Mengenal Zozibini Tunzi, 'Miss Universe 2019'


  • Mengenal Zozibini Tunzi, 'Miss Universe 2019'
    Zozibini Tunzi Miss Universe 2019(Foto:Dok.Missuniverse/Instagram)


    Finalis asal Afrika Selatan Zozibini Tunzi berhasil meraih gelar Miss Universe 2019. Di Top 3, dirinya berhasil bertahan dan unggul dari kontestan lainnya yang masih tersisa, yakni Madison Anderson Puerto Rico dan Sofía Aragón dari Meksiko.

    Sebelumnya wanita berusia 26 tahun ini telah menyandang gelar Miss South Afrika. Setelah itu, dia masuk dan mewakili Afrika Selatan dalam ajang bergengsi ini.



    Dengan gayanya yang berambut pixie cut dan bergaun panjang, dirinya tampak anggun saat menerima mahkota perak sebagai lambang pemenang ajang ini. Diselenggarakan di Georgia, Atlanta, Amerika Serikat pada 9 Desember 2019, berikut fakta-fakta Zozibini Tunzi yang perlu kamu ketahui:

    (Baca Juga: Catriona Gray, 'Miss Universe 2018' dari Filipina)


    1. Masih Berusia 26 Tahun

    Perempuan asal Afrika Selatan ini lahir di Tsolo, Eastern Cape pada 18 September 1993. Memiliki tiga bersaudara, dirinya tinggal bersama kedua orang tuanya Philiswa Nadapu dan Lungisa Tunzi di daerah dekat Sidwadweni.  


    2. Sarjana Hubungan Masyarakat dan Image Management 

    Menempuh pendidikan sarjana di Cape Peninsula University of Technology, dirinya berhasil menyandang gelar sarjana Hubungan Masyarakat dan Image Management di tahun 2018. Selama belajar di universitas itu, dirinya menetap di pinggiran Gardens, Cape Town.

    (Baca Juga: Paulina Vega Dari Colombia Miss Universe 2015)


    3. Memulai Karir Sejak Tahun 2017


    Zozibini Tunzi telah mengikuti kontes kecantikan di tahun 2017. Meski tidak berhasil, namun hal ini tidak membuatnya menyerah untuk mengikuti ajang lainnya seperti Miss South Africa dan Miss Universe.


    4. Mengadvokasi dan Aktivis Untuk 'Women Rights and Gender Equality'

    Dirinya tak hanya bertalenta tapi juga bagian dari HeForShe yaitu organisasi dari UN yang membahas mengenai kesetaraan antara wanita dan pria. 


    5. Menjadi Seorang Model

    Sebelum menggandeng gelar Miss Universe, dirinya merupakan seorang model. Bahkan dirinya pernah terlibat dalam panggung runaway New York Fashion Week untuk label busana dari Afrika Selatan, Maxhosa yang di desain oleh Laduma Ngxokolo.

    (Baca Juga: Indonesia Menang Dalam Ajang Miss International 2017)


    6. Miss Universe Kedua Asal Afrika Selatan

    Terpilih menjadi Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi menjadi kedua yang berhasil meraih gelar Miss Universe. Sebelumnya di tahun 2017, Demi-Leigh Nel-Peters juga berhasil menggaet gelar Miss Universe dan membawa harum nama bangsa Afrika. 


    7. Miss South Africa 2019



    Di tahun yang sama dirinya juga berhasil menyandang gelar Miss South Africa 2019. Dirinya berhasil bertahan dari 35 finalis hingga menjadi perempuan Afrika Selatan.