Hari Lupus Sedunia: Mengenal Lupus dan Pencegahannya


  • Hari Lupus Sedunia: Mengenal Lupus dan Pencegahannya
    Kenali penyakit lupus dan cara mencegahnya. (Foto: Dok/medium.com)


    Peringatan Hari Lupus Sedunia yang jatuh setiap 10 Mei menjadi momen untuk mengenal dan memahami lupus. Penyakit lupus berbahaya bagi penderitanya, karena jika sistem kekebalan tubuh atau imun bekerja untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit, pada lupus justru sebaliknya.

    Dilansir dari Medical News Today, lupus merupakan sistem imun yang tidak lagi bersahabat oleh tubuh. Sistem imun itu justru menjadi penyebab munculnya penyakit pada tubuh dan menyerang beberapa organ tubuh. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit dengan 1,000 faces.



    (Baca juga: Mengenal Lebih Jauh tentang Penyakit Lupus) 


    (Lupus merupakan penyakit yang diakibatkan sistem imun yang bekerja tidak sebagaimana fungsinya. Foto: Dok/ProgenCell)


    (Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 13 Tanda Kamu Sudah Alami Lupus)


    Kasus lupus biasanya ditemui pada orang yang berusia 15-44 tahun. Lupus biasanya menyerang paru-paru, darah hingga fungsi hati atau liver.  Walaupun tidak menular, penyakit ini didiagnosa merupakan penyakit turunan. Sehingga, bayi dan anak kecil mungkin saja terserang penyakit ini, jika sang ibu atau ayah memiliki penyakit ini.


    (Timbul bercak pada tubuh dan wajah menjadi salah satu gejala penyakit lupus. Foto: Dok/Razor Bumps)


    Penyebab dan Gejala Lupus

    Seorang peneliti mengatakan bahwa, lupus terjadi akibat adanya sel dalam tubuh yang tidak lagi berfungsi. Sehingga mengubah fungsi sistem imun tersebut. Di samping itu juga The National Institutes of Health menemukan bahwa penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Hal ini disebabkan wanita memproduksi estrogen lebih banyak dibandingkan pria. 

    Esterogen salah satu hormon yang berefek pada fungsi sistem imun pada tubuh.

    (Baca Juga : Yang Harus Diperhatikan Pasien Lupus Agar Hidup Normal)


    Lupus memiliki berbagai gejala seperti, menurunnya berat badan dengan drastis, timbul bercak-bercak merah pada kulit, demam, sakit kepala, sensitif pada sinar matahari, dan timbulnya luka di daerah mulut.



    (Melakukan pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terserang penyakit lupus. Foto: Dok/Pixabay)

    (Baca Juga: 3 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita)


    Pencegahan Penyakit Lupus

    Sampai saat ini, medis belum menemukan obat untuk penyakit ini. Namun, dilansir dari Healthline, pola hidup sehat menjadi salah satu solusi agar terhindar dari lupus. Mengonsumsi makanan yang bergizi, menghindari rokok dan rajin berolahraga dapat mengurangi risiko terserang penyakit lupus.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below