Ragam Acara Memperingati Hari Pahlawan Pada 10 November


  • Ragam Acara Memperingati Hari Pahlawan Pada 10 November
    Memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November dapat dilakukan dengan ragam acara untuk menghormati jasa para pahlawan Kemerdekaan Indonesia(Foto:Dok/Stocksy United)


    Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, kerap kali diperingati dengan ragam acara yang penuh keharuan. Dengan mengingat jasa dan pengorbanan mereka yang bertaruh nyawa demi memerdekakan Indonesia, sekaligus menumbuhkan rasa patriotisme untuk terus menjaga dan mengabdi pada tanah air.

    Perang terbuka antara Surabaya dengan negara Inggris di tahun 1945 menjadi awal mula momen ini turut diingat setiap tahunnya. Pertempuran dan pertumpahan darah setelah proklamasi itu, kian menggoreskan sejarah kemerdekaan yang perlu dihormati.



    Sebagai bentuk penghormatan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenang para pahlawan yang berjuang dan gugur di pertempuran 10 November Surabaya. Selain mendoakan dan meningkatkan semangat muda untuk terus menjaga nama baik bangsa, kita pula bisa mengikuti rangkaian acara yang ada pada hari ini. Mengutip laman Kementrian Sosial, berikut ragam acara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Pahlawan 10 November 2019.

    (Baca Juga: Semangat Pahlawan Kemerdekaan di Film 'Sultan Agung')


    1. Peringatan Hari Pahlawan di Ibukota


    Untuk tahun ini, pemerintah memeringati Hari Pahlawan lewat beberapa kegiatan, diantaranya yang utama, pokok dan penunjang.

    Kegiatan Utama

    1. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara


    Melansir laman Detik, pada hari Jum'at 8 November 2019, Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan Nasional kepada sejumlah tokoh Indonesia. Diantaranya yang mendapat gelar adalah Ruhana Kuddus, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yii Ko), Prof dr M Sardijito, KH Abdul Kahar Mudzakkir, A A Maramis dan KH Masjkur yang berlangsung di Istana Negara.


    2. Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, 10 November 2019, pukul 08.00 WIB.


    Melansir laman Antara Presiden Joko Widodo memimpin upacara untuk peringatan Hari Pahlawan hari ini. Berlangsung di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, acara hari ini turut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, yang juga menaburkan bunga di makam para pahlawan. 


    3. Upacara Tabur Bunga di laut tanggal 10 November pukul 08.00 WIB

    Melansir laman Berita Satu Acara ini salah satunya dilakukan di kota Bengkulu. Berlangsung di dermaga Pelabuhan Pulau Baai, gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menjadi pemimpin acara tabur bunga hari ini. 

    (Baca Juga: 7 Karakter Pahlawan Super Wanita Ciptaan Stan Lee)


    Kegiatan Pokok

    1. Upacara Bendera di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan pada tanggal 10 November 2019 pukul 08.00.

    2. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh disetiap rumah dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November 2019.

    3. Hening Cipta Tanggal 10November 2019 selama 60 detik dimulai pukul 08.15 setempat dan serentak di seluruh Indonesia.

    4. Pidato Menteri Sosial menyambut Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 tanggal 9 November 2019 pukul 19.00 WIB di stasiun TV TVRI atau RRI.


    Kegiatan Penunjang

    1. Jelajah Kapal Kepahlawanan

    2. Ziarah Wisata

    3. Wisata Sejarah

    4. Pahlawan Goes To School

    5. Ramah Tamah dengan Keluarga Pahlawan Nasional dan Perintis Kemerdekaan.

    (Baca Juga: 13 Lagu Nasional yang Wajib Kamu Ketahui)


    2. Peringatan Hari Pahlawan di Daerah

    Kegiatan di Daerah memiliki ragam acara yang terdiri dari kegiatan Utama dan kegiatan Pokok.


    Kegiatan Utama

    1. Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan / Makam PahlawanNasional,tanggal10November2019jam08.00 waktusetempat.

    2. Upacara Tabur Bunga di Laut, tanggal 10 November 2019 pukul 08.00 waktu setempat


    Kegiatan Pokok


    1. Upacara Bendera di Instansi-Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan dimana Pembina Upacara diharapkan diharapkan membacakan Amanat Menteri Sosial RI dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2019.

    2. Pengibaran Bendera Merah Putih satut iang penuh disetiap rumah,kantor dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November 2019.

    3. Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat bersamaan dengan berlangsungnya Upacara Bendera, Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dan Tabur Bunga di laut tanggal 10 November 2019.

    4. Ramah Tamah Gubernur / Bupati / Walikota denganpara keluarga Pahlawan Nasional, Perintis Kemerdekaan dan Pejuang. 

    5. Kegiatan lain sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat.

    (Baca Juga: 7 Clutch Modis untuk Melengkapi Tampilan Hari Kartini)


    3. Peringatan Hari Pahlawan di Luar Negeri

    Untuk Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, acara peringatan Hari Pahlawan disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat dengan mengutamakan Upacara Bendera.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below