Trik Motret dan Dapatkan Foto Bagus ala Melody Amadea


  • Trik Motret dan Dapatkan Foto Bagus ala Melody Amadea
    Melody Amadea, fotografer berbagi tip dan trik bagaimana mendapatkan gambar yang bagus dari kamera ponsel. (Foto: Dok/Instagram/@melodyamadeas)


    Seiring dengan populernya Instagram, publik mulai mencari cara terbaik berbagi gambar. Dan Melody Amadea, influencer seni fotografi travel dan lifestyle termasuk salah satu yang disukai publik berkat foto-foto bagus yang sering ia bagi di akun instagramnya @melodyamadeas.

    Baru-baru ini, berkolaborasi dalam acara fun drive yang diselenggarakan Chevrolet Indonesia, ia berbagi sejumlah tip dan trik bagaimana bisa mendapatkan foto bagus dari kamera ponsel.



    Menurutnya, kamera smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar yang bagus dan menarik perhatian asal tahu bagaimana menyiasatinya. Apa saja triknya?

    (Baca juga: Tips Mendapatkan Foto Pre-Wedding yang Bagus)



    1. Perhatikan Pencahayaan


    Inti fotografi adalah pencahayaan. Cahaya adalah salah satu bagian yang paling banyak berperan penting dalam sebuah foto, cahaya yang bagus dan cara kita memanfaatkan cahaya tersebut sangatlah berpengaruh. Hindari pengambilan foto dengan cahaya yang berada dibelakang agar tidak terjadi backlight dan membuat subjek/model terlihat gelap.


    2. Mengambil Foto dengan Angle Straight / Lurus

    Beberapa subjek yang memiliki garis lurus seperti meja, pohon atau jalanan akan terlihat menjadi tidak real atau seperti miring apabila diambil dengan bagian angle yang tidak lurus. Maka penting untuk mengambil foto dengan angle yang lurus agar foto tidak terlihat seperti telah dimanipulasi.


    3. Berikan Ruang Lebih

    Saat jarak lebih dekat terhadap subjek dan menyisakan ruang yang lebih, tapi ini dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat. Idealnya, sisakan ruang lebih di hadapan subjek agar dapat terlihat lebih luas hingga bagian belakang foto. Dengan sisa ruang tersebut, foto akan menjadi lebih menarik. Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan subjek lebih miring kearah sebelah kiri/kanan/atas sehingga ada ruang yang tersisa. Ini memberi kesan yang baik dalam foto serta membuat orang bertanya, sebenarnya model lebih fokus untuk untuk menunjukkan bagian sebelah mana? Cara ini juga dapat membangkitkan atmosfer dalam foto Anda, sehingga menjadi lebih hidup.




    4. Rumus Rule of Thirds

    Gunakanlah prinsip Rule of Thirds, tempatkan subjek jangan ditengah-tengah bidang foto untuk menambah daya tarik. Ada dua cara menambahkan komposisi dalam foto yang sama dalam pemotretan. Pertama, yaitu jangan tempatkan model di tengah bidang foto. Kedua, potonglah sedikit bagian yang kosong, sehingga model tidak lagi berada ditengah-tengah tampilan gambar, cara ini menjadikan gambar lebih fokus dan dinamis dari yang sebelumnya. Pada kamera smartphone biasanya terdapat fitur Grid yang dapat dimanfaatkan sebagai titik-titik yang dapat membuat foto terlihat lebih menarik.


    5. Menangkap Subjek dengan Auto Fokus

    Untuk menciptakan foto dengan fokus yang baik, kamu dapat mengubah pengaturan pengambilan gambar (foto) menjadi touch focus pada smartphone agar mudah dalam menentukan objek mana yang ingin difokuskan. Pada smartphone Android, caranya adalah dengan membuka aplikasi kamera seperti biasa, lalu sentuh softkey (tombol pilihan) lalu pilih menu capturing method (metode pengambilan gambar) dan pilih touch capture. Kemudian untuk mengambil gambar dan menentukan objek yang ditentukan, sentuhlah layar ponsel, maka akan muncul kotak berwarna hijau (area dimana kamera akan fokus secara otomatis).

    Jika sudah menentukan area tersebut, kamu tinggal mengangkat jari dari kamera dan kamera akan mengambil gambar tersebut. Sedangkan untuk Iphone, kamu dapat langsung menyentuh layar, lalu akan muncul kotak berwarna kuning atau pada varian terbaru, sudah terdapat fitur portrait yang memudahkan kamu mengambil gambar fokus.


    6. Menggunakan Aplikasi Editing

    Berikut rekomendasi aplikasi foto yang menarik untuk digunakan untuk mengedit foto:

    • VSCO Cam. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menentukan filter pada foto. Kekuatan aplikasi ini terletak pada tingkat beragamnya filter yang menawarkan banyak sekali preset mengubah sepanjang spektrum warna, yang berarti Anda bisa menggunakan banyak sekali filter foto untuk mengubah gambar.

    • Adobe Lightroom: Adobe Lightroom menyediakan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh fotografer ketika mengedit foto-foto mereka. Lightroom memiliki fungsi-fungsi dasar yang paling sering diakses oleh fotografer, seperti misalnya Crop, Presets, Light, Color, dan Effect. Keunggulan utama aplikasi ini adalah untuk mengatur cahaya pada foto.

    • Snapseed: Snapseed merupakan aplikasi pengolah gambar pada platform Android yang mempunyai berbagai macam tool dan efek yang lengkap. Melalui aplikasi ini kamu dapat mengedit ukuran foto, resolusi, memotong (crop) agar tercipta Angle Straight pada foto.




    7. Menciptakan Konten dan Caption yang Menarik

    Untuk mencipatakan caption yang menarik di media sosial, dapat dimulai dengan bercerita. Tujuannya adalah untuk menarik minat membaca konten. Contoh konten yang menarik seperti:

    • Menawarkan sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi, atau menghibur. Konten yang memberikan pembaca sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Namun perlu diperhatikan untuk memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan serta memilki orisinalitas karena akurasi membangun kepercayaan pembaca.

    • Berbagi cerita mengenai hal yang lebih personal seperti pengalaman pribadi dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak kaku. Menceritakan sebuah cerita juga membantu kita menunjukkan kepribadian dan menciptakan hubungan yang lebih nyata dengan follower.


    8. Kreativitas Foto

    Temukan berbagai angle unik agar dapat membuat foto menjadi berbeda. Tidak ada aturan khusus dan pasti untuk membatasi kreatifitas fotografi. Kuncinya adalah memainkan sudut pandang. Dengan sudut ambil gambar yang baik, dapat menciptakan ilusi foto dan sentuhan humor yang menghibur dengan memanfaatkan subjek foto.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below