Melihat Indonesia Lebih Dekat di Pameran KKI 2019


  • Melihat Indonesia Lebih Dekat di Pameran KKI 2019
    Karya Kreatif Indonesia atau KKI jadi salah satu pameran dari hasil karya tangan bangsa Indonesia. (Foto: Dok/TutyAdib)


    Indonesia kaya akan ragam budaya dan karya kreatif. Namun, untuk melihat kebenarannya dan mengenali lebih jauh, pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali lagi tahun ini. 

    Bertajuk “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital”, gelarang yang diusung Bank Indonesia ini tak hanya sekadar memberi kesempatan pada masyarakat untuk melihat Indonesia dari dekat lewat karya kreatifnya tapi juga sekaligus menjadi upaya mendukung kemajuan perekonomian daerah, dan penyerapan tenaga kerja, terutama tenaga kerja muda dan wanita.



    Selain pameran, tahun ini KKI juga turut mengusung peragaan busana sejumlah desainer. KKI berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta dari 12 hingga 14 Juli 2019.

    (Baca Juga: Keseruan di Pameran 'Pantene Perfect On Art Experience')

    "Di tahun keempat penyelenggaraannya, kami akan menampilkan peragaan busana dari desainer bertaraf nasional, internasional, dan lokal. Itu bedanya, dulu sehari sekarang tiga hari berturut-turut," ungkap Gubernur Bank Indonesia Perry Warijo, saat pembukaan pameran KKI, di JCC, pada Jumat (12/7).

    Di antara desainer yang turut menampilkan karyanya itu, yakni Tuty Adib, Dian Pelangi, Toton Januar, Didi Budiardjo, Ria Miranda Itang Yunasz, Vivi Zubedi dan Ferry Sunarto. Beragam koleksi yang dipamerkan terinspirasi dari rancangan para UMKM Binaan Bank Indonesia.

    Peragaan Busana

    (Peragaan Busana Karya Tuty Adib di KKI 2019.Foto:Dok/Tutyadib Manajemen)

    Dari deretan desainer tersebut, tampak penggunaan berbagai corak batik dan tenun asal Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. 

    Tuty Adib misalnya mengolah kain Endek asal Bali menjadi modest wear yang di antaranya merancang outer yang dipadupadankan dengan sarung untuk model busana yang berkarakter Indonesia. Dalam kreasinya kali ini, Tuty berkolaborasi dengan UMKM asal Bali. 

    "Pada acara KKI ini saya memberikan inspirasi buat muslimah di Indonesia khususnya, tentang busana muslim yang berkarakter Indonesia. di mana garis rancangnya saya memadupadankan sarung, tapi saya proses lebih modern," tuturnya.


    (Baca Juga: Tenun di Mata Dunia Internasional)

    Pameran kreasi



    (Perhiasan yang terbuat dari sisik ikan.Foto:Dok/Hafizah Rana/Her World)

    Selain mengenalkan budaya Indonesia melalui peragaan busana, pameran KKI 2019 juga turut menampilkan berbagai pernak-pernik yang beragam dan unik, serta menunjukkan kekayaan alam Indonesia yang indah.

    Beberapa di antaranya yang menonjol, yakni berupa tas, kalung, gelang dan lainnya terbuat dari kayu, serat pohon hingga batu langka. Selain keunikannya, barang-barang yang dipamerkan juga mengangkat kisah para wanita yang bekerja dari daerah Indonesia.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below