7 Fakta Unik dari Lagu 'Mimpi' Anggun


  • 7 Fakta Unik dari Lagu 'Mimpi' Anggun
    Lagu Mimpi Anggun menjadi salah satu lagu yang sukses dinyanyikan oleh Anggun hingga ke ranah internasional. (Foto: Dok/Instagram/@anggun_cipta)


    Jauh sebelum namanya populer dan dikenal dunia, Anggun mengawali suksesnya lewat lagu 'Mimpi'. Tak banyak yang tahu, kalau lagu yang dirilis hampir tiga dekade lalu (1989) ini juga yang mengantarnya hingga dikenal sebagai lady rocker. 

    Anggun pun dalam berbagai kesempatan mengungkapkan kalau 'Mimpi' adalah salah satu lagu penting dalam karier musiknya, di samping kemudian 'Snow on the Sahara' yang membuatnya mendunia.



    Lagu ini juga pernah ia bawakan dalam berbagai kesempatan khusus, salah satunya saat tampil di konser bersama David Foster. Lagu Mimpi juga menjadi pilihan kontestan Indonesian Idol, Maria yang kemudian meraih tampuk juara. 

    Apa saja fakta lain seputar lagu 'Mimpi'? Cek faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini: 

    (Baca juga: Kiprah Anggun Sebagai Juri di 7 Ajang Pencarian Bakat) 


    1. Lagu penting 

    Anggun mengawali kariernya sebagai penyanyi saat tampil di Ancol waktu usia tujuh tahun. Di bawah bimbingan musisi Ian Antono, ia merilis album studio pertama 'Dunia Aku Punya' di 1986. Namun, namanya baru melambung ketika lagu 'Mimpi' dirilis pada 1989. Sukses 'Mimpi' juga membuat Anggun dikenal sebagai Lady Rocker. Setelah itu, sederet single yang dibawakannya menjadi hits, di antaranya 'Tua Tua Keladi', 'Laba-laba', 'Takut', 'Nafas Cinta' dan 'Kembalilah Kasih'. 


    2. Konser besar

    Saat tampil di konser bersama David Foster, lagu ini menjadi salah satu yang dibawakan Anggun. Dikutip dari laporan media, Anggun mengaku berdebar ketika ia menyanyikan lagu tersebut dan Foster mengiringinya dengan alunan syahdu piano. Menurutnya, kolaborasi itu adalah satu kehormatan besar dan tak pernah terbayangkan sebelumnya. 



    3. Masuk daftar The Rolling Stones 

    Menurut majalah Rolling Stone, "Mimpi" merupakan salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa".


    4. Masuk Best Of 

    Lagu Mimpi menjadi salah satu dari lagu lawas, selain Bayang-bayang Ilusi dan Takut yang masuk dalam album kompilasi terbaik 'Best Of' yang dirilis Anggun pada 2006. Di album yang dirilis di Indonesia dan Malaysia ini, lagu tersebut dinyanyikan ulang dengan aransemen musik Andy Ayunir dan Orkestra Saunine. Album Best-Of juga dirilis untuk pasaran Italia dengan daftar lagu berbeda dan lagu "I'll Be Alright" sebagai singel andalannya.


    5. Dibawakan Maria Idol 

    Lagu Mimpi menjadi salah satu lagu pilihan yang dibawakan salah satu grand finalis Indonesian Idol 2018, Maria. Ia menyanyikan "Mimpi" milik Anggun dalam Result & Reunion Show Indonesian Idol 2018, yang disambut antusias oleh Anggun. 



    6. Lirik puitis

    'Mimpi' merupakan salah satu lagu Anggun yang liriknya spesial dan terdengar puitis. Setiap orang bisa memberi makna berbeda, apakah untuk pencapaian impian, atau berhubungan dengan kisah percintaan.  Dalam catatan produksinya, lagu 'Mimpi' ditulis Pamungkas Narashima Murti bersama Teddy Sudjaya G. 




    (Baca Juga: Anggun Tebar Inspirasi di 'Siapa Bilang Gak Bisa')

    7. Signature song

    Setiap penyanyi punya signature song yang identik dengan dirinya. Lagu Mimpi menjadi salah satu signature song Anggun, selain beberapa lagunya yang lain yang hampir semuanya sukses. Sebut saja Tua Tua Keladi atau Snow on the Sahara. Setelah tiga dekade, kini Anggun telah memiliki 18 album dengan single-nya yang terdiri dari berbagai bahasa yakni Indonesia, Malaysia, Inggris dan Prancis.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below