Hair & beauty

Melestarikan Lingkungan Bersama Love Beauty and Planet

By : Yolanda Deayu - 2019-07-23 17:32:00 Melestarikan Lingkungan Bersama Love Beauty and Planet


Meskipun baru diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 2018 lalu, label Love Beauty and Planet telah gencar melakukan ekspansi. Label ini pun telah resmi hadir di Indonesia dengan lima rangkaian produk yang terdiri dari perawatan rambut (sampo & conditioner) dan perawatan kulit (sabun & body lotion). 

Seiring peluncurannya, Love Beauty and Planet mengusung kampanye '#smallactsoflove' yang mengajak para penggemar kecantikan untuk mulai lebih peduli terhadap kelestarian planet bumi melalui hal-hal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari.

Ira Noviarti selaku Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk mengungkapkan, “Tidak dapat dipungkiri bahwa produk-produk perawatan kecantikan memiliki dampak tersendiri terhadap lingkungan. Namun di saat yang sama, industri kecantikan juga memiliki potensi yang sangat besar dalam mengedukasi dan menggerakkan konsumen agar memulai langkah kecil untuk lebih peduli terhadap kelestarian bumi.”

(Baca juga artikel: Rekomendasi Lipstik Warna Burnt-Orange dari Brand Lokal)

Di Asia contohnya, menurut Ecovia Intelligence, pasar bagi industri kecantikan yang ramah lingkungan tercatat sebesar USD652 juta pada tahun 2017. Nilai ini diprediksi terus bertumbuh seiring dengan semakin tingginya tingkat kesadaran konsumen, khususnya beauty enthusiasts dari generasi Millennial dan Gen-Z, terhadap brand kecantikan yang tidak hanya berkualitas namun juga memiliki nilai-nilai yang mendukung kelestarian lingkungan.

Kimberly Ryder sebagai selebriti yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan bercerita, “Sebagai bagian dari generasi Millennial yang kini mulai menjalani green lifestyle, aku percaya bahwa siapapun bisa menjadi ‘everyday change-maker’ dengan melakukan hal-hal kecil untuk menjaga lingkungan dan bumi. I personally believe that looking good by doing good for our planet adalah dua hal yang bisa dilakukan bersamaan. Jadi, aku pilih produk personal care yang tidak hanya berkualitas, tapi juga diproduksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan, mendukung semangat sustainability, dan bertanggung jawab dalam mengelola sampah kemasannya, seperti Love Beauty and Planet. Hal ini adalah salah satu langkahku untuk ikut berkontribusi terhadap kelestarian planet bumi.” 

Beberapa langkah '#smallactsoflove' yang dimiliki Love Beauty and Planet tercermin dalam prinsip 'Five Labours of Love', yaitu Powerful & Passionate – penggunaan botol yang dibuat dari 100% plastik hasil daur ulang yang dapat didaur ulang kembali; Fast & Fabulous – kondisioner berkualitas tinggi yang dilengkapi fast rinse technology untuk membantu konsumen mendapatkan rambut lembut ternutrisi sekaligus menghemat waktu dan air setiap keramas; Goodies & Goodness – diformulasikan tanpa paraben maupun pewarna buatan, dengan sertifikasi vegan dari vegan.org dan cruelty-free dari PETA; Scents & Sensibility – keharuman essential oils yang didapatkan melalui program kemitraan ‘responsible sourcing’ bersama Givaudan, dan Carbon Concious & Caring – komitmen untuk meninggalkan jejak karbon seminim mungkin, bahkan nantinya sampai hampir tidak ada. 

(Baca juga artikel: 'Green Beauty Guide': Produk Perawatan Ramah Lingkungan)

Gina Park selaku Global Fragrance Director Givaudan menanggapi, “Keharuman produk-produk Love Beauty and Planet berasal dari essential oil berkualitas terbaik di dunia, seperti kelopak mawar dari Bulgaria, lavender dari Prancis, bunga mimosa dari Moroko, ylang ylang dari Komoro, dan vetiver dari Haiti. Program responsible sourcing yang kami lakukan bersama Love Beauty and Planet adalah salah satu bentuk '#smallactsoflove' untuk memastikan bahan alami yang digunakan terjaga kelestariannya sekaligus memenuhi standar sustainability yang tinggi di berbagai aspek, termasuk kesehatan, keamanan, sosial, lingkungan, maupun integritas bisnis.”

Untuk mengajak lebih banyak orang melakukan '#smallactsoflove', Love Beauty and Planet bermitra dengan berbagai organisasi yang memiliki tujuan serupa. Contohnya, meletakkan Drop Box di beberapa gerai Farmers Market agar konsumen dapat dengan mudah mengembalikan kemasan bekas produk personal care dari brand apapun untuk didaur ulang oleh Love Beauty and Planet dan mitranya, Waste4Change. Kemudian, bekerjasama dengan organisasi non-profit XSProject, setiap kemasan bekas yang terkumpul akan dikonversi sebagai bentuk donasi untuk membantu biaya pendidikan bagi anak-anak pemulung di wilayah Cirendeu, Tangerang Selatan. 

“Kerja sama ini merupakan langkah awal dari '#smallactsoflove' yang akan dilakukan Love Beauty and Planet. Kedepannya, kami percaya bahwa masih banyak potensi untuk melakukan langkah-langkah kecil lainnya menuju perubahan yang lebih besar,” tutup Ira.

Hair & beauty