Mengenal Tamanu Oil: Khasiat dan Cara Pilih yang Tepat


  • Mengenal Tamanu Oil: Khasiat dan Cara Pilih yang Tepat
    Tren Tamanu oil dengan kandungannya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh memang tak diragukan untuk digunakan sebagai skin care. (Foto: Dok/Tamanuoilpure)


    Sebagian dari kamu pasti sudah tahu apa itu Tamanu Oil. Namun jika belum, kami akan bantu menjelaskannya. Minyak berwarna hijau pekat malah hampir terlihat hitam legam yang kini banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuat minyak obat ini, nyatanya memang sudah tersohor sejak lama.

    Tak hanya dapat digunakan sebagai herbal bagi ragam keluhan fisik harian, minyak ini juga punya banyak manfaat terutama bagi kesehatan kulit, wajah, dan keperluan lain. Lalu, dari mana ia berasal?



    Jawabannya adalah dari pohon Calophyllum inophyllum yang dalam Bahasa Indonesia disebut Pohon Nyamplung.

    (Baca Juga: Kenali Kandungan dalam Produk Skincare Anda)


    (Tamanu oil. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Kandungan dan Khasiat

    Banyak tumbuh di Maluku, Papua, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Pesisir Pantai Selatan Jawa, vegetasi ini hanya bisa tumbuh di pesisir pantai atau daerah-daerah bersuhu tinggi. Oleh sebab itu, kandungan minyak dari buah yang dihasilkannya sangatlah banyak yaitu sekitar 39,43 persen.

    Ada pun kandungan karbohidrat serta serat dari bagian cangkangnya juga sama-sama tinggi yaitu berjumlah 28,56 persen dan 5,29 persen yang bisa digunakan sebagai bahan perekat kertas, papan gipsum, serta papan partikel.

    Tak hanya itu, proses ekstraksi juga turut menghasilkan high acid value resin yang memiliki senyawa-senyawa penting (fenolik) pemilik sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-mikroba. Inilah yang kemudian diaplikasikan untuk bermacam teknik pengobatan tradisional terutama pada metode oleh, pijat dan urut.


    (Baca Juga: 5 Retinol Generasi Baru Untuk Perawatan Kulit Wajah)


    Keperluan Kecantikan

    Sebagai pemilik kandungan iod rendah, minyak Tamanu juga berpotensi untuk dipakai sebagai sumber minyak nabati yang bisa digunakan dalam pembuatan sampo, kondisioner, losion, salep, dan produk-produk kosmetik lainnya.

    Bahkan, ia juga sering dipakai sebagai obat jerawat, serum mata alami, pelembap wajah, anti-penuaan, tabir surya, penghilang stretch marks, perawatan kulit terbakar, penghilang ruam pada kulit bayi, pencerah kulit yang menggelap, sampai merevitalisasi rambut dan kulit kepala.

    Bagaimana ia bisa begitu manjur untuk banyak keluhan? Karena kandungan resin itu tadi. Jadi, seluruh kandungan alaminya memang punya begitu banyak zat yang menguntungkan manusia. Berbuah sepanjang tahun tiap dua kali, Tamanu Nut selalu memenuhi pohon dan berjatuhan di mana-mana. Banyak sekali sehingga produksi minyaknya tak pernah berhenti bahkan dari sejak jaman kolonial dulu.


    (Ilustrasi essential oil. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Efek Samping

    Sebagai materi yang akan bersentuhan langsung dengan kulit (pemakaian luar), minyak Tamanu mungkin sedikir lebih sulit diterima oleh mereka yang punya alergi khusus. Oleh sebab itu, baiknya cek dulu sebelum membalurkannya dalam jumlah banyak. Meski sampai saat ini belum ada kasus seseorang terkena dampak alergi dari minyak ini, namun special case akan selalu ada.


    Cara Memilih

    Dari banyak produk di pasaran, bukan hal mudah untuk menentukan mana yang baik dan yang kurang meyakinkan. Perhatikan poin-poin di bawah ini:


    1. Sesuaikan kebutuhan

    Sebelum membeli, ketahui keperluanmu. Apakah ingin menggunakannya sebagai obat, penumbuh rambut, minyak esensial, pelembap wajah, atau lainnya. Ini akan memudahkanmu menemukan produk yang tepat.

    2. Lihat dan Baca Ulasan

    Pelajari ulasan orang lain tentang merk-merk yang tersebar di sekitar. Positif dan negatifnya bisa jadi masukan agar kamu tak merasa rugi di kemudian hari. Teliti sebelum membeli! Sebab kini banyak juga label tidak alami yang malah akan berefek kurang baik pada kesehatan.

    3. Perhatikan Kandungan

    Baca bahan-bahan yang dipakai untuk membuat minyak yang akan kamu beli ini. Jika punya alergi, cara ini akan membuat kamu terhindar dari kondisi yang tak diinginkan.

    4. Yang Mahal Belum Tentu Baik

    Tak semua produk berharga tinggi punya jaminan kualitas yang baik. Kembali pada ulasan jujur dari orang-orang terdekat atau media sosial, kamu bisa pilih produk sesuai saran dari mereka. Kadang, produk impor yang harga jualnya lebih tinggi malah kalah bagus dengan produk lokal dengan harga lebih rendah.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Tomat Untuk Atasi Masalah Kulit)

    Stretch Marks Natural Recipe

    Untuk menghilangkan stretch marks, minyak Tamanu harus dikombinasikan dengan bahan lain, yaitu:

    1. ½ gelas shea butter + ¼ gelas Cocoa Butter (campur dan larutkan dengan metode double boiling)

    2. Setelah tercampur rat, angkat dan dinginkan. Setelah itu masukkan 1 sendok makan minyak Tamanu.

    3. Masukkan ke dalam kulkas sekitar 20 menit, lalu keluarkan dan tambah 5-10 tetes minyak Lavender. Campur lagi dengan menggunakan mixer atau blender sampai mengental dan terlihat creamy.

    4. Simpan dalam botol kaca sampai maksimal 6 bulan di tempat yang sejuk untuk dipakai tiap malam atau saat diperlukan.

    (Teks: Rengganis Parahita) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below