koleksi Sepatu Modis dan Nyaman Valencia By Enrica)

    “Setiap koleksi kolaborasi Purana dengan seniman adalah collectible items yang diproduksi dalam jumlah terbatas,” ujar Nonita. 

    Koleksi fall winter 2019 Purana 'Fluid' akan ditampilkan di peragaan busana di Cape Town, Afrika Selatan, pada awal September mendatang.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below