5 Tips Agar Badan Tidak Melar Setelah Lebaran


  • 5 Tips Agar Badan Tidak Melar Setelah Lebaran
    Agar badanmu tidak melar pasca lebaran. (Foto:Dok/Pexels)


    Idul Fitri memang momen yang sangat ditunggu-tunggu setelah 30 hari berpuasa. Beraneka makanan dan kue lebaran pun tersaji di meja makan setiap rumah yang kamu kunjungi dan di rumahmu sendiri.

    Adalah nastar, kastangel, putri salju, dan makanan berat seperti gulai ayam, opor, lontong, dan makanan berlemak tinggi lainnya masuk ke dalam tubuhmu saat lebaran. Tak jarang makanan ini berpotensi membuat berat badan bertambah, bahkan melebihi berat sebelumnya.



    Pooja Malhotra seorang ahli gizi melihat pasca lebaran menjadi momen yang pas untuk diet detoks agar berat badan tidak naik akibat makanan berlemak yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, diet detoks juga bisa membuat usus menjadi lebih sehat. 

    (Baca Juga: Cara Diet Alami dan Sehat Secara Cepat)

    "Satu-satunya tujuan dari diet 'detoksifikasi' adalah untuk bisa mengonsumsi makanan ringan, rendah kalori, lemak, gula, garam di waktu yang sama dan mudah untuk dicerna, sehingga memungkinkan sistem tubuh Anda untuk memulihkan dan meremajakannya kembali. Ini juga membantu mengurangi kembung, retensi air dan meningkatkan flora usus yang sehat," jelasnya dilansir dari Doctor NDTV.

    Dirangkum dari berbagai sumber, kamu bisa melakukan 5 diet detoks ini, agar tubuhmu tidak melar atau berlebihan berat badan setelah lebaran:


    1. Kurangi Asupan Gula dan Garam


    (Mengurangi gula dapat membuat berat badanmu menjadi stabil.Foto:Dok/Pixabay)


    Saat lebaran tiba, aneka makanan asin dan juga manis kian menggoda untuk disantap saat lebaran. Agar tubuhmu kembali sehat dan berat badanmu stabil, ada baiknya kamu mengurangi asupan gula dan garam selama 3 hari.


    2. Mengonsumsi Sayuran


    (Aneka sayuran membantu proses detoks pada tubuh.Foto:Dok/Pixabay)


    Sayuran memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik dikonsumsi, apabila kamu ingin memiliki berat badan yang ideal. Aneka sayuran seperti, wortel, brokoli, kol dan seledri bisa kamu olah menjadi sup lezat yang baik untuk tubuh.


    (Baca Juga: 7 Jenis Diet Cepat Turunkan Berat Badan)


    3. Rajin Berolahraga


    (Kembali berolahraga dapat membuat badanmu tidak melar saat lebaran.Foto:Dok/unsplash)


    Setelah lama tak berolahraga saat ramadan, ini waktunya kamu untuk menjalaninya dengan rutin. Berbagai jenis olahraga seperti, berenang, jalan santai, bersepeda dan yoga menjadi aktivitas yang baik untuk mengembalikan berat badanmu yang mungkin naik.  Dan saat tubuhmu melakukan detoks, olahraga berperan penting untuk metabolisme tubuhmu kembali normal dan sehat.


    4. Banyak Mengonsumsi Air Putih


    (Air putih dapat membantu proses detoks pada tubuh.Foto:Dok/Pixabay)


    Mengonsumsi air putih dapat menurunkan berat badanmu yang mungkin saja naik, setelah lebaran. Bahkan, dengan rutin mengonsumsi air putih, hal ini dapat membantu tubuh untuk menghilangkan racun melalui pembuangan urin.


    (Baca Juga: Catat! Ini Panduan Diet untuk Umur 30-an (I))


    5. Tidur yang Cukup 


    (Tidur yang cukup dapat menjaga berat badanmu.Foto:Dok/Pixabay)

    Selain makan dan minum berkurang, jadwal tidurmu mungkin juga berkurang. Hal ini mungkin saja masih kamu rasakan ketika lebaran tiba.

    Dilansir dari Healthline, penelitian dari The National Institutes of Health menjelaskan bahwa tidur yang cukup dapat menstabilkan metabolisme dalam tubuh dan mengusir segala racun dari berbagai asupan yang telah kamu konsumsi sehari-hari. Sehingga hal ini bisa menjaga badanmu agar tidak melar setelah lebaran.


    (dari berbagai sumber) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below