Life & health

5 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia

By : Yolanda Deayu - 2019-08-06 11:26:00 5 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia


Tidak ada alasan lagi untuk wanita Indonesia berhenti memperjuangkan mimpi. Kini, semua wanita bebas untuk bergerak mewujudkan harapannya, bahkan melampaui batasannya sendiri. 

Di Tanah Air pun telah banyak sosok wanita hebat yang menuai prestasi berlimpah dan layak untuk dijadikan sumber inspirasi kamu! Hebatnya apa yang telah mereka raih itu tidak hanya berguna untuk diri mereka sendiri, melainkan juga berguna untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, bahkan mengharumkan nama bangsa.

(Baca juga artikel: Kiat Cantik dan Sukses dari 7 Perempuan Inspiratif)

Dari sekian banyak wanita Indonesia yang berprestasi, berikut adalah 5 sosok yang bisa menjadi sumber inspirasi kamu. Check these out! 


1. Aries Susanti Rahayu

Masih ingat dengan julukan 'Spiderwoman' pada ajang Asian Games 2018 lalu? Ia adalah Aries Susanti Rahayu, altet panjat tebing kelahiran 1995 yang telah mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah internasional.

Berbagai prestasi gemilang telah ia raih, selain membawa pulang mendali emas pada perhelatan Asian Games tahun lalu, ia juga tercatat menduduki peringkat kedua pada ajang IFCS Climbing World Cup di Wujiang, China pada bulan Mei lalu. 


2. Saur Marlina Manurung

Ditengah modernisasi, ada sosok wanita yang berdedikasi mencerdaskan generasi muda di pelosok negeri. Saur Marlina Manurung atau biasa lebih dikenal dengan Butet Manurung, seorang pendiri Sekolah Rimba dan pencetus pendidikan alternatif bagi suku pedalaman di Indonesia.

Latar belakangnya sebagai antropolog, ia membuat sistem sekolah yang disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat di suku pedalaman. Tekadnya yang tinggi untuk memperjuangkan keadilan pendidikan khusunya untuk anak-anak rimba.


3. Tri Rismaharini 

Menggambarkan wanita yang berani, kuat namun tetap memiliki sifat rendah diri, inilah sosok dari Tri Rismaharini atau yang biasa disapa Ibu Risma.

Dengan kepribadiannya yang jujur dan tegas beliau berhasil memimpin salah satu kota metropolitan, yakni Surabaya. Bahkan selama masa kepemimpinannya, ia berhasil meriah gelar sebagai Walikota Terbaik nomor tiga menurut 'The City Mayor Foundation'. 


4. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak mengenal sosok Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang satu ini. Dikenal gayanya yang nyentrik dan selalu mencuri perhatian, Ibu Susi berhasil menjadi sosok inspiratif berkat kegigihannya dalam menjaga kelestarian laut di Indonesia.

Bahkan beberapa waktu ini beliau masuk ke dalam jajaran 100 Pemikir Dunia tahun 2019 di bidang Pertahanan dan Keamanan. Hebat bukan?

(Baca juga artikel: Saatnya Peduli dan 'Stop Beauty Bullying')


5. Putri Tanjung

Lahir dari keluarga miliarder tak membuat wanita muda yang satu ini bersantai dan mengandalkan nama orangtuanya saja. Justru sebaliknya, ia mampu membuktikan kesuksesannya dengan usahanya sendiri.

Selain menjadi pengusaha muda, ia juga mengajak dan menginspirasi para generasi muda Tanah Air untuk terus berprestasi berkarya mewujudkan mimpi serta terus berkontribusi baik untuk negeri. 


Kamu pasti punya sosok wanita inspiratif atau kamu ingin juga menjadi sosok inspiratif? Dibalik semua diskriminasi maupun stigma tentang wanita, kita semua berhak untuk terus bergerak wujudkan mimpi.

Yuk, ikuti campaign '#JalanTerusWanitaIndonesia' dengan membagikan foto kamu atau wanita yang menginspirasi kamu di akun Instagram pribadi.

Tulis cerita mengenai alasan kenapa kamu dan wanita Indonesia harus bergerak aktif tanpa batas untuk mewujudkan mimpinya. Dapatkan voucher MAP senilai Rp250.000 untuk lima orang pemenang setiap minggunya!

Untuk info lebih lanjut, yuk klik http://bit.ly/JalanTerusWanitaIndonesia

Life & health