5 Fakta Menarik Seputar Hari Raya Imlek


  • 5 Fakta Menarik Seputar Hari Raya Imlek
    Ada beberapa fakta menarik dari Tahun Baru China atau Imlek. Apa saja? (Foto: Dok/sbs.com.au)


    Kalau ada libur hari raya sebuah negara yang dikenal luas oleh penduduk dunia, itulah Tahun Baru China. Melalui tradisi rumahan maupun perayaan secara internasional, liburan ini sudah membantu menyebarkan budaya China ke seluruh dunia. Hal itu tak mengherankan, karena China memang dikenal sebagai masyarakat perantau ke seluruh pelosok dunia.

    Meskipun demikian, ada banyak fakta menarik tentang Tahun Baru China yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut beberapa di antaranya:



    (Baca juga: Mengenal 9 Tradisi Tahun Baru Imlek di Indonesia)

    1. Tidak ada tanggal pasti

    Tahun Baru China, yang juga dikenal sebagai Spring Festival, tidak memiliki tanggal yang tetap. Karena Tahun Baru China mengikuti Kalender Lunar, tanggalnya berubah setiap tahun dan selalu jatuh pada hari di antara tanggal 21 Januari dan 20 Februari. Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari 2019.


    (Imlek babi. Foto: Dok/AFP)


    2. Tahun Babi Tanah

    Kebanyakan orang tentu sudah mengenal kalender zodiak China 12 tahun, yang diwakili oleh 12 binatang yang berbeda. Namun, kalender ini sebenarnya lebih rumit. Setahun tidak hanya dikelompokkan oleh simbol binatang, tapi juga siklus 60 tahun yang lebih kompleks. Terdiri atas kombinasi satu dari 10 batang langit dan satu dari 12 cabang bumi, sehingga 2019 menjadi tahun “ji hai”. 

    “Hai” mewakili symbol cabang bumi yang merupakan singkatan untuk babi, sedangkan “ji” mewakili cabang langit untuk yin dan bumi. Itu sebabnya 2019 disebut sebagai Tahun Babi Tanah. Kalender 60 tahunan ini diperlakukan secara serius, karena memegang peranan penting dalam membuat keputusan-keputusan hidup. Misalnya, apakah akan menikah atau punya anak. Babi, simbol binatang terakhir dalam siklus zodiac China 12 tahun, sering dianggap sebagai tahun yang menguntungkan karena menandakan kesehatan dan keberuntungan.


    3. Ucapan-ucapan yang biasa disampaikan

    Kalau selama ini kamu mengucapkan “Gong Xi Fa Cai”, kalimat itu sebenarnya bermakna, “Semoga Anda mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan”. Sedangkan jika kamu ingin sekadar mengucapkan “Selamat Hari Raya Imlek”, maka kalimat yang tepat adalah, “Xin Nian Kuai Le”. Pada saat pembagian angpao untuk anak-anak, biasanya mereka akan mengatakan, “Hong Bao Na Lai”, yang artinya kurang lebih, “Mana dong, angpaonya?”


    (Doa Imlek. Foto: Freepik)


    4. Hidangan ikan atau babi?

    Walaupun babi merupakan salah satu bahan makanan khas China, saat Tahun Baru Imlek warga Tionghoa lebih banyak menyajikan ikan. Di China Selatan, ikan kukus merupakan menu wajib di meja makan. Hal ini karena kata Bahasa China untuk ikan, yu, mirip dengan kata “surplus”. Itu sebabnya mengapa mengonsumsi ikan dianggap lebih menguntungkan khususnya di wilayah pesisir selatan yang kaya akan tradisi hidangan laut. Sebaliknya di Kawasan China Utara, hidangan babi tetap lebih diutamakan. Pangsit yang merupakan sajian khas Imlek di China, biasanya diisi dengan daging babi cincang, berikut gula, kacang, kurma, bahkan koin, yang melambangkan kesejahteraan.


    (Ikan saat imlek. Foto: Dok/justputzing) 

    5. Tradisi mudik ke kampung halaman

    Kalau kamu ingin liburan ke China, sebaiknya jangan saat perayaan Tahun Baru China. Kebanyakan destinasi wisata umumnya akan menjadi lautan manusia dari luar kota, dan harga-harga tiket melambung tinggi. Hal ini karena salah satu tradisi terbesar bagi masyarakat China adalah mudik ke kampung halaman. Mereka ingin menunjukkan kesuksesan mereka kepada teman dan kerabatnya di kampung.

    Tak heran, Spring Festival akan menjadi momen migrasi tahunan secara besar-besaran di dunia. Jutaan orang diperkirakan meninggalkan kota-kota besar untuk berkumpul bersama keluarga di daerah asal. Bagi yang tidak mudik, biasanya berlibur ke kota-kota besar seperti Shanghai dan Beijing, yang saat itu menjadi lengang karena ditinggalkan penduduknya. Maka kalau kamu ingin melihat cara orang China merayakan Imlek, datanglah ke kota-kota kecilnya.

    Adakah fakta menarik tentang Hari Raya Imlek yang belum kamu ketahui?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below