Life & health

3 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

By : Amalta Rifani - 2017-09-20 15:25:00 3 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Penyakit autoimun disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh (imun) yang menyerang organ sehat dalam tubuh diri Anda sendiri.

Jangan khawatir, jika memberikan perhatian lebih pada kesehatan tubuh sejak dini maka Anda akan terhindar dari tiga penyakit autoimun yang sering menyerang wanita berikut.

1. Lupus

Merupakan penyakit autoimun yang kronis, lupus terjadi saat antibodi yang dihasilkan tubuh menempel pada jaringan di seluruh tubuh antara lain sendi, paru-paru, ginjal, sel darah, saraf, dan kulit. Beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya lupus meliputi virus, polusi, bahan kimia lingkungan, dan faktor genetik.

2. Multiple Sclerosis

Disebut juga sklerosis ganda, penyakit autoimun ini menyerang lapisan pelindung di sekitar sarag dan dapat menimbulkan kerusakan yang memengatuhi otak serta sumsum tulang belakang. Gejalanya di antara lain adalah kebutaan, otot menegang, lemah, mati rasa pada kaki dan tangan, sensasi kesemutan, kelumpuhan, dan sulit mengatur keseimbangan tubuh dan sulit berbicara.

3. Tiroiditis Hashimoto

Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid. Beberapa orang mengalami peradangan seperti gondok. Penyakit ini juga berkembang perlahan selama bertahun-tahun dan penyerbabkan penurunan kadar hormon tiroid dalam darah. Cara mengatasi penyakit ini dengan mengambil hormon pengganti sebagai tiroid sintetis.


Life & health