Catriona Gray, 'Miss Universe 2018' dari Filipina


  • Catriona Gray, 'Miss Universe 2018' dari Filipina
    Catriona Gray, wakil dari Filipina meraih mahkota Miss Universe 2018 pada malam final yang berlangsung di Thailand, Senin (17/12). (Foto: Dok/Instagram/@missuniverse)


    Catriona Gray dari Filipina meraih mahkota Miss Universe 2018 pada final yang berlangsung di Thailand, Senin (17/12) waktu setempat. Kontestan berusia 24 tahun itu mengalahkan wakil dari 93 negara lainnya. 

    Model, penyanyi dan juga seorang aktivis berdarah Filipina-Australia itu menjadi wakil Filipina ke-empat yang meraih mahkota Miss Universe sepanjang perhelatannya. Pada 2015 lalu, Filipina menjadi Miss Universe lewat Pia Wurtzbach.



    Pada malam pemilihan, Catriona unggul dari Tamaryn Green, Miss Afrika Selatan yang menduduki 1st runner-up, dan Sthefany Gutierrez, Miss Venezuela di posisi 2nd runner up. 



    Indonesia yang diwakili Puteri Indonesia 2018, Sonia Fergina masuk dalam jajaran Top 20. Ini menjadi raihan tersendiri setelah tahun lalu, Indonesia tak mendapat tempat dalam jajaran peringkat. 

    (Baca juga: Spotted: Kezia Warouw Mengenakan Gaun Rancangan Ivan Gunawan)

    Dalam malam final, Catriona mengenakan gaun merah menyala yang disebutnya terinspirasi dari Mayon Volcano di kampung halamannya, Albay. Gaun ini juga sekaligus mengacu pada gaya jalannya yang khas dan populer dengan sebutan 'lava walk'. 

    Menilik rekam jejaknya, model kelahiran 6 Januari 1994 itu termasuk seorang yang berpengalaman dalam hal kontes kecantikan. Ia sudah mengawali pemilihan sejak usia lima tahun kala ikut Little Miss Philippines di Sydney. 

    Dua tahun lalu, ia mewakili Filipina melaju di Miss World 2016, dan masuk dalam peringkat lima besar. 



    Kontes Miss Universe 2018 sudah dimulai sejak dua pekan lalu ketika para kontestan sampai di Thailand. Catriona merupakan room-mate dari Sonia Fergina. 

    Masuk dalam jajaran Top 20 menjadi torehan tersendiri bagi Sonia yang selama kompetisi berupaya menunjukkan keunggulannya. Dari mulai saat malam preliminary ketika ia mengenakan gaun malam, dan pakaian renang, serta memukau di malam penilaian kostum nasional.

    Mengenakan 'The Bird of Paradise', national costume yang ia kenakan dibuat oleh tim dari Jember Fashion Carnaval. Namun, pemenang Best National Costume tahun ini diraih Laos yang membuat kostum dengan dua patung tiruan yang membuatnya jadi seolah tiga dimensi. 

    DAFTAR PEMENANG 

    Berikut daftar pemenang Miss Universe tahun ini: 


    Miss Universe 2018: Catriona Gray - Filipina

    1st Runner-up: Tamaryn Green - Afrika Selatan 

    2nd Runner-up: Sthefany Gutierrez - Venezuela 


    Top 5: 

    Kiara Ortega - Puerto Rico 

    H'Hen Nie - Vietnam 


    Top 10

    Marta Stepien - Kanada

    Natalia Carvajal - Kosta Rika

    Akisha Albert - Curacao 

    Manita Devkota - Nepal 

    Sophida Kanchanarin- Thailand


    Top 20: 

    Francesca Hung - Australia 

    Zoe Brunet - Belgia 

    Mayra Dias - Brazil 

    Dee-Ann Kentish-Rogers - Inggris 

    Eniko Kecskes - Hungaria 


    Sonia Fergina Citra - Indonesia 

    Grainne Gallanagh - Irlandia 

    Emily Maddison - Jamaika

    Magdalena Swat - Polandia 

    Sarah Rose Summers - Amerika Serikat 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below