Inspirasi Gaya 'Teddy Girls' di Koleksi Terbaru Dior


  • Inspirasi Gaya 'Teddy Girls' di Koleksi Terbaru Dior
    Koleksi fall winter 2019 Dior. (Foto: Dok. Sarah Pintadosi/Dior)


    'Teddy Boys' adalah sub-budaya Inggris yang mana para pria muda mengenakan busana yang terinspirasi dari gaya saat era Raja Edward VII (1901-1910), dipadu dengan gaya rock and roll dari Amerika. Sub-budaya ini memiliki versi wanita yang disebut sebagai 'Teddy Girls' yang sempat diminati pada tahun 1950-an. 

    Karakter 'Teddy Girls' identik dengan sisi liar dan berani untuk menyimpang dari hal-hal yang sudah biasa. Gaya 'Teddy Girls' pun menjadi perspektif baru bagi Direktur Kreatif Dior, Maria Grazia Chiuri, yang memang jarang mengeksplorasi masa tersebut, untuk merancang koleksi fall winter 2019. 



    (Baca juga artikel: 'Tempest', Koleksi Kontras Autumn/Winter 2019 Burberry)

    Maria juga mengasosiasikan Putri Margaret dari kerajaan Inggris yang adalah seorang rebel. Putri Margaret memilih untuk mengenakan busana rancangan desainer Inggris, melainkan karya dari Dior untuk potret resmi ulang tahun ke-21 yang difoto oleh Cecil Beaton pada tahun 1951 silam.

    Setiap koleksi baru lahir dari konfrontasi antara gambar, tubuh, siluet, dan bahasa. Mekanisme ini pun tak lagi dijadikan Maria untuk membuka masa lalu, tetapi sebagai pintu untuk merasakan sekaligus menggali kembali kekayaan aturan rumah mode tersebut.

    (Baca juga artikel: Koleksi 'Glow in the Dark' Saint Laurent)


    (Foto: Dok. Dior)


    (Foto: Dok. Dior)


    (Foto: Dok. Dior)


    Koleksi fall winter 2019 Dior menghadirkan sejumlah karya ikonis label asal Prancis tersebut dengan sentuhan baru, seperti 'Bar suit' yang memiliki garis lebih maskulin dan kerah velvet, maupun motif pohon palem baru untuk Toile de Jouy yang terlihat di beberapa kemeja dipadu dengan motif kotak berwarna merah, hitam, dan putih.

    Jaket kulit hitam yang dirancang oleh Yves Saint Laurent untuk Dior pun menjadi referensi tema dari salah satu seri busana di koleksi ini. Begitu pula dengan siluet gaun 'Miss Dior' yang menjadi inspirasi untuk gaun malam yang tercipta dari perpaduan bodysuit dan rok dengan sulaman floral. 


    (Foto: Dok. Dior)


    (Foto: Dok. Dior)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below