A Chat with Namrata Dudaney: Kreasi dari Kulit Eksotis


  • A Chat with Namrata Dudaney: Kreasi dari Kulit Eksotis
    Namrata Dudaney, pendiri label Ahikoza (Foto: Dok. Ahikoza)

    Bagi penggemar tas yang terbuat dari kulit eksotis, nama brand Ahikoza tentu sudah tidak asing lagi. Label yang didirikan oleh Namrata Dudaney ini telah sukses membawa produknya yang dirancang di Indonesia hingga ke karpet merah Bollywood hingga Hollywood. 

    Tak jarang pula karyanya melengkapi tampilan kreasi rumah mode lainnya di peragaan busana yang diselenggarakan selama pekan mode besar, seperti Rocky Star di London Fashion Week, ataupun menjadi tas yang dikenakan oleh aktris di serial televisi ternama, Dynasty.





    Her World pun berkesempatan untuk berbincang langsung dengan Namrata. Ia menceritakan mulai dari awal mula ia mendirikan Ahikoza hingga produknya dikenakan tampil di red carpet. Wanita yang ramah dan humble ini juga membagikan tips dan trik untuk merawat produk kulit eksotis agar tahan lebih lama.

    (Baca juga artikel: A Chat with Putri Tanjung: Cerita 'Creativepreneur')


    Hai, Namrata! Boleh diceritakan tentang latar belakang Anda hingga terjun ke dunia fashion?

    "Saya menyelesaikan studi sarjana saya di Media dan Komunikasi, kemudian mendaftar di sekolah mode, tempat saya belajar Fashion Business. Design, was of curse a component. Selain itu, pengalaman profesional saya di industri ritel dan public relations (Hugo Boss, Majalah Marie Claire, People) memberi saya pemahaman tentang fashion di tingkat paling dasar, yang akhirnya memungkinkan saya untuk memulai label sendiri, yaitu Ahikoza."


    Apa yang menjadi inspirasi Anda untuk membuat label Ahikoza?

    "Saya mulai mengumpulkan tas tangan sejak usia 15! It’s my passion. Selama bertahun-tahun, saya mulai mengembangkan apresiasi nyata dan mata untuk keahlian dan kulit yang bagus. Setelah sekolah mode, saya memutuskan untuk mengikuti insting saya dan mempelajari mode. Saya selalu ingin berbagi kreasi saya dan tahu saya memiliki pijakan dan sesuatu yang unik untuk ditawarkan pasar. Saya sangat senang."


    Kenapa instalasi arsitektur dan patung yang dipilih untuk menjadi inspirasi Anda dalam merancang sebuah produk?

    "Saya memiliki apresiasi dan passion terhadap geometri. Ada sesuatu yang begitu kuat tentang simetri dan komposisi. Saya suka seniman kontemporer seperti Donald Judd dan juga Lucio Fontana. Aksen segitiga dan cut outs lah yang dibawa ke desain tas saya. Itulah yang membuat Ahikoza unik."


    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat setiap rancangan?

    "Each bag is handcrafted to the milimeter! Kulit eksotis juga merupakan bahan yang sedikit sulit untuk dikerjakan. Masing-masing bagian membutuhkan waktu tiga hingga empat minggu untuk selesai, dilakukan dengan presisi."


    Apa alasan Anda menggunakan material exotic skins?

    "Membuat karya dari kulit eksotis jelas berbeda daripada dengan kulit biasa. Itu, dan juga karena pertimbangan etisnya. Saya sangat menyadari fakta itu. Namun saya percaya ini adalah masalah perspektif. Ahikoza menyediakan peluang kerja, mengurus para pengrajin kami, dan yang paling penting adalah sebagai perusahaan, kami memastikan untuk belajar dan meminimalkan semua bentuk konsumsi limbah. Kami mencari kulit dengan cara paling etis yang kami bisa."

    (Baca juga artikel: A Chat with Ryan Ogilvy: Kala Merias Caitlyn Jenner)


    Produk Ahikoza apa yang menjadi favorit Anda? Apa look yang cocok untuk dipadupadankan dengan produk tersebut?

    "Produk Ahikoza favorit saya adalah 'Madison Minaudière'! Tas ini cocok untuk dipadupadankan dengan apapun. Mulai dari dikenakan siang hingga malam hari, which is why I think it’s a red carpet favorite."


    Ahikoza menerima pesanan custom-made. Apakah ada pesanan yang unik atau paling berkesan untuk Anda?

    "Semua kustomisasi sangatlah istimewa! Jasa ini juga merupakan salah satu aspek favorit saya dari bisnis ini. Pesanan yang menjadi favorit saya adalah tas bridal Sierra yang kami buat dengan semi previous stones untuk mencocokkan dengan busana pengantin wanita. Kenyataan bahwa dia memercayai saya dengan bridal piece-nya adalah suatu kehormatan."



    Apakah ada tips dan trik untuk merawat produk kulit agar bertahan lama?

    "Tas kulit eksotis merupakan salah satu tas paling indah tetapi juga rapuh. Namun, ada beberapa cara untuk memperpanjang umur mereka. Tiga cara yang paling penting adalah: menyimpannya di tempat sejuk, jauh dari sinar matahari atau pencahayaan tajam; isi tas tersebut meskipun sedang tidak digunakan untuk mencegah kerutan dan sisik terangkat; jika ada noda, bersihkan dengan kain lembap dan usapkan sesuai arah sisik, tanpa terlalu ditekan."


    Apakah ada pesan untuk generasi muda yang juga ingin terjun ke dunia mode?

    "Four rules of thumb: kerjakan PR/riset Anda dan kenali pasar; buat tangan Anda kotor dengan pengalaman; ketahui tidak ada jalan pintas; jadilah rendah hati dan let your work do the talking."


    Produk Ahikoza menjadi idaman di karpet merah Hollywood dan Bollywood. Bagaimana rasanya bekerja dengan industri dan stylist masing-masing?

    "Yes, it’s very cool and humbling. I never take it for granted. Industri tersebut tentu sangat susah untuk dimasuki! Namun jika Anda memiliki produk yang kuat, saya percaya itu adalah komponen utamanya. Saya sangat beruntung untuk memiliki stylists dan orang-orang penting lain yang mendukung saya di industri ini. Mereka adalah Barbara Fialho, Lindsey Dupuis, dan the Kapoors. Mereka adalah charms keberuntungan saya. Bersikaplah rendah hati, profesional, dan yang terpenting adalah sabar. It takes time."