7 Produk dan Program Baru Google untuk Indonesia


  • 7 Produk dan Program Baru Google untuk Indonesia
    Dalam gelaran Google for Indonesia keempat, Google mengumumkan program dan produk barunya, dari Google Shopping hingga YouTube premium. (Foto: Dok/Google)


    Dalam gelaran Google for Indonesia keempat beberapa waktu lalu, Google mengumumkan program dan produk barunya. Dari mulai fitur baru di Search dan Maps hingga Shopping dan YouTube Premium. 

    Peluncuran produk baru ini ditujukan untuk membantu orang Indonesia 'maju sama-sama', dengan mengoptimalkan manfaat internet. Apa saja yang disodorkan Google kali ini? Berikut 9 diantaranya: 



    (Baca juga: Google Hadirkan Penelusuran Suara Bahasa Jawa dan Sunda) 


    1. Google Bangkit 


    (Google Bangkit. Foto: Dok/Google) 


    Program pelatihan selektif selama enam bulan untuk membantu membangun SDM developer andal. Program ini menjadi lanjutan dari beberapa inisiatif yang pernah diusung Google sebelumnya dalam melatih bakat-bakat teknologi Indonesia seperti Google Developers Kejar dan Digital Talent Scholarships. Program gratis ini akan dimulai pada Januari 2020 dan pendaftaran dibuka mulai hari ini di g.co/bangkit.

    “Kami mendesain program Bangkit bersama Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk melatih 300 developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian machine learning hingga musim panas 2020,” jelas Randy Jusuf, managing director Google Indonesia dalam sambutan pembuka acara yang berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta. 

    “Dengan inisiatif ini, kami mendorong developer di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill mereka dan, nantinya, ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang dinamis.”

    Sebelumnya, Google juga telah mengusung program pelatihan untuk pemilik bisnis seperti Gapura Digital dan Women Will untuk entrepreneur wanita -Google telah melatih 1,6 juta orang Indonesia. Semua program ini sekarang tersedia melalui platform Grow with Google di g.co/GrowIndonesia.



    2. Google Shopping dan Bisnisku 


    Menghubungkan toko besar maupun kecil dengan pelanggan online, Google mengumumkan beberapa inisiatif untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru yang menarik bagi orang Indonesia dengan dilengkapi fitur penelusuran prediktif (queryless) dan dirancang untuk aktivitas browsing. Halaman ini merupakan sebuah destinasi bagi pengguna untuk menelusuri berbagai kategori produk dan menemukan produk dari ribuan toko online dan offline. Orang-orang Indonesia yang ingin berbelanja dapat melihat penawaran produk dalam bahasa Indonesia dan Inggris, serta bahasa Jawa dalam beberapa bulan ke depan.

    Untuk memastikan manfaat pertumbuhan pesat ekonomi digital juga bisa dinikmati bisnis baik besar maupun kecil, Google mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, peretail offline dapat memunculkan produk mereka di Google Shopping hanya dengan membuat profil Google Bisnisku dan mempostingnya.


    3. Kormo 


    Aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier yang menghubungkan pencari dan pemberi kerja, menyediakan lowongan kerja tingkat pemula di sektor-sektor yang sedang berkembang pesat seperti bisnis on-demand, retail, dan hospitality. Dengan algoritme pencocokan berbasis machine learning yang efisien, Kormo mencocokkan lowongan kerja dan calon karyawan berdasarkan faktor seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan. Aplikasi ini juga memiliki fitur pembuat CV gratis dan feed “Pelajari” yang terkurasi dan berisi banyak materi pengembangan profesi.



    4. Google Search


    - Menerjemahkan di Google Go: (Segera) Terjemahkan halaman web dengan sekali ketuk, dan memintanya dibacakan dalam beragam bahasa.

    - Menemukan momen penting: Search sekarang bisa membantu kamu menemukan momen penting dalam video tertentu, menyediakan link untuk membuka momen penting dalam video tersebut berdasarkan stempel waktu yang diberikan oleh kreator konten.

     - Lens di Google Image Search: Saat kamu melihat sebuah gambar yang ingin diketahui lebih jauh, misalnya motif batik yang ingin dipelajari, kamu dapat menggunakan Lens dalam bahasa Indonesia untuk menelusuri gambar tersebut.


    (Google Maps. Foto: Dok/Google) 


    5. Google Maps 


    - Stay Safer. Google juga menegaskan kembali komitmennya untuk membantu orang Indonesia menggunakan alat-alat dan pengaturan privasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan di internet, dan khususnya saat dalam perjalanan dengan memperkenalkan fitur Stay Safer di Google Maps. Fitur baru ini akan memberi orang “peringatan saat menyimpang”, yaitu ketika driver yang mengantar mereka menyimpang dari rute yang disarankan lebih dari 0,5 km. Ini juga akan memungkinkan penumpang membagikan lokasi real-time mereka kepada teman dan keluarga hanya dengan beberapa ketukan. “Kami ingin menunjukkan kepada setiap orang Indonesia cara menggunakan alat-alat kami sekaligus memberikan tips umum tentang cara menjaga keamanan di internet,” jelas Putri Alam, Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik, Google Indonesia.

    - Mengikuti Local Guide: Pengguna sekarang bisa mengikuti Local Guide favorit untuk selalu mendapatkan rekomendasi terbaru mereka. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan inspirasi secara lebih langsung dari dunia di sekitar.

    - Menemukan promo restoran: Berpartner dengan Eatigo, pengguna sekarang bisa menemukan promosi restoran di satu tempat.

    - Verifikasi otomatis listingan Google Bisnisku: Melalui kemitraan baru dengan Pemerintah Jakarta (JakEvo), mulai bulan Desember ini jika mengajukan permohonan izin usaha melalui JakEvo, bisnis akan otomatis dicantumkan dan diverifikasi di Google Bisnisku.


    6. Google Assistant 

    - Asisten Google didesain untuk membantu, aman, dan mudah diakses bagi setiap orang sepanjang hari. Google Asisten diintegrasikan dengan aplikasi dan layanan yang sudah sering digunakan, termasuk brand-brand lokal terkemuka.

    - Action aplikasi Gojek: Dengan jadwal yang sibuk dan waktu yang terbatas, memesan makanan online menjadi solusi yang mudah. Tidak hanya memesan makanan, kamu juga bisa mengecek status pesanan - hanya dengan mengucapkan “Pesan Martabak dari Gojek”. Action ini akan membantu menampilkan daftar merchant dengan cepat.

    - Akses melalui telepon:Google merilis Akses Telepon Asisten Google dengan Indosat Ooredoo. Layanan ini memungkinkan pengguna Indosat untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dari Asisten Google dengan menelepon 696 (bebas pulsa) tanpa koneksi internet atau data.

    - Setelan privasi: Publik memiliki kontrol yang lebih besar lagi atas privasi dengan menjadikannya lebih mudah digunakan melalui perintah suara yang sederhana. Kamu juga sekarang dapat menghapus data aktivitas di Asisten Google dengan mudah. Cukup katakan, “Ok Google, lupakan apa yang baru saja aku bilang ke kamu” atau “Ok Google, aku mau kamu hapus percakapan minggu lalu.”


    (YouTube Premium. Foto: Dok/Google) 


    7. YouTube Music dan Premium 


    YouTube Music merupakan aplikasi musik baru yang dilengkapi dengan teknologi dan beragam fitur, diantaranya lagu resmi, album, ribuan playlist dan radio artis, katalog remix, pentas live, lagu cover, dan video musik. Semuanya dipersonalisasi dan diatur di satu tempat.

    Di samping itu, Google juga merilis YouTube Premium, mulai dari Rp59.000,- per bulan. YouTube Premium menawarkan fitur bebas iklan, pemutaran di latar belakang, dan download untuk akses offline di seluruh YouTube, fitur yang sangat menarik bagi para penggemar berat YouTube. Dengan YouTube Premium, publik dapat mengakses video bebas iklan, akses offline seperti saat berada di pesawat, atau di suatu tempat yang koneksi wifi-nya tidak begitu bagus, serta bisa download video untuk ditonton kapanpun. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below