Food & travel

4 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Australia

By : Rahman Indra - 2019-06-13 11:10:00 4 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Australia


Di samping memiliki keragaman objek dan destinasi wisata, Australia ternyata juga termasuk salah satu negara multikultural yang ramah terhadap muslim.

Sembari menikmati keindahan alam dan petualangan, publik juga bisa menemukan banyak pilihan makanan halal di kota-kota utamanya. Sehingga tak lagi ragu saat melakukan perjalanan. 

Bagi yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga di Australia, berikut beberapa destinasi yang bisa jadi pilihan sebagaimana direkomendasikan badan resmi Tourism Australia. 

(Baca juga: 5 Cara Terbaik Menikmati Musim Gugur di Australia Barat) 


1. Bersatulah dengan alam di Western Australia


Seluruh keseruan di Australia Barat dimulai dari Perth, ibukota negara bagian Australia Barat. Di Perth, Elizabeth Quay adalah tempat yang patut dikunjungi, karena disinilah pusat dari beragam aktivitas dan acara. Nikmatilah air mancur di sana, membunyikan bel di bell tower dan berjalan menyusuri Swan River yang besar. Kamu juga bisa belajar mengenai suku Aborigin dengan mengambil tur yang disediakan oleh Go Culture dan melihat bagaimana masyarakat Nyungar membangun permukiman dan peradaban di sekitar sungai.

(Elizabeth Quay, Perth. Foto: Dok/Tourism Australia)


Berikutnya, menuju Fremantle yang juga menjadi area penting lain di Perth. Bawa keluarga untuk berbelanja di Pasar Fremantle, sebuah pasar yang berusia lebih dari 100 tahun yang menjual barang-barang 'vintage' termasuk kerajinan asli suku Aborigin. Kamu juga bisa mengunjungi Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19. Tak jauh dari sini, area Fishing Boat menawarkan pilihan seafood yang beragam.

Selain seafood, Perth memberikan pilihan restoran halal untuk seluruh keluarga. Dua restoran yang bisa jadi pilihan kamu adalah Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Café yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

Keluar dari Perth, kamu akan lebih menyaksikan keindahan alam Australia Barat. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan 'road trip' dan mengambil jalur Indian Ocean Drive. Pasir putih yang membentang antara Perth dan Ningaloo begitu menawan. Indian Ocean Drive adalah jalur yang menyusuri tepi pantai, namun ada begitu banyak tempat indah selain pantai di sepanjang jalur 1250 km ini. 

Kamu bisa mampir ke Pinnacles di Taman Nasional Nambung untuk menikmati formasi batu kapur yang unik, melewati hamparan bunga-bunga liar yang Indah di pinggir jalan dan menikmati perbukitan batu di Kalbarri. Atau, kamu bisa memberi makan lumba-lumba di Monkey Mia dan ber-snorkling ria di Ningaloo. Jangan lewatkan pula pengalaman tak terlupakan berenang bersama hiu paus ketika mereka melintas di Ningaloo pada bulan April-Juli. Pastikan juga kamu menyantap lobster segar langsung di tepi pantai seperti di Lobster Shack di Cervantes. Kota pantai Geraldton juga akan memberikan akses menuju Hutt Lagoon, di mana kamu bisa menikmati “Pink Lake” dari atas.



2. Jelajahi Victoria!


Melbourne sebagai ibukota Victoria, adalah magnet bagi traveler dari seluruh dunia. Ini adalah kota di mana arsitektur kolonial, seni kontemporer, dan pengalaman berbelanja bersatu. Semuanya dibalut dengan pemandangan kota yang begitu indah. 

Pusat kota Melbourne dihias oleh gang-gang kecil dengan 'cobble stone' dan menjadi pusat 'coffee shop', café, dan butik-butik unik. Mulailah perjalanan dari Flinders Street Station hingga ke Degraves Street, dan telusuri 'street art' di setiap sudut jalan – termasuk karya dari seniman Inggris Banksy. Berjalanlah menuju Collins Street untuk nongkrong di kedai kopi ternama, Brother Baba Budan atau Patricia yang terdapat di Bourke Street. 

Jika masih inginkan sesuatu yang berbeda, bisa juga bergabung pada tur 'street art' untuk melihat keindahan tersembunyi yang ada di Melbourne – ini adalah satu-satunya tur di Melbourne yang akan dipandu oleh para seniman jalanan. Kamu juga bisa mengunjungi 'workshop' mereka dan menciptakan karya seni sendiri.



(ACDC Lane, Melbourne. Foto: Dok/Visit Victoria)


Sebagai sebuah kota metropolitan, Melbourne juga menjadi kota tujuan dari para imigran dari seluruh dunia, yang membuat kota ini begitu dinamis dan hidup dengan beragam budaya. Islamic Museum Australia menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi di mana kamu dan keluarga bisa belajar mengenai keragaman budaya serta mengetahui seni budaya Islam dan warga Muslim di Australia dan dunia. Area di sekitar museum juga terdapat banyak restoran halal untuk makan siang.

Tidak akan sulit menemukan restoran halal di Melbourne. Kamu bisa mencoba Restoran 'Gazi' yang dimiliki oleh George Calombaris, salah satu chef terbaik di Australia untuk menikmati hidangan Yunani. Atau, kamu bisa mampir di Tiba’s yang menyuguhkan masakan khas Lebanon.

Phillip Island merupakan destinasi menyenangkan bagi keluarga. Anak-anak dapat bermain ilusi optic, puzzles dan labirin di A Maze’N Things, belajar mengenai coklat di Phillip Island Chocolate Factory, dan bermain secara virtual interaktif di Nobbies Centre. Setelah lelah bermain seharian, kamu bisa menikmati matahari terbenam yang cantik sambil melihat barisan penguin yang berjalan kembali ke lautan.

(Sunset di Phillip Island. Foto: Dok/Visit Victoria)


Di hari berikutnya, kamu bisa berkendara sepanjang 400 km menyusuri Great Ocean Road, salah satu jalur 'roadtrip' dengan pemandangan terindah di dunia. Pantai-pantai di sepanjang jalur ini sungguh mengagumkan! Jangan lupa untuk mampir ke desa nelayan yang unik di Port Fairy atau nikmati romansa di Lorne. Kamu juga tidak boleh melewatkan tur dengan helikopter untuk melihat 12 Apostles, Shipwreck Coast dan Taman Nasional Port Campbell dari udara.

Bawa anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan: melihat paus di Logan Beach, melihat anjing laut di Cape Bridgewater atau berenang bersama lumba-lumba di Queenscliff. Di Great Otway National Park, kamu juga bisa bermain dengan koala. Sepanjang jalur ini, terdapat kota-kota kecil tepi pantai sebagai tempat perhentian sambil menikmati makanan laut yang segar.


3. Queensland yang meriah


Brisbane adalah kota terbaik untuk mendapatkan pengalaman gaya hidup yang menarik. Kota penuh warna ini menyajikan ragam budaya yang indah, gaya hidup urban yang menarik serta pengalaman kuliner kelas dunia.

Kamu bisa memulai perjalanan dari Brisbane City Hall yang memiliki gaya arsitektur 80-an. Di dalamnya, kunjungi Museum of Brisbane di mana kamu bisa mempelajari cerita mengenai budaya dan sejarah Brisbane. Sempatkan untuk naik ke Clock Tower, naik dengan lift yang antik, untuk melihat pemandangan kota dari atas.

Bawa seluruh keluarga untuk menikmati South Bank Parklands, sebuah taman hijau yang terletak di pusat kota. Di taman ini, kamu bisa menemukan Streets Beach, sebuah pantai buatan di tengah kota. Jangan lupa mengambil foto dengan latar tulisan BRISBANE di samping Streets Beach.


(Brisbane Letter. Foto: Dok/ Tourism and Events Queensland)


Rasakan keseruan berbelanja dengan menelusuri Queen St. Mall, pusat belanja dan komersial kota Brisbane. Di sini, kamu bisa menghabiskan satu hari berbelanja mulai dari Brisbane Arcade yang ikonik hingga Tattersall’s Arcade lalu menelusuri Adelaide Street untuk melihat butik-butik kecil nan cantik.

Jangan khawatir soal makanan karena Brisbane menawarkan banyak restoran halal seperti Black Hide Steakhouse yang menyajikan steak halal. Coba juga kuliner Timur Tengah di Mecca Bah atau makanan Turki di Mado Restaurants.

Satu jam berkendara dari Brisbane, kamu akan tiba di Gold Coast, kota pantai yang cantik di mana kamu dan keluarga bisa mendapatkan keseruan bersama. Destinasi wajib untuk keseruan anak-anak adalah WB Movie World, di mana anak-anak bisa menjelajah taman bermain ini sepanjang hari. Cobalah DC Rivals Rollercoaster, roller coaster tertinggi, terpanjang dan tercepat di wilayah bumi bagian selatan. Dari WB Movie World, kamu bisa melanjutkan petualangan di Skypoint Observation Deck yang menawarkan pemandangan 360 derajat. Bagi kamu yang suka tantangan, juga bisa mencoba Skypoint Climb untuk mendapatkan pemandangan kota yang spektakuler.

Berikutnya, jelajahi keindahan tersembunyi di daerah pedalaman Gold Coast. Kamu bisa berkunjung ke Tamborine Rainforest Skywalk, Curtis Falls dan Glow Worm Cave. Ini adalah gua yang sangat unik karena kamu akan melihat sendiri cacing bercahaya yang tinggal di dalam gua.


(Tambourine Rainforest. Foto: Dok/Tourism and Events Queensland)


Destinasi lain untuk seluruh keluarga adalah Hinterland Regional Park, taman indah seluas 62 hektar yang menjadi lokasi bagus untuk melakukan berbagai kegiatan rekreasi bersama keluarga, atau hanya untuk sekedar santai dan menikmati suasana.

Untuk melengkapi liburan di Gold Coast, manjakan diri dengan menyantap makanan halal yang nikmat. Kamu bisa mencoba Charis Seafoods, atau ketika berada di Tamborine, kamu bisa mencoba Cocohut, restoran Thailand yang bersertifikasi halal.


4. New South Wales yang penuh warna


Mulailah perjalanan dari Sydney dengan berjalan menyusuri pantai sepanjang 6 km. Kamu bisa memulai di Bondi Beach (mungkin inilah pantai yang paling terkenal di Australia), jalan terus ke Tamarama Beach, Bronte, Clovelly dan berakhir di Coogee Beach. Di sepanjang jalan, sempatkanlah untuk berenang dan rasakan angin segar dari laut. Jika lapar, restoran /seafood /tersedia di sepanjang jalur yang kamu lewati untuk menyantap /fish and chips/.


(Bondi Beach Walk. Foto: Dok/ Tourism Australia)


Kamu juga bisa mengajak keluarga Anda ke Taronga Zoo, yang memiliki lebih dari 4000 hewan asli Australia termasuk kanguru dan koala. Kebun Binatang ini juga menawarkan beberapa kegiatan dan petualangan untuk anak-anak seperti seluncur tali dan panjat tali. Kamu bahkan juga bisa menginap di sini dan mendapatkan akses eksklusif untuk melihat bagaimana kegiatan kebun binatang selain yang dilihat oleh kebanyakan pengunjung.

Ada banyak pilihan restoran halal di Sydney. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman makan di restoran kelas dunia, kamu bisa mencoba Efendy yang menyajikan masakan khas Turki, serta Zaafran yang menyajikan masakan khas India dengan kualitas internasional.

Alternatif lain di luar Sydney adalah dengan menyusuri wilayah South Coast dari negara bagian ini. Dari pantai-pantai indah, alam liar yang menawan hingga petualangan di South Coast akan menjadi momen tak terlupakan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini termasuk melihat lumba-lumba, paus dan singa laut hingga bermain kayak.


(South Coast. Foto: Dok/Tourism Australia)


Olahraga air dan ekstrim seperti skydiving dan 'hand-gliding' adalah hal-hal seru yang patut dicoba. Terletak begitu dekat dengan laut, seafood merupakan hidangan yang tidak bisa dilewatkan, dan South Coast merupakan wilayah penghasil tiram terbaik di Australia. Cobalah Pelican Rocks Seafood Restaurant and Café atau Rick Stein Bannisters.

Bagaimana? Menarik bukan untuk sebuah momen perjalanan yang bakal menempel di ingatan?

Food & travel