Mengenal Beras Shirataki


  • Mengenal Beras Shirataki
    Mengenal beras nol kalori yang baru-baru ini ramai jadi incaran publik. (Foto: Dok. Pexels.com)

    Diambil dari Bahasa Jepang, Shirataki berarti ‘air terjun berwarna putih’. Bisa dilihat dari mi shirataki yang berwarna putih semi-transparan. Namun, yang membedakan shirataki dari pasta atau mi lainnya adalah penggunaan bahan baku yang didapat dari tanaman konjac.

    Tanaman ini sendiri biasa ditemukan di Jepang, Tiongkok, dan wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di sini, tanaman konjac lebih dikenal dengan nama iles-iles, sejenis umbi-umbian yang lebih banyak mengandung glukomanan fiber dan sedikit karbohidrat.

    Shirataki mengandung 97% air dan 3% glukomanan fiber di mana serat ini cepat larut dalam air dan menyerap sehingga membentuk gel. Kemampuan penyerapan airnya yang tinggi bahkan bisa mencapai 50 kali lipat ini memberi keuntungan bagi kamu yang ingin diet.



    Shirataki lebih lambat dicerna sehingga konsumen akan merasa kenyang lebih lama. Selain dimasak ke dalam bentuk mi dan pasta, shirataki juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Bahkan bisa langsung dimasak di rice cooker, yang membedakan hanya warnanya yang lebih transparan dari nasi biasa.

    Jumlah Kalori

    Dalam setiap 100 gr shirataki mengandung 15 – 20 kalori. Karena mengandung 97% kandungan air, makanan berserat tinggi juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Alasan ini juga yang membuat shirataki menjadi salah satu bahan makanan andalan bagi penggiat diet dan hidup sehat.

    Manfaat Shirataki

    Serat glukomanan berperan sebagai prebiotik yang bertujuan memberi makanan bakteri baik yang hidup dalam saluran cerna atau microbiota. Dalam usus kita, bakteri baik mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek yang mampu melawan inflamasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Manfaat lainnya adalah kemampuan shirataki menurunkan kadar gula darah dan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2, menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta memperbaiki pencernaan. Ucapkan selamat tinggal pada konstipasi!

    Rekomendasi tempat makan

    Tak punya waktu banyak untuk memasak di rumah? Berikut tiga opsi restoran yang menyajikan menu berbahan shirataki:

    1. Fitlokal



    Menggunakan shirataki sebagai bahan pengganti nasi dan mi, Fitlokal menyajikan berbagai menu sehat namun tetap terasa nendang di lidah. Beberapa di antaranya seperti Nasi Shirataki Goreng dengan paduan hot sauce sapi dan Mie Goreng Ayam.


    2. Sabi Sabi



    Menu salmon mentai tengah jadi menu hype di ibu kota. Uniknya, Sabi Sabi menyediakan pilihan mi shirataki sebagai pelengkap salmon mentai yang creamy dan lembut.


    3. Green Wok



    Rindu dengan masakan khas Indonesia seperti nasi bakar, namun dengan pilihan yang lebih sehat? Green Wok menghadirkan opsi Nasi Konnyaku Bakar Isi Sambal Ikan Bilis dan Mie Shirataki Lidah Iris Tipis.

    Ingat! Tubuh kita tetap membutuhkan energi dan zat gizi, terutama karbohidrat, yang tidak dipenuhi oleh shirataki. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak bergantung pada shirataki sebagai bahan makanan pokok. Tetap sediakan karbohidrat dalam menu sehari-hari seperti beras merah, gandum, atau umbi-umbian.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below